Dirikan Pusat Stunting, SDGs Center Unhas Jadi Hub di Indonesia Timur

FAJAR Pendidikan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Sustainable Development Goals (SDGs) Center Universitas Hasanuddin (Unhas) memiliki komitmen untuk mencapai tugas dan fungsinya secara maksimal. Menindaklanjuti hal tersebut, SDGs Center Unhas melakukan seminar dan Peluncuran Pusat Stunting SDGs. Kegiatan ini berlangsung di Aula Prof Fachruddin, Sekolah Pasca Sarjana, Kamis, 1 Agustus 2019.

Acara dibuka oleh Dekan Pasca Sarjana, Prof Ir Jamaluddin Jompa, Ph D. Dalam sambutannya, Prof Jamaluddin menjelaskan bahwa SDGs Center Unhas telah melakukan beberapa kegiatan, untuk penguatan lembaga. SDGs Center di Unhas punya komitmen untuk bisa menjadi titik jejaring di Indonesia Timur.

Untuk mereliasikan komitmen tersebut, SDGs center bekerja bukan hanya dalam lembaga, tetapi merangkul semua unit-unit kampus untuk bisa berkolaborasi untuk penguatan lembaga.

BACA JUGA :   Mahasiswa Magang FKM Unhas Ikut Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Catin di KUA Kecamatan Manggala

“Sebenarnya SDGs Unhas baru dilaunching awal tahun. Untuk itu, jejaring kita perkuat, bukan hanya dari bawah tetapi dari atas juga. Sehingga SDGs Unhas semakin kokoh dan bisa melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai 17 poin pencapain yang diharapkan,” kata guru besar kelautan yang akrab disapa Prof JJ ini.

Launching Pusat Stunting SDGs di Unhas dilakukan oleh Dr Nina Sardjunani, MA. (Team Leader Sekretariat SDGs Bappenas RI). Ia berharap SDGs Center Unhas bisa memaksimalkan peran dalam memenuhi tujuan-tujuan yang telah dirumuskan.

“Saya harap, SDGs Center Unhas bisa menjadi problem solving dalam pembangunan. Apalagi setelah adanya pusat stunting, semoga semakin memperkuat lembaga ini. Saya optimis bisa jadi titik jejaring di Indonesia Timur sesuai apa yang prof JJ sampaikan tadi,” kata Dr Nina.

BACA JUGA :   Mahasiswa Magang PKIP Unhas Ikut Kegiatan Kelas Ibu Balita di Kelurahan SariRejo Kota Semarang

Setelah acara peluncuran Pusat Stunting SDGs, dilanjutkan dengan seminar terkait stunting. Sesi pertama seminar membahas terkait fenomena Stunting dalam perspektif SDGs. Narasumber yang hadir adalah Dr Kirana Pristasi, MQIH (Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI) yang memaparkan tentang “Arah Kebijakan Percepatan Penurunan Stunting di Indonesia”.

Sementara Dr Nina Sardjunani membawakan materi tentang “Peran Universitas dalam Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs) di Indonesia”.  Muh. Yusri Zamhuri, MA, Ph.D yang merupakan pelaksana Direktur SDGs Center Unhas bertindak sebagai moderator.

Kegiatan yang dihadiri oleh lebih dari 60 peserta dari lingkup sivitas akademik unhas serta mahasiswa. (FP)

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA