Doa Untuk Pengantin Agar Pernikahan Berkah dan Langgeng Seumur Hidup

FAJAR Pendidikan

Doa Untuk Pengantin Agar Pernikahan Berkah dan Langgeng Seumur Hidup, Menikah adalah ibadah terpanjang yang dijuluki sebagai penyempurna agama dalam Islam.

Ibadah yang merupakah ibadah terpanjang tersebut tentu bukan sebagai kegiatan semata-mata hanya menyatuka dua insan yang berbeda menjadi sepasang suami dan istri. Tapi tentang menyatukan dua pandangan yang berbeda menjadi satu.

Doa untuk pengantin baru merupakan harapan dan permohonan agar pernikahan keduanya selalu diliputi berkah oleh Allah. Berikut doa yang dilansir dari laman Hot.liputan6.com Doa Untuk Pengantin Agar Pernikahan Berkah dan Langgeng Seumur Hidup

Hukum menikah dalam Islam

Hukum menikah dalam Islam bisa menjadi sunah, makruh, mubah, bahkan haram tergantung dengan kondisinya. Secara umum, hukum menikah adalah sunah.Orang yang menikah akan mendapat pahala, tapi jika tidak melakukannya pun tidak akan mendatangkan dosa. Sebagaimana hadis Nabi Muhammad saw yang artinya sebagai berikut:

“ Wahai para pemuda! Barangsiapa di antara kalian berkemampuan untuk nikah, maka nikahlah, karena nikah itu lebih menundukkan pandangan, dan lebih membentengi farji (kemaluan). Dan barangsiapa yang tidak mampu, maka hendaklah ia puasa, karena puasa itu dapat membentengi dirinya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA :   Kisah Hasan Outtara Presiden Negara Pantai Gading di Afrika Barat

Pernikahan menjadi wajib hukumnya jika seseorang telah mampu berumah tangga baik secara fisik, mental, maupun finansial. Pernikahan juga wajib jika seseorang sulit menghindari zina. Pernikahan akan berhukum mubah jika seseorang menikah tidak dengan tujuan membina rumah tangga sesuai syariah, melainkan hanya untuk memenuhi syahwat.

Menikah bisa makruh hukumnya jika seseorang tidak ingin menikah karena alasan penyakit atau watak. Menikah juga makruh jika laki-laki tidak mampu menafkahi istri. Dan menikah bisa haram hukumnya jika seseorang tidak mampu bertanggung jawab untuk membangun rumah tangga. Menikah juga haram jika dilakukan dengan maksud menyiksa atau menelantarkan pasangannya. Pernikahan kontrak, sedarah, beda agama, dan kondisi khusus sejenisnya juga haram dilakukan.

Doa Untuk Pengantin Agar Pernikahan Berkah dan Langgeng Seumur Hidup
Doa Untuk Pengantin Agar Pernikahan Berkah dan Langgeng Seumur Hidup
Doa untuk pengantin baru
Berikut doa yang bisa dibaca ketika menghadiri undangan pernikahan:

Baarakallahu laka wa jama’a bainakuma fi khairin. Baarakallahu likulli wahidin minkuma fi shahibihi wa jama’a bainakuma fi khairin.

Artinya: “Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.”

Ketika berjabat tangan dengan pengantin, kamu bisa membaca doa:

BACA JUGA :   Kebangkitan dan jati diri Umat

“Baarakallahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khair”

Artinya: “Semoga Allah memberkahi engkau dalam segala hal (yang baik) dan mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan.”

Doa yang dibaca pengantin

Bagi mempelai pengantin juga perlu mengucapkan doa sebagai rasa syukur karena diberi kesempatan untuk menyempurnakan ibadahnya. Doa ini dianjurkan dibaca oleh pengantin laki-laki sambil memegang ubun-ubun mempelai perempuan setelah akad nikah. Berikut doanya:

Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.

Artinya: ” Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.

Doa untuk pengantin baru setelah akad nikah ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW:

” Jika dari kalian menikahi seorang wanita, maka ucapkanlah: ‘Ya Allah sungguh aku meminta kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan yang Engkau ciptakan atasnya dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan apa yang Enkau ciptakan atasnya’. Dan bila seseorang membeli unta, maka peganglah ubun-ubunnya dan ucapkanlah seperti itu.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah)

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI