- Advertisement -

Download Firmware SM-G950U dan Cara Flashing Samsung Galaxy S8

Artikel ini berisi cara download firmware SM-G950U dan cara flashing Samsung Galaxy S8 dengan mudah.

Firmware SM-G950U adalah sebuah perangkat lunak yang terdapat pada Samsung Galaxy S8. Ini adalah sejenis jembatan yang menghubungkan antara software dengan hardware. Ada yang mengatakan bahwa firmware juga termasuk software, namun sebenarnya tidak.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Firmware dianggap lebih penting karena fungsinya sebagai otak utama. Tanpanya, sebuah perangkat lunak tidak dapat dioperasikan. Atau paling tidak, fungsi dari hardware tidaklah maksimal. Sederhananya, fungsi firmware adalah untuk membantu komunikasi software dengan hardware.

Saking penting fungsinya, firmware biasanya disimpan dalam ROM. Ini dilakukan supaya ketika terjadi kesalahan penghapusan, file tersebut tidak ikut terhapus. Perangkat ini dapat beroperasi dengan baik meskipun tanpa adanya API atau OS.

Jika performa HP Samsung ingin selalu baik dan lancar, maka kamu wajib memperbarui Firmware SM-G950U. Pada umumnya, perangkat secara otomatis melakukan update jika ada pembaruan. Namun tidak menutup kemungkinan gagal sehingga harus dilakukan manual.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Salah satu faktor kegagalan yakni karena koneksi yang tidak lancar ketika update. Meski manual, namun caranya tetap mudah. Silahkan menuju ke menu pengaturan, kemudian pilih menu Tentang Telepon. Di sana akan ada notifikasi jika ada pembaruan sistem.

BACA JUGA:  Download Nada Dering iPhone 8, Keren dan Lucu

Download Firmware SM-G950U

Jika memang tidak ada notifikasi update pada perangkat, sedangkan firmware sudah ada versi terbarunya, maka kamu bisa melakukannya dengan cara lain. Namun sebelumnya, kamu harus memiliki file nya terlebih dahulu.

Download firmware Samsung bisa langsung ke situs resminya. Namun karena ada banyak jenis dan versi, mungkin kamu bingung mencari salah satunya. Maka dari itu, kami telah menyediakan link download Firmware SM-G950U berikut ini.

  • Model: SM-G781U
  • Versi: Android 12
  • Tanggal Rilis: 01-12-2019
  • Link Download: Di sini

Cara Flashing Samsung Galaxy S8

Ketika HP tidak dalam performa yang baik, langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah update patch sistemnya. Jika memang tidak ada update terbaru, langkah terakhir yakni dengan flashing untuk mengembalikan performa nya.

Cara ini juga sering dilakukan ketika HP mengalami stuck logo, aplikasi sering close force, dan akun Gmail yang lupa password. Sebenarnya kamu bisa menggunakan cara lain, yaitu wipe data factory reset dengan mengembalikan pada pengaturan pabrik.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Sayangnya, tidak semua versi HP bisa menggunakan cara tersebut. Tidak menutup kemungkinan kamu juga mengalaminya pada Samsung Galaxy S8. Daripada harus membawanya ke konter atau tukang servis, lebih baik melakukannya sendiri.

BACA JUGA:  Begini Cara Instal Fouad WhatsApp 2023

Namun sebelumnya, kamu butuh perangkat komputer sebagai syarat utama flashing. Selain itu, perlu juga software Odin yang sudah terpasang di PC. Setelah semua tools dan file Firmware SM-G950U lengkap, silahkan ikuti cara berikut.

  • Matikan HP dengan cara tekan dan tahan tombol power.
  • Pastikan ponsel tidak aktif, kemudian tekan kombinasi tombol Volume Down + Home + Power secara bersamaan.
  • Sambungkan HP dan komputer dengan kabel data. Usahakan menggunakan kabel data bawaan Samsung untuk hasil lebih optimal.
  • Buka aplikasi Odin yang sebelumnya diinstal.
  • Tunggu hingga perangkat terdeteksi, biasanya ada tanda kotak biru. 
  • Masukkan file firmware tadi pada kolom PDA / AP.
  • Biarkan setingan default, jangan centang kotak apapun.
  • Setelah itu, silahkan klik Start untuk memulai proses. Normal waktu yang dibutuhkan untuk flashing sekitar 10 hingga 15 menit.

Penutup

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Firmware SM-G950U yang merupakan perangkat lunak utama dari Samsung Galaxy S8. Karena fungsinya sangat penting, kamu wajib update secara berkala jika ada pembaruan dari sistem yang ada di pengaturan. 

Bagikan

BACA JUGA:

Alessandro Volta Penemu Baterai pada Tahun 1779

Alessandro Volta merupakan seorang fisikawan Italia yang berhasil menemukan baterai pada tahun 1779. Penemuan baterai modern miliknya berawal dari ide menumpuk dua jenis logam,...

Google Dulu Bernama Backrub, Mesin Pencari Paling Dibutuhkan Manusia

Menunjukkan mesin pencarian yang diandalkan banyak orang ini telah bertahan dengan segalah kecanggiannya yang sangat menudahkan penggunanya. Hampir semua informasi di dunia dapat diakses melalui...

Link Download Akun Premium Freepik GRATIS, Khusus Editor

Bagi anda yang berprofesi sebagai design grafis, sangat penting untuk memiliki akun premium freepik. Dengan akun premium ini, kerja kalian dalam bidang design grafis...

Tips Memilih Apple iMac, Ketahui Ini Sebelum Membeli

Apple iMac adalah komputer keluaran Apple dengan sistem all in one yang langsung siap digunakan. Berbeda dengan laptop Mac (Macbook), iMac adalah set komputer....

Harga Vivo V23 5G Terbaru, Dilengkapi 2 Kamera Selfie dan Body Bisa Berubah

Di Indonesia, Vivo V23 5G hadir dalam satu varian, yakni dengan konfigurasi memori RAM 8GB dan ROM 128GB. Ketahui spesifikasi dan harga Vivo V23...

POPULER