Cara Menghafal Dengan Cepat dan Mudah, Coba Praktikkan!

Dan kalau kita gak bisa menghafal, nilai kita bisa-bisa anjlok.

Apa sih yang kalian pikirin tentang menghafal pelajaran? Susah? Ribet? Atau malah seru dan mengasyikkan? Ngaku deh, pasti kebanyakan dari kalian berpikir menghafal pelajaran itu susahnya minta ampun dan bikin kepala pusing tujuh keliling. Padahal pelajaran kita di sekolah kebanyakan hafalan lho. Dan kalau kita gak bisa menghafal, nilai kita bisa-bisa anjlok.

Nah, buat kita-kita yang hidup di abad ke-21, menghafal dengan gaya lama udah ketinggalan jaman banget alias jadul. Yuk, coba 6 cara ini untuk membantu kamu menghafal pelajaran!

1. Buat Cerita

Untuk membantu otak menyerap potongan besar dari informasi, trik lain yang bisa dicoba untuk memecah informasi adalah dengan membuat cerita yang menghubungkan setiap potongan informasi.

Misalnya, jika kita perlu untuk menghafal rumus kimia yang rumit, kita bisa mengubah nama molekul dengan nama manusia yang diawali dengan huruf yang sama (Carol = Klorin, misalnya) dan membuat sebuah cerita kecil di mana rumus tersebut menjadi sebuah karakter molekul dalam formula yang memiliki sifat-sifat sama dengan manusia.

Ini bisa menjadi metode yang sangat efekti funtuk sebuah pembelajaran dengan informasi yang rumit. Misalnya, Glukosa itu tipenya manis, periang dan bisa menjadi teman baik bagi semua makhluk hidup.

2. Atur Tempat Belajar

Cari tempat yang menyenangkan buatmu untuk membaca kembali pelajaran yang telah diterima di kelas. Kamu bisa memilih membaca di pinggir kolam yang sepi dengan suara gemericik air atau di kedai kopi yang sepi. Suasana yang nyaman dan menyenangkan membuat otakmu rileks dan akan dengan mudah mencerna hal-hal yang kamu baca.

Selain itu, bila kamu memilih belajar di kedai kopi, aromanya yang khas dan nikmat membuat pikiranmu lebih tenang, atau cukup belajar di kamar, namun sebelmnya rapikan kamar da meja belajarmu. barengi dengan memutar musik kesukaan, dan menyiapkan kudapan favorit. Hal-hal tersebut dapat membantumu lebih rileks dan belajar tanpa beban

3. Belajar Kelompok

Belajar dengan teman nyatanya dapat membuatmu lebih mengerti dan mengingat pelajaran yang telah disampaikan di kelas. Suasana yang menyenangkan bersama teman-teman menjadi alasan mengapa cara menghafal dengan cepat yang satu ini dinilai ampuh.

Sebab, dengan teman, kamu juga akan menemukan metode belajar yang pas dan fun. Selain itu, bila tak mengerti, minta teman yang menguasai pelajaran tersebut untuk menerangkannya kepadamu. Dijelaskan oleh kawan seumuran biasanya lebih mudah dipahami karena jalan pikirannya cenderung sama.

Berikut ini beberapa kiatnya belajar kelompok secara efektif:

  • Untuk belajar kelompok tentu kamu membutuhkan teman yang menjadi kelompok belajarmu. Sejatinya siapapun temanmu dapat diajak untuk bergabung bersama. Namun selektif memilih teman belajar itu juga perlu, pastikan mereka benar-benar mau, ikhlas, dan tulus belajar dan saling berbagi ilmu bersama kamu. Jumlah anggota kelompok maksimal adalah 5 orang. Dengan anggota kelompok yang tidak terlalu banyak diharapkan kamu bisa lebih fokus dalam berdiskusi.
  • Tentukan materi belajar jauh-jauh hari sebelum belajar kelompok dilaksanakan. Menentukan materi belajar sebelum belajar kelompok dilakukan sangat penting agar semua anggota bisa mempersiapkan diri terhadap materi yang akan didiskusikan.
    Tentukan lama belajar yang pas agar proses belajar tak terasa membosankan. Jangan terlalu cepat dan juga jangan terlalu lama. Terlalu lama belajar tentu akan membuatmu merasa jenuh. Satu hingga dua jam dirasa sudah cukup untuk melakukan belajar kelompok. Waktu belajar yang efektif adalah siang hari atau sore hari setelah istirahat di rumah. Usahakan agar setiap anggota datang tepat waktu di tempat yang disepakati sebelumnya.
  • Benar-benar Belajar, Saat belajar dimulai pastikan kalian benar-benar fokus pada tujuan utama, yaitu belajar. Hilangkan terlebih dahulu hal-hal yang membuat proses belajar menjadi terganggu sehingga membuat proses pembelajaran tak lagi efektif.
    Pilihlah tempat belajar yang nyaman dan tenang, jauh dari televisi atau keramaian. Tempat belajar kelompok yang tenang dan nyaman sangat membantu dalam meningkatkan konsentrasi dalam proses belajar dan berdiskusi.
  • Masing-masing hendaknya membawa camilan yang berbeda-beda. Nanti pada saat season istirahat kamu dan temanmu bisa bertukat camilan, ini akan membuat suasana lebih hangat dan menyenangkan.
  • Tidak perlu tegang, kamu boleh belajar dengan keadaan serius namun santai. Belajar tidak perlu terlalu tegang supaya tidak merasa jenuh. Namun tidak juga dibuat main-main. Tetap ciptakan kondisi belajar yang serius, tetapi tetap santai dan tidak membuat kalian merasa bosan.
  • Mengerti Tanggung Jawab Masing-Masing, Belajar kelompok akan percuma jika para anggotanya memiliki sifat egois dan memilih lepas tanggung jawab. Itulah mengapa sangat penting untuk selektif memilih teman belajar yang benar-benar mau belajar dan mengerti tanggung jawab Masing-Masing di dalam suatu kelompok.
  • Saling Berbagi Ilmu dan Bertukar Pikiran Jangan pelit untuk berbagi ilmu dan membantu temanmu yang sulit dalam memahami tugas yang telah diberikan. Selain itu cobalah untuk saling bertukar pendapat mengenai materi pelajaran yang akan dipelajari keesokan harinya. Biasanya setiap anggota memiliki pemahaman yang berbeda-beda dalam menangkap sebuah materi.

4. Kuis Tanya Jawab

Kamu bisa minta ibu, ayah, kakak, atau adikmu untuk membuat pertanyaan-pertanyaan dari isi pelajaran yang sudah kamu catat di buku. Cara ini memang tampak seperti kegiatan menjawab soal-soal latihan, tapi dikemas dengan cara yang lebih menarik.

Dengan cara ini, kamu bisa mengingat jawaban atas pertanyaan yang dilontarkan orang-orang di sekitarmu tersebut dengan mudah. Siapa tahu pertanyaan yang mereka lontarkan sama dengan yang keluar di kertas ujian.

5. Asupan Makanan

Makanan yang kita makan juga sangat mempengaruhi kinerja otak, itulah banyak yang bilang kalau kita terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung MSG, kita bisa sulit konsentrasi.

Buah dan sayur-sayuran seharusnya menjadi menu wajib bagimu setiap hari, mengingat keduanya adalah sumber nutrisi dan vitamin terbaik yang berguna untuk memaksimalkan semua fungsi organ tubuh, tak terkecuali otak. Konsumsislah:

  • Blueberry: Mengandung antioksidan yang dapat berfungsi dalam melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan otak. Buah ini juga dapat berfungsi dalam meningkatkan memori otak, serta menghentikan perlambatan fungsi motorik, keseimbangan dan koordinasi. Bahkan, studi terbaru menemukan bahwa blueberry, stroberi, dan buah acai dapat membantumu dalam mencegah dan memperlambat penurunan fungsi kognitif akibat faktor usia.
  • Kacang tanah dan selai kacang, Meskipun keduanya tinggi lemak, kacang tanah dan selai kacang termasuk dalam sumber makanan yang mengandung lemak sehat, terlebih di dalamnya terdapat kandungan vitamin E yang dapat mencegah kehilangan memori. Kedua makanan tersebut dapat membantu menjaga jantung dan otak agar tetap sehat dan berfungsi dengan optimal. Jangan lupa pilih selai kacang tanpa gula, ya.
  • Ikan Salmon, mackerel, tuna, dan ikan lainnya ternyata kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat mempertajam memori, dan juga asam docosahexaenoic (DHA) yang sangat penting untuk fungsi normal dari neuron.
  • Alpukat Salah satu buah yang mengandung lemak sehat adalah alpukat. Selain itu, alpukat juga dapat membantu aliran darah berjalan lancar sampai ke otak, mengurangi tekanan darah tinggi dan membantu jantung tetap sehat. Sebuah studi juga telah menemukan bahwa makanan yang kaya akan vitamin E, termasuk alpukat dapat menurunkan risiko terkena Alzheimer.
  • Sayuran berdaun hijau tua, Bayam dan brokoli merupakan sumber vitamin E dan asam folat yang baik untuk dikonsumsi dalam meningkatkan memori otak.
  • Apel, Sering kali, ketika kamu memakan apel, kamu akan mengupas kulitnya terlebih dahulu baru memakan daging buahnya. Padahal, kulit apel kaya akan quercetin dan antioksidan yang dapat berperan dalam mengurangi risiko terjadinya Alzheimer. Terlebih, apel merah yang sering kamu konsumsi juga mengandung anthosianin, jenis antioksidan lain yang dapat meningkatkan memori otak.

6. Tidur Cukup

Jangan lupa untuk istirahat yang cukup. Otak juga perlu diistirahatkan agar fungsinya tetap optimal. Pastikan tidur tidak terlalu malam dan bangun tidak terlalu siang. Istirahat yang cukup, efektif dalam menjaga kesehatan otak.

Waktu tidur yang tepat akan membantu kita memiliki performa yang baik, mempertahankan kelincahan mental, juga menangkal stres dan kelelahan. Lalu, berapa jam sih waktu tidur yang ideal buat kamu? Jumlah waktu tidur yang sehat bagi tiap-tiap orang itu ternyata berbeda-beda tergantung pada usia:

  • Dewasa (18-64 tahun): 7-9 jam
  • Remaja (14-17 tahun): 8-10 jam
  • Anak sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam

Selain waktu tidur yang cukup, kamu juga perlu memiliki tidur yang berkualitas Grameds. Demikian tips menghafal dengan cepat dan mudah.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI