FKM Unhas Gelar Seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi

FAJAR Pendidikan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menyelenggarakan seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Sabtu, 9 Maret 2019 di Ruang Kandouw FKM Unhas.

Pilmapres adalah program tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Dan pada tahun ini Pilmapres mengangkat tema “Sustainable Development Goals”.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FKM Unhas, Prof Sukri Palutturi, SKM., M Kes., MSc PH, PhD., dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari Pilmapres ini secara umum yaitu, memilih dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang meraih prestasi tinggi dalam kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

“Memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler sebagai wahana menyinergikan hard skills dan soft skills mahasiswa dan mendorong sivitas akademika Unhas untuk mengembangkan budaya akademik yang dapat memfasilitasi mahasiswa mencapai prestasi yang membanggakan secara berkesinambungan,” terangnya.

BACA JUGA :   Mahasiswa Magang Promosi Kesehatan Unhas Ikuti Pembinaan Kader Kesehatan Remaja

Seleksi pemilihan mahasiswa berprestasi FKM Unhas.[Foto:/Ist.]
Seleksi pemilihan mahasiswa berprestasi FKM Unhas.[Foto:/Ist.]
Persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh peserta sebagai kelengkapan Pilmapres, yaitu:

  1. Warga Negara Republik Indonesia.
  2. Terdaftar di PD-Dikti dan aktif sebagai mahasiswa program Sarjana maksimal semester VI.
  3. Peserta berusia tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Januari 2019 yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  4. Indeks Prestasi Kumulatif (IP seluruh matakuliah yang lulus) rata-rata minimal 3,00.
  5. Surat Pengantar dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yang menyatakan bahwa mahasiswa yang diusulkan adalah pemenang pertama, kedua, dan ketiga hasil seleksi Pilmapres tingkat fakultas.
  6. Belum pernah menjadi finalis Pilmapres tingkat Unhas pada tahun-tahun sebelumnya.

Sementara persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh peserta Pilmapres, yang akan dinilai oleh tim juri sesuai dengan prestasi calon Mapres, yaitu:

  1. Rekapitulasi Indeks Prestasi per semester.
  2. Karya Tulis Ilmiah yang ditulis dalam bahasa Indonesia baku.
  3. Ringkasan (bukan abstrak) yang ditulis dalam bahasa Inggris/bahasa asing (PBB) lainnya.
  4. Sepuluh prestasi/kemampuan yang diunggulkan, dilengkapi dengan dokumen pendukung sebagai bukti.
BACA JUGA :   Fakultas Ilmu Pendidikan UNM Gelar Webinar Sosialisasi Pencegahan Pelecehan

Terdapat 10 mahasiswa yang akan diseleksi dalam proses Pilmapres ini yaitu, Andi Rifdah Amir, Sri Indi Rahmadanti Haryono, Mochammad Al Anugerah, Muh. Fathur Rahman MT. H, Nuraenun Lukman, Meilinda Risnur, Patresia Batti, Nur Pratami, Febiyanti Afitia Rohman dan Nurul Anniza Putri Hanz.

Sementara yang menjadi tim juri yakni, Dr Syamsuar Manyullei, SKM., M Kes., MSc PH; Andi Wahyuni, SKM., M Kes., dan Muhammad Rachmat, SKM., M Kes.

Para dewan juri secara bergantian memberikan respon dan umpan balik kepada setiap presentasi yang dilakukan oleh mahasiswa. Sampai berita ini diturunkan, proses seleksi masih berjalan. Mereka yang terpilih masuk tiga besar akan mengikuti proses seleksi tingkat universitas yang akan dijadwalkan pada tanggal 25-29 Maret 2019 mendatang.(*)

Bagikan:

REKOMENDASI UNTUK ANDA