Comparative Adjectives, Pengertian, Jenis dan Fungsi dalam Kalimat.

Dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa jenis adjective yang umum digunakan. Comparative Adjectives adalah salah satu jenis adjective yang sering digunakan dalam Bahasa Inggris. Berikut penjelasan lengkap mengenai Pengertian Comparative Adjectives , Jenis Comparative Adjectives dan Fungsi Comparative Adjectives dalam kalimat.

 

Pengertian Comparative Adjectives

omparative adjectives dalam bahasa Inggris adalah jenis kata sifat yang digunakan untuk membandingkan dua hal, orang, atau benda yang berbeda. Comparative adjectives ini digunakan untuk menyatakan perbandingan tentang sifat atau karakteristik antara dua objek atau subjek yang berbeda.

- Iklan -

Mereka membantu dalam menyatakan bahwa satu hal lebih dari yang lain dalam hal tertentu. Umumnya, comparative adjectives diikuti oleh kata “than” untuk menyelesaikan perbandingan. Berikut adalah beberapa contoh comparative adjectives:

  1. Big vs. Bigger: “The elephant is bigger than the lion.”
  2. Fast vs. Faster: “She runs faster than her brother.”
  3. Smart vs. Smarter: “John is smarter than Peter.”
  4. Beautiful vs. More beautiful: “The sunset is more beautiful than the sunrise.”
  5. Expensive vs. More expensive: “That watch is more expensive than this one.”

Dalam contoh-contoh di atas, comparative adjectives digunakan untuk membandingkan dua objek atau subjek yang berbeda dalam hal ukuran, kecepatan, kecerdasan, keindahan, atau harga. Mereka membantu dalam menyampaikan informasi tentang perbandingan relatif antara dua hal atau orang.

 

- Iklan -

Jenis comparative adjectives

Jenis-jenis Comparative Adjectives dalam bahasa Inggris bergantung pada panjang atau konstruksi kata sifat yang digunakan dalam perbandingannya. Berikut adalah beberapa jenis Comparative Adjectives yang umum digunakan:

  1. Satu Kata (One-syllable Adjectives): Adalah kata sifat yang terdiri dari satu suku kata dan biasanya dibentuk dengan menambahkan “-er” untuk perbandingan dalam bentuk komparatif.
    • Contoh:
      • Tall (tinggi) – Taller (lebih tinggi)
      • Fast (cepat) – Faster (lebih cepat)
      • Strong (kuat) – Stronger (lebih kuat)
  2. Dua Kata (Two-syllable Adjectives ending in -y or -ow): Adalah kata sifat yang terdiri dari dua suku kata dan diakhiri dengan -y atau -ow, dan biasanya dibentuk dengan menambahkan “er” atau “more” untuk perbandingan dalam bentuk komparatif.
    • Contoh:
      • Happy (bahagia) – Happier (lebih bahagia)
      • Narrow (sempit) – Narrower (lebih sempit)
      • Shallow (dangkal) – Shallower (lebih dangkal)
  3. Dua Kata (Two-syllable Adjectives not ending in -y or -ow): Adalah kata sifat yang terdiri dari dua suku kata dan tidak diakhiri dengan -y atau -ow, dan biasanya dibentuk dengan menambahkan “more” untuk perbandingan dalam bentuk komparatif.
    • Contoh:
      • Modern (modern) – More modern (lebih modern)
      • Polite (sopan) – More polite (lebih sopan)
      • Famous (terkenal) – More famous (lebih terkenal)
  4. Tiga Kata atau Lebih (Three-syllable Adjectives or Longer): Adalah kata sifat yang terdiri dari tiga suku kata atau lebih, dan biasanya dibentuk dengan menambahkan “more” untuk perbandingan dalam bentuk komparatif.
    • Contoh:
      • Important (penting) – More important (lebih penting)
      • Interesting (menarik) – More interesting (lebih menarik)
      • Beautiful (indah) – More beautiful (lebih indah)
  5. Irregular Comparative Adjectives: Beberapa kata sifat memiliki bentuk komparatif yang tidak mengikuti pola aturan yang jelas dan dikenal sebagai irregular comparative adjectives.
    • Contoh:
      • Good (baik) – Better (lebih baik)
      • Bad (buruk) – Worse (lebih buruk)
      • Far (jauh) – Farther/Further (lebih jauh)
Baca Juga:  Transitive Verbs, Pengertian, Jenis, dan Fungsi dalam Bahasa Inggris

Itulah beberapa jenis Comparative Adjectives dalam bahasa Inggris berdasarkan panjang atau konstruksi kata sifatnya. Panjang kata sifat dan aturan pembentukannya memengaruhi cara kita membentuk bentuk komparatif dalam kalimat.

 

- Iklan -

Fungsi Comparative Adjectives

Fungsi Comparative Adjectives dalam bahasa Inggris adalah untuk membandingkan dua hal, orang, atau benda yang berbeda dalam hal kualitas atau sifat tertentu. Mereka membantu pembicara atau penulis dalam menyatakan bahwa satu hal lebih dari yang lain dalam hal tertentu.

Berikut adalah beberapa fungsi Comparative Adjectives secara lebih detail:

  1. Membandingkan Sifat atau Kualitas: Comparative Adjectives digunakan untuk membandingkan sifat atau kualitas antara dua objek atau subjek yang berbeda. Mereka membantu dalam menyatakan perbedaan atau kesamaan dalam hal-hal seperti ukuran, kecepatan, kekuatan, harga, dan sebagainya. Contohnya:
    • “My car is faster than yours.” (Mobil saya lebih cepat daripada milikmu.)
    • “This book is more interesting than that one.” (Buku ini lebih menarik daripada yang itu.)
  2. Menunjukkan Perbandingan Tingkat: Comparative Adjectives juga membantu dalam menunjukkan perbandingan tingkat antara dua hal. Misalnya, satu hal bisa dianggap lebih besar, lebih mahal, lebih pintar, atau lebih penting daripada yang lain. Contohnya:
    • “The new phone is better than the old one.” (Ponsel baru lebih baik daripada yang lama.)
    • “She is taller than her brother.” (Dia lebih tinggi daripada saudaranya.)
  3. Menambahkan Informasi Lebih Lanjut: Penggunaan Comparative Adjectives membantu dalam memberikan informasi lebih lanjut tentang hubungan relatif antara objek atau subjek yang dibandingkan. Ini membantu pembaca atau pendengar untuk memahami perbandingan yang sedang dibuat dengan lebih jelas. Contohnya:
    • “The hotel room is more expensive than I expected.” (Kamar hotel lebih mahal dari yang saya perkirakan.)
    • “Today’s weather is better than yesterday’s.” (Cuaca hari ini lebih baik daripada kemarin.)
  4. Membuat Kalimat Lebih Bermakna: Dengan menggunakan Comparative Adjectives, kalimat menjadi lebih bermakna dan memberikan konteks yang lebih kaya dalam berbicara atau menulis. Mereka membantu dalam menyampaikan perbandingan dengan cara yang jelas dan tepat.
Baca Juga:  Superlative adjectives, Pengertian, Jenis dan Fungsi dalam Kalimat.

Dengan demikian, Comparative Adjectives memiliki fungsi utama dalam bahasa Inggris untuk membandingkan sifat atau kualitas, menunjukkan perbandingan tingkat, memberikan informasi lebih lanjut, dan membuat kalimat lebih bermakna dalam konteks perbandingan.

 

Itulah penjelasan lengkap mengenai Pengertian Comparative Adjectives , Jenis Comparative Adjectives dan Fungsi Comparative Adjectives dalam kalimat.

 

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU