Demonstrative adjectives, Pengertian, Jenis dan Fungsi dalam Kalimat.

Dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa jenis adjective yang umum digunakan. Demonstrative adjectives adalah salah satu jenis adjective yang sering digunakan dalam Bahasa Inggris. Berikut penjelasan lengkap mengenai Pengertian Demonstrative adjectives, Jenis Demonstrative adjectives dan Fungsi Demonstrative adjectives dalam kalimat.

Pengertian Demonstrative adjectives

Demonstrative adjectives dalam bahasa Inggris adalah jenis kata sifat yang digunakan untuk menunjukkan atau mengidentifikasi objek atau orang tertentu dalam konteks tertentu.

Demonstrative adjectives ini mengindikasikan jarak (dekat atau jauh) antara pembicara dan objek yang dibicarakan, serta apakah objek tersebut tunggal atau jamak.

- Iklan -

Demonstrative adjectives ini biasanya digunakan sebelum kata benda untuk memberikan informasi tentang objek yang ditunjukkan atau diidentifikasi dalam suatu kalimat. Mereka membantu dalam menyampaikan informasi tentang letak objek, baik dekat atau jauh dari pembicara, serta apakah objek tersebut tunggal atau jamak.

 

 Jenis Demonstrative adjectives

Jenis Demonstrative Adjectives dalam bahasa Inggris terdiri dari empat kata sifat yang berbeda, yang masing-masing menunjukkan lokasi dan jumlah objek yang diberi perhatian. Berikut adalah jenis Demonstrative Adjectives beserta contohnya:

- Iklan -
  1. This – digunakan untuk menunjukkan objek tunggal yang dekat dengan pembicara.
    • Contoh: “This book is interesting” (Buku ini menarik).
  2. These – digunakan untuk menunjukkan objek jamak yang dekat dengan pembicara.
    • Contoh: “These books are informative” (Buku-buku ini informatif).
  3. That – digunakan untuk menunjukkan objek tunggal yang jauh dari pembicara.
    • Contoh: “That building is historic” (Gedung itu bersejarah).
  4. Those – digunakan untuk menunjukkan objek jamak yang jauh dari pembicara.
    • Contoh: “Those houses are beautiful” (Rumah-rumah itu indah).
Baca Juga:  Application letter : Pengertian, Tujuan, Contoh dalam Bahasa Inggris

Jadi, demonstrative adjectives dalam bahasa Inggris dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan jaraknya dari pembicara: dekat (this, these) dan jauh (that, those). Setiap kelompok juga dibagi lagi menjadi dua berdasarkan apakah objek yang ditunjukkan tunggal atau jamak.

Hal ini membantu untuk lebih spesifik dalam menyampaikan informasi tentang lokasi dan jumlah objek yang dibicarakan.

 

- Iklan -

Fungsi demonstrative adjectives

Fungsi dari Demonstrative Adjectives dalam bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

  1. Menunjukkan Lokasi: Demonstrative adjectives digunakan untuk menunjukkan lokasi atau jarak objek yang dibicarakan dari pembicara atau pendengar. Misalnya, “this book” (buku ini) menunjukkan bahwa buku tersebut dekat dengan pembicara, sedangkan “that car” (mobil itu) menunjukkan bahwa mobil tersebut jauh dari pembicara.
  2. Mengidentifikasi Objek: Demonstrative adjectives membantu dalam mengidentifikasi objek yang sedang dibicarakan dalam suatu konteks. Misalnya, “these chairs” (kursi-kursi ini) menunjukkan bahwa pembicara sedang merujuk pada kursi-kursi tertentu yang berada dekat dengan pembicara.
  3. Menunjukkan Jumlah: Demonstrative adjectives juga digunakan untuk menunjukkan jumlah objek yang dibicarakan, apakah objek tersebut tunggal atau jamak. Contohnya, “this pen” (pulpen ini) menunjukkan bahwa pembicara merujuk pada satu pulpen, sedangkan “those pencils” (pensil-pensil itu) menunjukkan bahwa pembicara merujuk pada pensil-pensil yang jauh dari pembicara.
  4. Mengklarifikasi Konteks: Demonstrative adjectives membantu dalam mengklarifikasi konteks dari suatu pernyataan atau kalimat. Misalnya, “this situation” (situasi ini) dapat menunjukkan bahwa pembicara sedang berbicara tentang situasi yang sedang terjadi saat ini.
  5. Membantu Komunikasi yang Lebih Efektif: Penggunaan demonstrative adjectives membantu dalam membuat komunikasi lebih efektif dengan memberikan informasi tambahan tentang objek yang dibicarakan, seperti lokasi dan jumlahnya, sehingga pendengar dapat memahami pesan dengan lebih jelas dan tepat.
Baca Juga:  Pengertian Descriptive text, Ciri, Struktur dan Tujuan

Secara keseluruhan, fungsi dari Demonstrative Adjectives adalah untuk membantu pembicara dalam menyampaikan informasi tentang lokasi, identifikasi, jumlah, dan konteks objek yang sedang dibicarakan dalam suatu percakapan atau tulisan.

 

 

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU