Departemen K3 FKM Unhas Lakukan Sosialisasi K3 di SD Negeri Pulau Barrang Lompo

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) yang memiliki Departemen (Peminatan) K3, sebagai bentuk pengabdian masyarakat dalam rangka Dies Natalis FKM Unhas ke-40 yang dilaksanakan di Pulau Barrang Lompo Kota Makassar lakukan edukasi K3 pada siswa SD.

Hal ini dilakukan sebagai upaya membudayakan K3 sejak dini agar murid memiliki pemahaman dan kesadaran mengenai K3.

Edukasi K3 sejak dini akan memberikan pemahaman K3 pada murid, sehingga memahami risiko dan bahaya yang bisa terjadi di lingkungan sekolah.

- Iklan -

Sosialisasi K3 pada murid SD merupakan implementasi road map pengabdian masyarakat Departemen K3 FKM Unhas dalam mengembangkan model intervensi perilaku dan psikologis berbasis keselamatan dan meningkatkan derajat kesehatan, kualitas hidup dan produktivitas kerja.

Intervensi ini diharapkan menciptakan budaya keselamatan (safety culture) pada murid SD.

Baca Juga:  GenBI Wilayah Sulawesi Selatan Periode 2024/2025 Sukses Laksanakan Rapat Kerja

Intervensi ini juga diharap menguatkan pilar tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), yaitu: pilar pembangunan sosial (tujuan ke-3 kehidupan sehat dan sejahtera;

- Iklan -

Dan tujuan ke-4 pendidikan berkualitas), dan pilar pembangunan ekonomi (tujuan ke-8 pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, tujuan ke-10 berkurangnya kesenangan).

Sosialisasi K3 dilakukan di SD Negeri Pulau Barrang Lompo diikuti oleh 7 Dosen K3 FKM Unhas, 8 mahasiswa S2 K3, dan 4 orang mahasiswa S1 Peminatan K3, serta 2 orang tendik.

Selain melakukan sosialisasi dan pengenalan K3 pada murid SD, tim pengabdian masyarakat dari Departemen K3 juga memberikan Buku Saku “Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) pada Siswa Sekolah Dasar” dan leaflet, serta cenderamata.

- Iklan -

Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini agak berbeda dari sebelumnya karena selain melakukan diberikan penyuluhan, peserta juga diberikan buku saku leaflet dan cenderamata.

Baca Juga:  LPM Penalaran UNM Adakan Talkshow dan Technical Meeting I PMP-OMK XXVII

Hal ini sesuai konsep yang diingkan oleh Dekan FKM Unhas.

“Kegiatan pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan di Pulau Barrang Lompo.

Saya harap dibuat berbeda, tidak hanya sekadar penyuluhan atau edukasi saja, tapi ada produk yang bisa kita tinggalkan pada masing-masing sasaran kegiatan,” kata Prof Sukri Palutturi, SKM MKes MScPH PhD.

Pulau Barrang Lompo dipilih sebagai lokasi pengabdian masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat, sebagai bentuk implementasi FKM Unhas dalam mendukung Visi FKM Unhas.

FKM Unhas memiliki visi menjadi Fakultas Kesehatan Masyarakat yang Unggul dan berstandar Internasional berbasis Benua Maritim Indonesia tahun 2024.

Visi FKM Unhas tersebut merupakan turunan dari Visi Universitas Hasanuddin yaitu menjadi pusat unggulan dalam perkembangan insani, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya berbasis Benua Maritim Indonesia.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU