Bela Negara dan Capacty Building GenBI Wilayah Sulawesi Selatan

Makassar, 7-9 Juni 2024 – Pihak penyelenggara Beasiswa Bank Indonesia kembali menggelar kegiatan Bela Negara dan Capacity Building di Mako Lantamal VI Makassar.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan tentang kebanksentralan serta membangun jiwa kepemimpinan anggota Generasi Baru Indonesia (GenBI) agar terus memberikan energi terbaiknya untuk negeri.

Selama tiga hari, kegiatan ini dihadiri oleh 230 anggota GenBI Sulawesi Selatan dan dibekali dengan pelatihan kepemimpinan yang dibina langsung oleh TNI AL Lantamal VI Makassar.

- Iklan -

Hari Pertama: Pembukaan dan Materi Kebangsaan

Kegiatan dimulai dengan upacara pembukaan dan sambutan oleh perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Bapak Rezki Ernadi Ermanda, di Aula Hasanuddin.

Peserta menerima berbagai materi, seperti wawasan kebangsaan dari Kadispotmar Lantamal VI, materi pencegahan dan penanggulangan terorisme, serta materi mengenai kebanksentralan.

Baca Juga:  Pekan Ilmiah dan Olahraga HMJ-EI Gelar Lomba Olahraga Tingkat Fakultas seFEBI

Acara diselingi dengan yel-yel dari anggota GenBI sebelum dilanjutkan dengan pengenalan dasar dan alam selam, materi survival laut, dan diakhiri dengan pemutaran film nasionalisme.

- Iklan -

Hari Kedua: Olahraga, Bakti Sosial, dan Pentas Seni

Hari kedua diawali dengan olahraga dan kegiatan bakti sosial. Peserta menerima materi PBB, sistem pembayaran, dan bela negara. Pada sore hari, peserta diajak menaiki perahu karet dan berkeliling Pantai Jalaria.

Malam harinya, acara diisi dengan pentas seni yang menampilkan apresiasi seni dari setiap pleton, diikuti kegiatan jurit malam di mana anggota diminta memecahkan misi dari setiap pos. Kelompok terbaik berhasil menyelesaikan misi dengan baik.

Baca Juga:  HMJ Matematika FMIPA UNM Gelar BINOM 2024 di Desa Lawallu

Hari Ketiga: Kunjungan dan Penutupan

Pada hari terakhir, peserta mengunjungi Museum, KRI, dan KAL. Materi cinta, bangga, paham rupiah diberikan sebelum acara ditutup dengan upacara penutupan dan pengumuman peserta serta pleton terbaik.

- Iklan -

Hery Andika, peserta terbaik, mengungkapkan bahwa hal yang paling berkesan adalah kerjasama saat piket cuci piring dan makan bersama. Ia berharap ke depannya akan ada kegiatan yang lebih menarik dalam program bela negara.

Ketua wilayah, Josafat Togap Hamonangan, menambahkan bahwa banyak pengalaman baru yang dirasakan dan anggota GenBI dapat sigap beradaptasi serta membangun kekompakan dengan baik.

Citizen Reporter: Muh. Dani Assegaf

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU