Wednesday, August 5, 2020

Buktikan Eksistensinya, CDC UIN Alauddin Ikuti Workshop di Jakarta

Jakarta, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Pengurus CDC UIN Alauddin Makassar Ahmad Kafrawi, M Si., mengikuti Workshop Matchup Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch II 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Hutama Karya Jakarta Timur. Kamis, 4 Juli 2019.

Workshop ini dihadiri 123 BUMN dari 143 BUMN yang ada di Indonesia. Tak hanya itu, terdapat pula 130 perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia. 

Dalam Workshop tersebut, CDC UIN Alauddin Makassar menyerahkan 64 data mahasiswa dari beberapa jurusan yang telah diseleksi dan memiliki data yang valid sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku untuk menjadi calon peserta magang.

Ketua Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Sofyan menyampaikan bahwa pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah merilis peraturan Keputusan Menteri Nomor 123/M/KPT/2019 tentang magang industri dan pengakuan satuan kredit semester untuk magang kuliah.

“Dalam peraturan tersebut diatur program magang kuliah di industri akan dihargai dalam bentuk Satuan Kredit Semester (SKS),” katanya.

Sofyan menambahkan, program ini berlangsung selama enam bulan dalam satu periode magang dengan beberapa benefit terhadap mahasiswa yakni, memiliki kesempatan mendapatkan pengalaman kerja di industri dan juga untuk direkrut menjadi bagian dari BUMN setelah program magang selesai.

Mahasiswa juga mendapatkan insentif (uang saku) minimal 1,5 juta setiap bulan dan bonus sesuai keputusan BUMN terkait. Selain itu, kata Sofyan, mahasiswa yang telah menyelesaikan program magang tersebut mendapatkan dua sertifikat yakni,sertifikat industri dari BUMN dan sertifikat kompetensi dari Kemenristekdikti yang dibiayai sepenuhnya oleh BUMN tempat magang mahasiswa bersangkutan.

“FHCI saat ini tengah merencanakan program magang dosen dengan BUMN dimana nantinya dosen akan belajar praktek di industri dan sebaliknya pegawai di industri akan berbagi pengalaman kerja dan penyiapan karir kepada mahasiswa di perguruan tinggi,” tambahnya.

Sementara di tempat terpisah, Sirajuddin yang juga pengelola CDC bidang Internal Relation mengatakan sepulangnya dari Jakarta, akan diumumkan nama-nama yang lolos seleksi untuk menjadi peserta magang bacth ke-II tahun 2019. (*)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Anggota Komisi E DPRD Sulsel Lakukan Kunjungan Kerja ke Perpustakaan Nasional RI

FAJARPENDIDIKAN.co.id - 17 orang Anggota Komisi E Bidang Kesra DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dipimpin Ketuanya Ir. H. Rusdin Tabi, M. BA melakukan...

Dorong Mahasiswa Lakukan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Minta Dukungan Rektor IAIN Bone

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bone Hj Jumriah lakukan audiensi rencana Workshop terkait sosialisasi pengawasan Pemilu dengan Rektor IAIN...

Persiapan Panen Raya dan Vicon Dengan Kasal, Wadan Lantamal VI Tinjau Lahan Ketahanan Pangan Karuwisi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Makassar, Wakil Komandan (Wadan) Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki, S.H, M.M melaksanakan kunjungan ke lahan ketahanan pangan Karuwisi Lantamal...

Wisuda Purna Tugas Wujud Penghormatan Lanal Kendari Terhadap Jasa-Jasa Perwiranya Selama Berdinas Di TNI AL

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kendari, Selasa, (04/08/2020) Lanal Kendari mengadakan Upacara Wisuda Purna Tugas dan Acara Tradisi Pelepasan yang dikemas secara menarik dan mengharukan...

Irjen Pol Merdisyam Ditunjuk Jadi Kapolda Sulsel

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepala Kepolisian Republik IndonesiaJenderal Idham Azis mutasi Kapolda Sulsel Irjen Mas Guntur Laupe, digantikan Irjen Pol Merdisyam.Kapolri, Jenderal Idham Azis...

REKOMENDASI