Doa Saat Sakit Hati Karena Cinta, Galau Akan Semakin Ringan dan Menenangkan Hati

Doa Saat Sakit Hati Karena Cinta, Galau Akan Semakin Ringan dan Menenangkan Hati, Sakit hati karena cinta adalah keadaan yang sering di alami oleh manusia karena harapan dan kenyataan kadang tidak sesuai dengan yang terjadi.

Dalam Islam, sejatinya kita diajarkan untuk tidak mencintai sesuatu secara berlebihan. Kecuali kepada Allah SWT semata. Supaya peristiwa patah hati tak terlalu menyakiti diri kita.

Salah satu penggalan ayat kitab suci Alquran berikut ini:

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (QS. Al Baqarah ayat 216).

- Advertisement -

Dilansir dari berbagai sumber berikut ini Doa Saat Sakit Hati

Doa Saat Sakit Hati

  1. Dalam hidup, acap kali peristiwa terjadi tak sesuai dengan yang dibayangkan. Ekspektasi berlebihan juga terkadang membuat sakit hati. Berikut ini doa sakit hati yang pertama yang bisa kita panjatkan:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma inni a’udzu bika minal hammi wal huzni wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasali wa a’udzu bika minal bukhli wal jubni wa a’udzu bika min gholabatid daini wa qohrir rijaal.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hal yang menyedihkan dan menyusahkan, sifat lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan utang dan penindasan orang.”

BACA JUGA:  Kalender Hijriah Bulan November 2022 dan Jadwal Puasa

2. Seperti yang disabdakan Nabi Muhammad SAW berikut ini, bisa menjadi doa sakit hati karena cinta:

Yaa muqallibal quluub tsabbit qalbii ‘alaa diinika.

Artinya: Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu (HR. al-Nasai’).

3. Kecintaan terhadap sesuatu merupakan salah satu kecenderungan diri setiap manusia. Suatu saat, rasa suka itu bisa menimbulkan kesedihan. Akibat hasrat manusia akan kebahagiaan yang terputus di tengah jalan atau justru tidak terpenuhi. Berikut ini doa saat sakit hati ketiga yang bisa dibaca:

أَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma innah tu,minu biliqooika watardho biqodoika wataqna’u bi’athoika.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.”

4 Bersikap sabar dan tidak berputus asa atas segala musibah. Baik karena suatu peristiwa kelam atau akibat sakit hati. Di balik itu, kita bisa mengharapkan pahala atas musibah yang menimpa. Berikut ini doa saat sakit hati keempat yang bisa dipanjatkan:

Rasulullah SAW dalam sabdanya, “Apabila kamu diberi musibah oleh Allah, maka ucapkanlah doa

“Allahumma ajirni fi mushibati wa akhlifha khairan minha

Ya Allah berilah aku pahala dalam musibah ini, dan gantikanlah bagiku dengan sesuatu yang lebih baik daripadanya.” (HR Muslim, Ibnu Majah, Malik, dan Ahmad bin Hanbal).

BACA JUGA:  Renungan Harian Katolik Selasa 22 November 2022: Tidak ada Satu Batu pun akan Dibiarkan Terletak di atas Batu yang lain

5. Salah satu doa Nabi Musa AS yang meminta kemudahan kepada Allah SWT. Sekiranya dapat membantu diri kita menjadi lebih tenang saat memanjatkan doa sakit hati karena cinta, yang dinukil dari penggalan ayat dari surah di Alquran berikut ini:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbish rahli sadri Wayassirli amri Wahlul uqdatam millisani Yafqahu qauli

Artinya: “Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku.” (QS. Thaha Ayat 25-28)

Zikir Saat Sakit Hati

Selain memanjatkan doa saat sakit hati, alangkah baiknya kita sempurnakan sebelumnya dengan zikir. Seperti diketahui, rangkaian memohon kepada Allah akan lebih baik jika diawali dengan zikir dan bershalawat.

Allah SWT berfirman dalam kitab suci Alquran: “Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (QS. Ar-Ra’du: 28)

Zikir yang disukai Allah SWT yang bisa Anda baca berulang-ulang, bahkan mungkin sampai 100 kali yakni:

SUBHANALLAH. WALHAMDULILLAH.WA LA ILAHA ILLALLAH. ALLAHU AKBAR.

Artinya: “Maha Suci Allah, dan Segala Puji Bagi-Nya, dan Tiada Tuhan Selain Allah, Allah Yang Maha Besar”.

Bagikan

BACA JUGA:

Tausiyah Jumat Berhijrah Sepanjang Waktu oleh Drs. KH. Syarifuddin Mahfudz. MSi

Dipilihnya hijrah Nabi Muhammad saw dari Mekah ke Madinah sebagai awal kalender Islam oleh Khalifah Umar bin Khattab ra dengan persetujuan para sahabat senior,...

Perbedaan Nabi Dan Rasul Lengkap Pengertiannya

Perbedaan Nabi Dan Rasul Lengkap Pengertiannya, Nabi adalah seorang hamba Allah SWT yang diberikan wahyu oleh Allah SWT namun tidak untuk diberitahukan kepada kaumnya...

Niat Mandi Wajib Pria dan Artinya Lengkap Tata Cara Mandi yang Benar

Niat Mandi Wajib Pria dan Artinya Lengkap Tata Cara Mandi yang Benar. Niat mandi wajib pria wajib diketahui umat muslim agar dapat kembali melaksanakan...

Bacaan Niat Umrah, Rukun, Syarat, Hukum dan Tata Cara Umrah 

Bacaan Niat Umrah, Rukun, Syarat, Hukum dan Tata Cara Umrah ibadah umrah pada tahun ini kembali dibuka untuk umum. Tentunya, ini merupakan kabar gembira...

Renungan Harian Kristen, Senin 17 Oktober 2022: Kunci bagi Pekerjaan Tuhan yang Lebih Besar

Renungan Harian Kristen hari ini, Senin 17 Oktober 2022 berjudul: “Kunci bagi Pekerjaan Tuhan yang Lebih Besar”. Bacaan untuk Renungan harian Kristen hari ini diambil...

POPULER