Demo Tolak Kenaikan Harga BBM Berlangsung di Berbagai Daerah

FAJAR Pendidikan

Unjuk rasa kenaikan harga BBM di berbagai daerah dilakukan dengan berbagai cara. Unjuk rasa gelombang II yang diistilahkan ”Aksi Bela Rakyat 239”, dengan tiga tuntutan; Tunrunkan Harga BBM, turunkan harga – harga dan tegakkan supremasi hukum.

Unjuk rasa gelombang II ini, dimulai Senin (19/9) dan serentak pada hari ini, ba’da Jumatan, 23 September 2022. Puluhan masyarakat Kuningan yang mengatasnamakan Gerakan Mastarakat Melawan Kabupaten Kuningan (GMMK), melakukan aksi protes yang sama di berbagai daerah.

Protes kenaikan harga BBM di Kuningan, dilakukan massa dengan beramai-ramai mendorong motor ke kantor DPRD setempat. Melalui DPRD setempat, mereka mendesak Pemerintah Pusat mencabut kebijakan tersebut.

BACA JUGA :   Tanamkan Nilai Luhur Bangsa Sejak Dini Melalui Dongeng

Gerakan massa Kuningan dikawal aparat Gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, Damkar dan BPBD. Mereka diterima Ketua DPRD, Nuzul Racky beserta sejumlah anggota DPRD Kuningan. Perwakilan massa melakukn penandatangan fakta intergritas dengan fraksi yang bersedia juga bertandatangan.

Dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Deki Zaenal Muttaqin, yang menandatangani fakta integritas menyatakan, dirinya siap bertanggung jawab atas apa yang dia tandatangani.

Adapun fraksi yang tidak bersedia menandatangani fakta integritas, PDIP, Golkar, PKB, PAN, Demokrat dan PPP. Sehingga massa aksi menganggap mereka telah menzolimi rakyat.

BACA JUGA :   Profil dan Biodata Mamat Alkatiri, Komika yang Dilaporkan Brigitta Anggota DPR RI

Di Surabya, massa aksi yang termasuk di dalamnya, BEM dan Mahasiswa Muslim Surabaya (MMS) membuat pernyataan sikap, penolakan terhadap kenaikan harga BBM. Dalam pernyataan disikapnya, mereka menilai, rezim tega megorbankan masyarakat menengah ke dan berpenghasilan rendah yang daya belinya telah berkurang.

Masyarakat Jabodetabek, di pagi buta, sudah melakukan longmarch mengarah ke Jakarta, dan telah tiba di Jakarta. Mereka bergabung dengan massa aksi yang mengepung Istana. Mssa aksi dari Ciawi juga merangsek ke Jakarta, dan berkumpul dengan massa aksi di Patung Kuda dan Istana Negra. (ana)

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -