Conjunctions, Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kalimat Conjunctions

Conjunctions atau yang lebih sering disebut Kata hubung dalam bahasa Indonesia adalah salah satu bagian dari Parts Of Speech. Berikut penjelasan mengenai Pengertian Conjunctions, Fungsi Conjunctions, dan Contoh kalimat yang mengandung Conjunctions.

Pengertian Conjunctions

Conjunction (kata hubung) dalam bahasa Inggris adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan dua klausa, frasa, atau kata dalam suatu kalimat. Conjunction membantu untuk membentuk hubungan antara bagian-bagian dalam kalimat, seperti hubungan antara dua ide, peristiwa, atau tindakan.

Conjunction sangat penting dalam bahasa Inggris karena mereka membantu dalam membangun hubungan antara bagian-bagian dalam kalimat, yang pada gilirannya membantu untuk menyampaikan makna dengan lebih jelas dan efektif.

- Iklan -

 

Fungsi Conjunctions

Fungsi conjunction (kata hubung) dalam bahasa Inggris sangat penting karena mereka membantu dalam menyusun hubungan antara bagian-bagian dalam kalimat. Berikut adalah beberapa fungsi utama conjunction dalam bahasa Inggris:

1. Menghubungkan Ide atau Informasi: Conjunction digunakan untuk menghubungkan dua klausa, frasa, atau kata yang memiliki ide atau informasi yang berkaitan. Mereka membantu untuk menggabungkan gagasan yang terkait atau melanjutkan ide dari satu bagian kalimat ke bagian berikutnya.

- Iklan -
Baca Juga:  100 Contoh Kalimat yang mengandung Adjective, Yuk disimak!!!

Contoh: “He likes to play basketball and he enjoys swimming.” (Dia suka bermain bola basket dan dia menikmati berenang.)

2. Menunjukkan Hubungan Logis: Conjunction membantu untuk menunjukkan hubungan logis antara bagian-bagian dalam kalimat, seperti hubungan sebab-akibat, kontras, alternatif, atau urutan peristiwa.

Contoh:
– Sebab-akibat: “She couldn’t sleep because it was too noisy.” (Dia tidak bisa tidur karena terlalu berisik.)
– Kontras: “She is tall but her brother is short.” (Dia tinggi tapi saudaranya pendek.)
– Alternatif: “You can have tea or coffee.” (Kamu bisa minum teh atau kopi.)
– Urutan peristiwa: “She brushed her teeth before going to bed.” (Dia menggosok giginya sebelum tidur.)

- Iklan -

3. Memberikan Kejelasan dan Struktur: Conjunction membantu dalam memberikan kejelasan dan struktur pada kalimat. Mereka membantu pembaca atau pendengar untuk memahami bagaimana ide-ide atau peristiwa saling terkait dalam kalimat.

Contoh: “I want to go to the party, but I have to finish my homework first.” (Aku ingin pergi ke pesta, tapi aku harus menyelesaikan PR-ku dulu.)

Baca Juga:  Faktor Internal dan Eksternal Penyebab Perubahan Sosial yang Wajib Diketahui

Dengan menggunakan conjunction dengan tepat, kita dapat membangun kalimat yang lebih padu dan koheren, sehingga menyampaikan pesan dengan lebih efektif dan jelas.

Contoh Kalimat Conjunctions

Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang mengandung conjunctions (kata hubung):

  1. She wanted to go to the beach, but it started raining.
  2. He likes to play soccer, and his sister enjoys basketball.
  3. I have to wake up early tomorrow because I have an important meeting.
  4. She can either choose the red dress or the blue one for the party.
  5. He studied hard for the exam so he could get good grades.

Conjunctions seperti “but”, “and”, “because”, “or”, “so”, “not only…but also”, dan “before” digunakan dalam kalimat-kalimat ini untuk menghubungkan bagian-bagian kalimat yang berbeda atau menyatakan hubungan antara ide-ide yang berbeda.

Itulah pembahasan mengenai Pengertian Conjunctions, Fungsi Conjunctions, dan Contoh kalimat yang mengandung Conjunctions.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU