Buka Sosialisasi Dana BOSDA, Ini Harapan Bupati Barru

Bupati Barru Suardi Saleh bersama Kadis Pendidikan Barru Abustan
Adv

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id– Sosialisasi Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) yang diselenggarakan Dinas Pendiikan Kabupaten Barru berlangsung di Menara Tower Kantor Bupati Barru lantai 6, Senin (8/4/19).

Bupati Barru Ir H Suardi Saleh MSi yang menghadiri sosialisasi didampingi Kadis Pendidikan Barru Dr Ir Abustan MSi dan dihadiri sejumlah pejabat struktural dinas pendidikan serta para pengawas dan kepala sekolah SD dan SMP se-Kabupaten Barru.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barru Dr Ir Abustan MSi dalam laporannya menyampaikan adanya perubahan petunjuk dan besaran dana yang diterima sekolah tahun ini berbeda dengan tahun lalu, tahun lalu setiap sekolah mendapatkan bantuan 200 ribu rupiah persiswa, baik sekolah yang banyak siswanya maupun sedikit telah mendapatkan bantuan yang sama.

“Namun, tahun ini sekolah yang siswanya dibawah 60 orang akan memperoleh bantuam sebesar 350 ribu rupiah persiswa,” ujarnya.

Abustan menambahkan, pengaturan anggaran tersebut, dilakukan demi keadilan dalam pemerataan bantuan pendidikan kepada sekolah sehingga sekolah yang sedikit siswanya juga dapat melakukan pemenuhan sesuai kebutuhan sekolah.

Baca Juga :   Siswa SD Kecamatan Pujananting Ikuti Lomba Senam Germas Ceria

“Kami minta dana BOSDA dapat dipergunakan sesuai koridor peruntukannya sehingga tidak terjebak pada proses hukum,” pintanya.

Dalam arahannya, Bupati Barru Suardi Saleh, menyampaikan pentingnya sektor pendidikan diperhatikan sesuai amanat undang-undang yang mengharuskan dianggarkan sebesar 20 persen dalam APBN maupun APBD.

Pemkab Barru, kata Suardi Saleh sangat memperhatikan anggaran pada sektor pendidikan, hal ini dapat dilihat dari adanya BOSDA meskipun ada juga dana BOS dari pemerintah pusat.

Bantuan BOSDA diharapkan dapat meningkatkan layanan dan peningkatan kualitas pendidikan untuk kemajuan daerah.

“Harapan kami pengelolaan dana Bosda harus transparan untuk menghilangkan kecurigaan dan juga harus tunjukkan kinerja yang maksimal demi kemajuan daerah lewat pendidikan,” kata Suardi Salah.

Reporter: Rustam