ADV A1

Biodata Zelin Resiana dan Joko Suprinto, Orang Tua Bilqis Prasista

FAJAR Pendidikan

Pemain bulutangkis tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista berhasil menekuk lutut Akane Yamaguchi, pemain ranking 1 dunia asal Jepang dalam perebutan juara grup A dalam Uber Cup 2022 yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok Thailand pada Rabu (11/5/2022).

Siapa sangka ternyata Bilqis Prasista merupakan anak dari pasangan legenda bulu tangkis Indonesia, Joko Suprianto dan Zelin Resiana. Berikut profil Joko Suprianto dan Zelin Resiana.

Bilqis telah mengukir kemenangan dengan skor 21 – 18 atas Akane. Hasil kemenangan ini membawa Indonesia unggul 1-0 atas Jepang. Tak sampai di situ, kemenangan ini membuat nama perempuan berusia 19 tahun tersebut kini trending di media sosial Twitter.

Selain Bilqis, ternyata orang tuanya bernama Joko Suprianto dan Zelin Resiana, pasangan legenda bulu tangkis itu juga mendapatkan sorotan warganet. Simak prodil Joko Suprianto dan Zelin Resiana, orang tua Bilqis Prasista.

Diketahui, Joko Suprianto dan Zelin Resiana ini juga pernah berjuang dalam perebutan Thomas Cup dan Uber Cup pada era tahun 90-an. Bahkan Joko Suprianto merupakan atlet bulu tangkis tunggal putra yang mendapatkan gelar juara dunia pada tahun 1993.

BACA JUGA :   Profil Komang Ayu Cahya Dewi, Tunggal Putri Indonesia di Uber Cup 2022

Lantas siapa pasangan legenda bulu tangkis Indonesia yang merupakan orang tua dari Bilqis Prasista ini? Simak profil Joko Suprianto dan Zelin Resiana berikut ini.

Profil Joko Suprianto

Joko Suprianto merupakan mantan atlet bulu tangkis Indonesia yang kini menjabat sebagai pelatih timnas bulu tangkis Indonesia. Joko lahir di Solo, Jawa Tengah pada 6 Oktober 1966 yang kini berusia 55 tahun.

Joko Suprianto memulai karirnya pada tahun 1985 dan telah masuk ke bulu tangkis profesional mulai tahun 1990 hingga 2022. Karir gemilangnya ia tunjukkan ketika menjadi juara dunia BWF World Championship 1993 di nomor tunggal putra saat mengalahkan Hermawan Susanto, yang juga pemain bulu tangkis Indonesia.

Zelin Resiana merupakan mantan atlet bulu tangkis Indonesia sekaligus istri dari Joko Suprianto. Zelin lahir di Magelang, Jawa Tengah pada 9 Juli 1972 yang kini berusia 50 tahun.

Zelin Resiana dikenal sebagai pemain spesialis ganda putri maupun ganda campuran. Ia pernah berpasangan dengan Eliza Nathanael dan berhasil membawa Indonesia menjuarai Indonesia Open, US Open dan SEA Games.

BACA JUGA :   Profil Bilqis Prasista, Tunggal Putri Indonesia pada Uber Cup 2022

 

 

Di ganda campuran, Zelin berhasil menjuarai Taiwan Open dan Kejuaraan Asia saat berpasangan dengan Denny Kantono dan Bambang Suprianto. Pada tahun 1994 dan 1996, Zelin berhasil membawa Indonesia menjuarai Uber Cup.

Sementara itu pada tahun 2000 di Sydney, Zelin juga berpasangan dengan Bambang Suprianto dan kalah di babak perempat final dari Michael Sogaard dan Rikke Olsen dari Denmark.

Memutuskan Menikah

Pasangan Joko Suprianto dan Zelin Resiana yang sama-sama atlet bulu tangkis Indonesia memutuskan menikah pada tahun 1999. Keduanya dikaruniai anak kembar yang lahir pada 24 Mei 2003 yang bernama Bilqis Prasista dan Bilqis Pratista. Keduanya bersama-sama mengikuti jejak orang tuanya menjadi pemain bulu tangkis.

Itulah profil orang tua Bilqis Prasista yakni profil Joko Suprianto dan Zelin Resiana yang merupakan legenda pebulu tangkis Indonesia yang bersinar pada era 90-an.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI