Doa Memasuki Bulan Rajab, Dibaca Rasulullah SAW Agar Mendapat Keberkahan

FAJAR Pendidikan

Bulan Rajab banyak terjadi peristiwa penting dalam Islam, salah satunya Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Doa masuk bulan Rajab penting untuk diucapkan dan diamalkan agar mendapat keberkahan di bulan ini.

Doa masuk bulan Rajab yang dibaca Rasulullah:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

“Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya‘bâna waballighnâ ramadlânâ.”

Artinya:

“Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan.”

Dalam bulan Rajab, ada peristiwa-peristiwa penting yang harus umat Islam ketahui seperti terjadinya Perang Tabuk, lahirnya Ali bin Abi Thalib, dan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Dikutip dari Ayoindonesia, perang Tabuk adalah sebuah ekspedisi umat islam yang dipimpin Rasulullah pada tahun ke-9 hijriah di bulan Rajab.

BACA JUGA :   Doa Meminta Hujan Berhenti kepada Allah SWT dalam Islam

Perang Tabuk terjadi di wilayah barat laut Arab Saudi tepatnya di Tabuk yang melibatkan pasukan Islam melawan Bizantium. Perang yang terjadi di bulan Rajab ini berakhir damai setelah dibuat perjanjian antara umat Islam pimpinan Rasulullah dengan umat Kristen pimpinan Kaisar Bizantium.

Dalam kalender masehi tahun ini, awal bulan Rajab jatuh pada 2 Februari 2022, namun MUI baru melihat hilal hari ini. Selanjutnya, di bulan Rajab juga lahir seorang sahabat sekaligus menantu Nabi, yakni Ali bin Abi Thalib. Ali bin Abi Tahlib lahir pada 13 Rajab di Mekkah.

BACA JUGA :   Renungan Harian Kristen, Kamis 23 Juni 2022: Allah Sumber Kekuatan dan Penolong Hidup Kita

Ali bin Abi Thalib merupakan sahabat yang paling dicintai Rasulullah SAW. Lalu, di bulan Rajab juga terjadi peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsa di Syam, lalu berlanjut ke langit ke tujuh atau Sidratulmuntaha.

Pada peristiwa Isra Miraj yang terjadi di bulan Rajab Rasulullah SAW mendapat perintah salat lima waktu. Saat memasuki bulan Rajab, Rasulullah juga membaca doa untuk keberkahan di bulan Rajab dan bulan setelahnya.

Demikian doa masuk bulan Rajab yang dibaca Rasulullah SAW.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI