Bermanfaat Bagi Orang Lain, Lakukan Amalan Ini

Manusia yang karakternya baik dan berguna, adalah yang memberikan manfaat terhadap orang lain. Jadi ganpang sebenarnya menilai dan menakar karakter kita. Apakah kita sudah bermanfaat terhadap orang lain.

5 Amalan

Nah bagi yang merasa belum berrmanfaat terhadap orang lain, amalkan amalan-amalan berikut ini.

1. Menjaga kemulliaan saudaranya ( menutup aib saudaranya ).
“Barang siapa menutupi aib saudaranya seorang muslim, maka Allah akan menutupi air orabg tersebut di dunia dan di akherat” (HR. Ibnu Majah )

- Iklan -

2. Saling tolong menolong

Baca Juga:  Mengenal Ciri Fisik Nabi Muhammad SAW

‘ Allah itu, akan menolong hamba – Ny, selama hamba itu.menolong saudaranya “. (HR. Bukhari dan Muslim )

3.. Saling menasehati (memberi )
dan mrnerima )

- Iklan -

” Sesungguhnya manusia itu, benar bensr dalam.kerugian, kecuali orang orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran”.

4. Saling mendoakan

” Tidaklah seorang muslim mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan saudaranya itu. Kecuaki malaekat berkata, ” Dan untuk kanu juga seperti itu”. ( HR. Muslim ).

- Iklan -
Baca Juga:  Ahmad Ghazali: Berbuat Kebaikan Merupakan Akhlak Mulia (12)

5. Memenuhi hajat saudaranya

Abu Hurairah radhyallahu anhu meriwayatkan sabda Rasulullah, ” Hak seorang muslim terhadap sesamanya muslim, ada enam. Jika kamu bertemu dwngannya, maka ucapkanlah salam. Jika ia mengundangmu, maka penuhilah undangannya. Jika ia meminta nasehat kepadamu, mska berilah ia nasehat. Jika ia bersin dan mengucapkan alhamdulillah, maka doakanlah ia dengan “yarhamukallah”. Jika ia sakit, maka jengukah. Jika ia meninggal dunia, mska iringilah jenaxahnya”. (HR. Muslim ). (Wa/ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU