ADV A1

Gubernur Sulsel Kunker ke PNUP, Dorong PNUP Lakukan Triple Helix

FAJAR Pendidikan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id  – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof Dr Ir H M  Nurdin Abdullah, M Agr., berkesempatan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) sebagai salah satu bentuk perhatian pemerintah Provinsi Sulsel terhadap  pendidikan tinggi khususnya yang berbasis vokasi.

Kunjungan yang diadakan pada Selasa, 12 Maret 2019 ini dipusatkan di auditorium jurusan teknik elektro kampus II PNUP.

Gubernur beserta rombongan diterima langsung oleh direktur, para pembantu direktur, para pejabat struktural, beserta dosen dan ratusan mahasiswa PNUP, serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Direktur PNUP, Ir Muhammad Anshar, M Si., Ph D., mengungkapkan kegembiraannya atas kunjungan Gubernur Sulsel ke kampus II PNUP yang menjadi bukti kepedulian pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sebagai salah satu perpanjangan tangan pemerintah pusat pada peningkatan mutu pendidikan.

Direktur berharap agar kunjungan Gubernur Sulsel ke kampus PNUP dapat dapat memberikan dampak yang positif bagi segenap sivitas akademika PNUP untuk berkontribusi besar pada peningkatan pendidikan vokasi yang diemban PNUP.

BACA JUGA :   Rektor UNM Prof Husain Syam Dorong Dosen Muda Lanjutkan Pendidikan Doktor

Di kesempatan yang sama, Gubernur Sulsel mendorong PNUP sebagai perguruan tinggi berbasis vokasi untuk giat mengembangkan konsep triple helix yang merupakan sinergi kekuatan dari tiga unsur yaitu kalangan pendidik atau akademik, dunia bisnis atau pengusaha, dan pemerintah.

Ketiga kalangan tersebut apabila bersinergi dengan sungguh-sungguh mampu meningkatkan dinamika dan daya kesinambungan ekonomi. Hal ini tentunya akan memperkuat munculnya suatu kondisi di mana akan melahirkan berbagai kebijakan inovasi yang merupakan hasil interaksi antar elemen masyarakat dan bukan lahir hanya sebagai usulan dari pihak pemerintah saja.

“Berbagai peluang selalu terbuka di berbagai sektor industri yang tentunya selalu membutuhkan inovasi teknologi. Peluang itu harus pandai dibaca dan dimanfaatkan oleh para lulusan vokasi,” tutur Nurdin Abdullah.

Pemberian cendera mata kepada Gubernur Sulsel, Prof Dr Ir H M  Nurdin Abdulah, M Agr.[Foto:/Ist.]
Pemberian cendera mata kepada Gubernur Sulsel, Prof Dr Ir H M Nurdin Abdulah, M Agr.[Foto:/Ist.]
Keterlibatan industri, kata mantan Bupati Bantaeng itu, memastikan bahwa penelitian memiliki fokus inovasi yang aplikatif  sehingga memberikan kontribusi untuk memperkuat basis industri negara dimana pemerintah menjamin dan menjaga stabilitas hubungan keduanya dengan regulasi kondusif.

BACA JUGA :   Ketua KPPU RI Bahas Globalisasi dan Ekonomi Digital di Unibos

Dihadapan mahasiswa PNUP, Nurdin Abdullah  berharap agar sebagai generai milenial, mahasiswa mampu berkompetisi di era global. Banyak peluang yang dapat diraih lulusan pendidikan vokasi sehingga rasa optimis harus tetap ditanamkan pada semua lini.

Oleh karena itu, kata Nurdin Abdulah, mahasiswa PNUP sebelum lulus, diharapkan memiliki sertifikat kompetensi. “Karena ke depan dunia kerja tidak akan melihat ijazah saja, tetapi lebih mengutamakan kompetensi bidang apa yang dimiliki,” katanya.

Kunjungan kerja Gubernur Sulsel ke kampus II PNUP diakhiri dengan melakukan kunjungan ke beberapa galeri karya inovasi yang dihasilkan oleh para dosen dan mahasiswa PNUP seperti mesin penetas telur anti gagal, dan lain-lain. (FP)

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI