Contoh Sublimasi Lengkap Pengertian, Tujuan dan Lainnya

Contoh Sublimasi Lengkap Pengertian, Tujuan dan Lainnya, Berikut ini akan menjelaskan tentang Sublimasi secara lengkap yaitu dari pengertian, tujuan dan contohnya secara lengkap.

Sublimasi ialah istilah dalam kimia yang berhubungan dengan perubahan wujud dari suatu zat. Namun, istilah sublimasi juga digunakan untuk menyebutkan salah satu metode pemisahan campuran kimia.

Dalam perubahan zat, Sublimasi merupakan perubahan wujud suatu zat dari padat ke gas atau sebaliknya. Apabila partikel penyusun suatu zat padat diberi kenaikan suhu dengan besaran tertentu maka partikel tersebut akan menyublin menjadi gas. Dan apabila suhu diturunkan, maka gas akan berubah wujud kembali menjadi padat.

- Iklan -
Baca Juga:  Mengapa Tumbuh Kembang Kupu-kupu Disebut Metamorfosis?

Dalam pemisahan campuran, Sublimasi yaitu dengan cara memanaskan zat padat yang terlarut pada zat padat sehingga zat padat yang akan diambil akan berubah menjadi gas. Gas yang dihasilkan kemudian di tampung lalu dinginkan. Syarat pemisahan campuran dengan cara Sublimasi yaitu partikel yang bercampur harus memiliki perbedaan titik didih yang besar sehingga dapat menghasilkan uap dengan tingkat kemurnian yang tinggi.

Tujuan Sublimasi yaitu

  • Untuk mendapatkan suatu zat yang murni atau beberapa zat yang murni dari suatu campuran yang disebut dengan Pemurnian.
  • Untuk mengetahui keberadaan suatu zat dalam suatu sampel analisa laboratorium.
Baca Juga:  Kupu-kupu yang Mempesona

Contoh Sublimasi

Salah satu contoh sublimasi yang paling mudah dilihat yaitu pada proses pembuatan kapur barus. Campuran kapur barus dan arang dipanaskan sehingga kapur barus yang dapat menyublin akan menguap, setelah didinginkan zat tersebut berubah kembali menjadi padat kembali.

Itulah Contoh Sublimasi Lengkap Pengertian, Tujuan dan Lainnya, Semoga Bermanfaat!

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU