Doa untuk Ibu yang Sudah Meninggal, Lengkap Beserta Artinya

FAJAR Pendidikan

Doa untuk Ibu yang Sudah Meninggal, Lengkap Beserta Artinya. Doa untuk ibu yang sudah meninggal merupakan satu di antara bentuk kewajiban seorang anak sebagai bentuk berbakti terhadap sosoknya. Hanya doa dari anak saleh dan salihah yang masih terus mengalir, meski ibu telah meninggal dunia.

Maka itu, bagi seorang anak penting mengetahui bacaan doa untuk ibu yang sudah meninggal. Bagaimana lafal doa untuk ibu yang sudah meninggal?

Berikut ini bacaan doa untuk ibu yang telah meninggal, seperti dilansir dari laman NU Online dan Bola.com.

Keutamaan Berbakti kepada Orang Tua

Selain doa, penting bagi seorang anak mengetahui keutamaan berbakti kepada kedua orang tua, terutama terhadap sosok ibu. Memanjatkan doa untuk ibu yang sudah meninggal tidak hanya baik bagi pihak bersangkutan.

Bagi anak, terdapat sejumlah keutamaan yang dapat diperoleh dengan rutin melafalkan doa untuk ibu yang sudah meninggal dunia. Berikut ini keutamaan membaca doa untuk ibu yang sudah meninggal dunia:

Membuka Pintu Surga

Keutamaan dari memanjatkan doa untuk ibu yang sudah meninggal adalah terbukanya pintu surga. Di antara banyaknya pintu surga yang bisa dilewati umat Islam, satu di antara pintu yang paling utama yakni berasal dari orang tua.

BACA JUGA :   Ketentuan Kurban yang Benar, Tidak Boleh Berkurban dengan Binatang Ini!

Anak yang saleh senantiasa memiliki kesempatan untuk memasuki surga saat patuh dan berbakti kepada orang tua. Memanjatkan doa untuk ibu yang sudah meninggal juga merupakan satu di antara pembuka pintu surga. Sebagaimana dalam hadis berikut:

“Orang tua adalah pintu surga yang paling baik. Kalian bisa sia-siakan pintu itu atau kalian bisa menjaganya.” (HR. Tirmidzi)

Cara Berbakti kepada Ibu yang Telah Meninggal

Meski ibu telah dipanggil ke pangkuan Allah SWT, sebagai anak dapat memanjatkan doa untuk ibu yang sudah meninggal secara rutin. Dengan begitu, kita tetap akan berbakti kepada ibu hingga akhir hayat.

Ada beberapa cara bagi anak untuk terus berbakti kepada orang tua atau ibu yang sudah meninggal. Selain rutin memanjatkan doa untuk ibu yang sudah meninggal, cara lainnya juga dapat membuat hidup anak menjadi lebih damai dan tenang.

Ada pun cara berbakti kepada ibu yang telah meninggal, sebagai berikut:

  • Memintakan ampunan kepada Allah SWT atas dosa dan segala perbuatan ibu semasa hidup.
  • Melaksanakan janji yang telah diucapkan oleh ibu dan senantiasa menjaga kehormatannya.
  • Menyambung tali silaturahmi dengan kerabat atau teman-teman ibu semasa hidup, pahala pun senantiasa akan terus mengalir.
  • Menghormati teman ibu sebagaimana beliau menjaga nama baik keluarga dan diri sendiri saat bersilaturahmi.
BACA JUGA :   Syarat Kurban Sesuai Syariat Islam, Kapan Dikatakan Sah?
Doa untuk Ibu yang Sudah Meninggal

Bacaan doa untuk ibu yang telah meninggal dunia:

Rabbighfirli wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira.

Artinya:

“Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.”

Setelah membaca doa tersebut dilanjutkan membaca doa berikut ini:

Rabbana atina fid dunia hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina ‘adzaban nar. Subhana rabbika rabbil ‘izzati ‘an ma yashifuna, wa salamun ‘alal mursalina, wa shallallahu ‘ala sayyidina Muhammadin, wa ‘ala alihi, wa shahbihi, wa sallama, wal hamdulillahi rabbil ‘alamin. Al-Fatihah.

Artinya:

“Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungi kami dari siksa api neraka. Maha Suci Tuhanmu, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul. Semoga Allah melimpahkan selawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.”

Ditambah dengan membaca lafal Q.S Al Fatihah.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI