Rabu, April 21, 2021

Dongkelor Dipilih Menjadi Program Unggulan Bappeda Kota Makassar

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Inovasi Dongkelor atau akronim Dongeng Keliling Online dari Rumah Dinas Perpustakaan Kota Makassar dipilih untuk mewakili Kota Makassar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) yang dilaksanakan oleh Direktorat Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Daerah Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Bappenas Tahun 2021.

“Ada dua inovasi unggulan yang dipilih untuk mengikuti penilaian PPD. Selain Dongkelor, ada juga Si BASO atau akronim Siswa Bebas Asap Rokok dari Dinas Kesehatan,” ungkap Kepala Seksi Bappeda, Robbi Taftazani. Rabu (27/01).

Sebelumnya Kabid Perencanaan dan Pengendalian, Anwar telah meminta proposal Dongkelor dan menyampaikan bahwa Dongkelor dipilih karena dinilai telah berhasil dan sudah memperoleh penghargaan di tingkat Nasional.

Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) yang dilaksananakan oleh Bappenas sejak tahun 2018 sebagai upaya mendorong daerah untuk melakukan perencanaan secara komprehensif dan terukur serta mendorong pemerintah daerah untuk berinovasi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.

Tahun sebelumnya Dinas Perpustakaan Kota Makassar juga dipilih oleh Bappeda Kota Makassar untuk inovasi Dongkel with Mobile Library dan Sentuh Pustaka yang akhirnya mengantarkan Pemerintah Kota Makassar masuk tiga besar terbaik PPD untuk tingkat Kota Tahun 2019 dan memperoleh Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah Pusat.

Dinas Perpustakaan Kota Makassar ditengah keterbatasan sarana dan prasarana terus berupaya mempersembahkan yang terbaik untuk Pemerintah Kota Makassar dan masyarakat.

Inovasi Dongkelor atau akronim dari Dongeng Keliling Online dari Rumah yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan Kota Makassar di era teknologi informasi dan ditengah pandemi covid-19 memberi banyak manfaat diantaranya.

Meningkatkan pembudayaan kegemaran membaca sejak dini melalui aktifitas dongeng, Mengedukasi anak-anak untuk tetap tinggal di rumah dan memahami bahaya Covid-19 dengan menanamkan kebiasaan menerapkan protokol kesehatan, Menjadi wadah kreatifitas para pendongeng di Kota Makassar, Melestarikan cerita rakyat dan Menanamkan pendidikan karakter kepada anak-anak melalui pesan moral dari sebuah dongeng/ cerita serta berkonstribusi atas konten positif bagi anak di media sosial.

Inovasi Dongkelor atau akronim dari Dongeng Keliling Online merupakan inovasi dengan pendekatan strategis Tematik, Holistik, Integratif dan Spasial (THIS).

Pendekatan tersebut akan mewujudkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) seutuhnya dengan pembekalan literasi dan penguatan karakter yang kuat sejak dini kepada anak-anak melalui aktifitas dongeng.(*)

Kunjungi dan saksikan dongkelor di channel YouTube Dongkel Perpusling : https://youtube.com/channel/UC0irPKWrXrNqhzvrRGaFWnw
DONGKELOR ditetapkan sebagai 21 Top Inovasi Pelayanan Publik Nasional Penanganan Covid-19 oleh Kemenpan-RB Tahun 2020. Link pengumuman dapat disaksikan di : https://youtu.be/le4xt9o-cJI

RAMADAN KEREN

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Polsek Urban Pitumpanua Kembali Bubarkan Balapan Liar

Wajo, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Personil Polsek urban Pitumpanua bubarkan balapan liar dilaksanakan anak muda dikaluku desa lauwa kecamatan Pitumpanua dijalan Poros Sengkang-siwa, Selasa (20/4/2021).

Segar Buat Buka Puasa, Ini Resep Praktis Es Pisang Ijo yang Yummy!

Untuk mendapatkan adonan es pisang ijo yang mantap dengan rasa yang premium, lebih baik gunakan pewarna makanan alami seperti daun suji dan...

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Selasa 20 April 2021

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Jadwal buka puasa merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan dari rutinitas puasa bagi umat Islam. Umat Islam yang menyegerakan...

Keutamaan Pahala Berpuasa

FAJARPENDIDIKAN.co.id- Bulan Ramadan merupakan puasa yang dilaksanakan pada bulan Ramadan yang jumlah harinya antara 29 dan 30 hari. Menurut ajaran islam, puasa di bulan Ramadan dapat...

Doa Buka Puasa yang Benar

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 183: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ...

REKOMENDASI