Jumat, Oktober 22, 2021

Mengapa Warna Hijau dan Putih Menjadi Warna Favorit Rasulullah SAW

spot_imgspot_img

FAJARPENDIDIKAN.co.id– Dalam berbagai literatur yang menjelaskan kehidupan Rasulullah SAW, terdapat pembahasan yang cukup menarikmengenai warna kesukaan Rasululah. Dalam literaturnya,dijelaskan bahwa Rasulullah sangat menyukai warna hijau dan putih sebagai warna favoritnya.

Hal ini menunjukkan bahwa warna hijau dan putih termasuk warna yang istimewa dimata Rasulullah sebagaimanafilosofis yang penuh makna. Dalam berbagai riwayat, Rasulullah sangat menyukai warna putih dan hijau.

Diantaranya yang diriwayatkan oleh Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah. Rasulullah SAW menganjurkan untuk memakai pakaian putih semasa hidup. Rasulullah juga menegaskan bahwa sebaik-baik pakaian adalah warna putih.Pada riwayat lain yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dari Samurah bin Jindub RA, Rasulullah sangat menganjurkan untuk menggunakan pakaian berwarna putih karena pakaian itu lebih bersih dan terbaik.

Selain warna putih, warna hijau juga menjadi warna kesukaan Rasulullah,Ibnu Majah dalam Tanbih al-Akhbar menyebutkan bagaimana Rasulullah menganjurkan agar berpakaian warna hijau pada hari raya karena warna ini adalah yang sangat afdal setelah warna putih.

Sejumlah ulama juga menerangkan bahwa warna hijau itu merupakan warna yang dikenakan penduduk surga. Keterangan ini dijelaskan dalam surah Al Kahfi ayat 31 bahwa penghuni surga mengenakan pakaian berwarna hijau.

Hijau juga menjadi warna Kubah Masjid Nabawi serta menjadi simbol keislaman seluruh umat muslim diseluruh dunia. Warna hijau juga bermakna ungkapan rasa damai, suasana alami dan kedamaian.(AHM)

 

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI