Begini Cara Mengusir Kecoa Secara Alami, Praktis, Ampuh, dan Hemat Biaya

Siapa yang nggak tahu kecoa? Bagi beberapa orang, mendengar namanya saja sudah membuat gemetar, apalagi jika melihatnya.

Siapa pun pasti tidak suka dan jijik melihat kecoa berkeliaran di dalam rumahnya. Binatang yang biasa hidup di tempat-tempat kotor ini memang menyukai kondisi lingkungan yang lembab sehingga seringkali kamar mandi dan toilet menjadi sarang favoritnya.

Tak jarang pula mereka masuk ke rumah dan mengotori segala apapun yang ada di dalamnya. Tentu saja hal ini sangat menjengkelkan dan membuat kita risih dibuatnya.

Bukan hanya mengganggu, binatang berwarna coklat ini sangat berbahaya karena dapat menjadi sumber datangnya penyakit. Memang kecoa tidak dapat menyebabkan penyakit secara langsung.

- Iklan -

Akan tetapi, binatang yang dapat hidup berminggu-minggu tanpa kepala ini diyakini mampu menyebarkan bakteri penyebab penyakit pada manusia, seperti salmonella, staphylococcus, dan streptococcus.

Tidak heran, banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk mengusir binatang kecil dan kotor ini. Bingung bagaimana cara mengusir kecoa?

Cara Mengusir Kecoa dengan Daun salam

Daun Salam
Daun Salam. FOTO: Int

Daun salam selain digunakan untuk bahan penambah rasa masakan, diketahui juga memiliki khasiat untuk membasmi kecoa. Untuk mendapatkan khasiatnya, sangat mudah.

- Iklan -

Anda hanya perlu menghaluskan beberapa lembar daun salam. Setelah itu, letakkan ramuan daun salam tersebut di sudut ruangan atau tempat biasa kecoa bersarang.

Cara Mengusir Kecoa dengan Tanah diatom

Mungkin sebagian orang masih asing mendengar tanah diatom. Tanah diatom atau disebut juga Diatomaceous Earth adalah suatu kelompok besar dari alga plankton yang umumnya ditemui di air tawar maupun lautan.

Tanah diatom berasal dari penumpukan cangkang diatom yang telah mati. Tanah diatom terkenal untuk digunakan sebagai pembasmi kutu, lalat, hama atau serangga lainnya, termasuk kecoa.

- Iklan -
Baca Juga:  Begini Cara Cegah dan Atasi Sariawan

Tanah diatom memiliki kandungan yang bersifat abrasif sehingga dapat membuat lapisan tubuh kecoa mengering saat menyentuh tanah ini. Untuk membuat ramuan pembasmi kecoa ini, Anda bisa mencampurkan tanah diatom dengan tambahan gula di dalamnya.

Larutkan dengan menggunakan sedikit air, lalu oleskan pada bagian celah-celah ruangan yang biasa dilewati kecoa. Dengan begitu, kecoa akan lebih cepat mati dengan sendirinya.

Cara Mengusir Kecoa dengan Mentimun

Ketimun
Buah Ketimun. Foto: INt

Siapa sangka, mentimun bisa jadi cara mengusir kecoa. Ternyata binatang satu ini tidak menyukai aroma yang dikeluarkan dari mentimun.

Caranya pun simpel, Anda cukup mengiris mentimun dan menaruhnya dalam wadah seperti mangkuk. Selain itu, letakkan wadah berisi mentimun pada area atau sarang kecoa.

Cara ini juga ampuh saat ditaruh di jalur masuk kecoa untuk mencegah binatang tersebut masuk ke rumah.

Cara Mengusir Kecoa dengan Lemon

Mungkin sudah banyak yang tahu buah lemon adalah sumber vitamin C. Selain vitamin C, zat antipathogenic yang ada di dalamnya mampu mengusir kecoa beserta mencegah pertumbuhan kuman yang menjadi habitatnya.

Cara mengusir kecoa dengan lemon bisa dilakukan dengan menyemprotkan air perasan pada bagian-bagian rumah yang kerap didatangi kecoa. Mulailah kebiasaan untuk pel rumah dengan air dicampur perasan jeruk lemon agar mencegah kecoa datang kembali.

Cara Mengusir Kecoa dengan Baking soda

Baking Soda
Baking Soda. FOTO: INt

Tak hanya bumbu dapur daun salam yang bisa dimanfaatkan untuk membasmi kecoa, Anda juga bisa menggunakan baking soda sebagai satu di antaranya. Baking soda diketahui memiliki bahan kimia aktif yang bermanfaat untuk membunuh kecoa.

Baca Juga:  Kenali Jenis Sariawan dan Penyebabnya

Cara membasmi kecoa dengan baking soda, cukup dengan mencampurkannya dengan gula dengan takaran yang sama. Kemudian taburkan campuran tersebut di sudut-sudut ruangan atau bagian lain yang sering dilewati kecoa.

Campuran gula yang ditambahkan berguna sebagai penarik perhatian agar kecoa datang sehingga dapat mati dengan sendirinya. Dalam membuat ramuan tersebut, hindari bersentuhan langsung dengan tangan.

Cara Mengusir Kecoa dengan Semprotan minyak peppermint

Cara pertama yang bisa Anda terapkan adalah dengan menggunakan semprotan minyak peppermint. Minyak peppermint diketahui memiliki kandungan yang berguna sebagai insektisida alami dan terbukti secara efektif untuk mengusir kecoa.

Kandungan tersebut dapat membuat kecoa mabuk hingga mati dengan sendirinya. Cara membuat cairan peppermint pun cukup mudah.

Anda siapkan botol spray, lalu isi dengan air bersih yang telah ditambahkan dengan 20 tetes minyak peppermint ke dalamnya. Kocok hingga merata, dan semprotkan pada bagian atau sisi rumah yang menjadi sarang kecoa.

Cairan penyemprot ini pun aman digunakan dan tidak membahayakan hewan-hewan peliharaan dan anak-anak.

Cara Mengusir Kecoa dengan Kopi

Kopi
Kopi. FOTO: INT

Anda bisa memanfaatkan kopi sebagai satu di antara cara mengusir kecoa. Kopi memiliki aroma kuat yang tidak disukai kecoa.

Anda cukup menebar biji atau bubuk kopi pada tempat yang kerap didatangi kecoa. Selain mengusir kecoa, kopi juga bisa menyerap aroma tak sedap yang ditinggalkan oleh binatang ini. (*)

 

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU