BEM Fakultas Psikologi Unibos Gelar Pelatihan Karya Tulis

Departemen Penelitian dan Pengembangan BEM Fakultas Psikologi Univeritas Bosowa (Unibos) kembali menghadirkan kegiatan yang penuh manfaat, yaitu Pelatihan Karya Tulis dengan tema “Inovasi Berbasis Pengetahuan: Meningkatkan Kreativitas & Keterampilan Karya Tulis”.

Sedikit berbeda dari biasanya, kegiatan ini tidak hanya melibatkan BEM Fakultas Psikologi Unibos saja, namun juga melibatkan dua organisasi kemahasiswaan Psikologi di Kota Makassar, yaitu BEM KEMA Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar dan juga Himpunan Mahasiswa Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin yang menciptakan “Kolaborasi Trisula Makassar”. Kolaborasi ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh ketiga lembaga.

Pelatihan Karya Tulis telah sukses dilaksanakan pada Sabtu, 4 Mei 2024, mulai pukul 09:00-15:30 Wita bertempat di ruang kelas, lantai 7, Fakultas Psikologi Universitas Bosowa tepatnya di Menara Bosowa. Kegiatan ini menghadirkan A Tri Ayu Utami Ibrahim sebagai pemateri yang concern di bidang karya tulis.

- Iklan -

Pelatihan KTI dimulai dengan pemberian materi pengenalan KTI, materi mengenai gaya penulisan hingga bagaimana eksplorasi ide dalam membuat karya tulis. Tidak hanya pemberian materi, namun juga diadakan proses mentoring selama empat hari sebagai bentuk pengawalan dalam proses penulisan karya tulis yang akan dipublikasikan.

Baca Juga:  Bela Negara dan Capacty Building GenBI Wilayah Sulawesi Selatan

Tidak hanya bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan seputar penulisan, namun kegiatan ini juga akan menghasilkan output berupa buku yang berisi karya tulis mahasiswa Psikologi dari perwakilan tiga lembaga yang berkolaborasi. Output berupa buku inilah yang nantinya akan diterbitkan oleh NasMedia selaku penerbit buku di Kota Makassar.

Kegiatan Pelatihan KTI dihadiri oleh 44 peserta yang berasal dari perwakilan dari Universitas Bosowa, Universitas Negeri Makassar dan Universitas Hasanuddin. Zhaezha Nur Amriana, salah seorang peserta dari Unhas merasa senang dapat mengikuti kegiatan ini.

- Iklan -

“Menambah insight baru kepada saya terkait komponen dari artikel ilmiah beserta cara menuliskannya dengan baik. Selain itu, saya juga cukup senang karena dapat menambah teman baru dan bisa melihat Fakultas Psikologi Unibos,” ujarnya.

“Sangat seru, banyak hal yang saya dapatkan dalam mengikuti kegiatan ini, saya bisa mengenali karya tulis ilmiah, mengetahui susunan-susunannya dan juga persiapan-persiapan yang diperlukan sebelum penulisan,” ujar peserta lainnya, Muhammad Alif Manoppo dari Unibos.

Baca Juga:  Pembukaan Pekan Ilmiah dan Olarahraga HMJ-EI gelar Seminar Nasional dengan Tema "Transformasi Menuju Indonesia Emas 2045: Generasi Muda Harus Apa?"

Presiden BEM KEMA FPSI UNM, Zikran Ramadhan Tahir menerangkan, project kolaborasi antara BEM FPSI UNIBOS, BEM KEMA FPSI UNM dan HIMAPSI FK-UNHAS yang akan mempublish karya dari peserta pelatihan menjadi pembuktian bahwa lembaga kemahasiswaan memberikan dampak bagi para peserta dalam dunia literasi.

- Iklan -

Sementara Ketua Umum BEM Fakultas Psikologi Unibos, Rahmat Adriansyah Arlan mengatakan, program kegiatan ini berawal dari keresahan bahwa di toko buku selalu saja yang best seller adalah buku bertemakan psikologi.

“Kenapa tidak organisasi kemahasiswaan membuat pelatihan karya tulis yang dimana kita mengawal sampai jadinya sebuah buku, sebagai bentuk bahwa organisasi kemahasiswaan juga bisa berkarya dengan berkolaborasi. Semoga kolaborasi ini bisa menjadi contoh untuk organisasi kemahasiswaan lain untuk bisa lebih adaptif dan juga kreatif menjawab tantangan zaman,” pungkasnya. (*)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU