FKM Unhas Gelar Yudisium dan Pelepasan Alumni Periode Juli 2021

spot_imgspot_img

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) kembali melakukan yudisium untuk periode Juli 2021 Tahap I tahun akademik 2021/2022 yang digelar secara daring.

Yudisium yang yang dilaksanakan pada Senin, 26 Juli 2021 diikuti sebanyak 36 orang terdiri dari 19 orang dari program Studi S1 Kesehatan masyarakat, 1 orang dari S1 Program Studi Ilmu Gizi,  10 orang dari S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, 5 orang dari S2 Administrasi Rumah Sakit dan 1 orang dari S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Kegiatan Yudisium dipusatkan di Ruang Prof. Nur Nasri Nur FKM Unhas secara terbatas dan seluruh peserta yudisium diikuti secara daring.

Dalam laporannya, Ansariadi, SKM, MSc.PH, PhD, sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Inovasi FKM Unhas mengatakan bahwa predikat kelulusan bagi mahasiswa S1 baik Program Studi Kesehatan Masyarakat maupun Program Studi Ilmu Gizi yaitu Sangat Memuaskan.

Sementara predikat kelulusan untuk Program S2 baik S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat maupun Program Studi S2 Administrasi Rumah Sakit yaitu dengan Cumlaude, demikian pula bagi Program Studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat.

“Ini adalah pencapaian yang cukup baik dan perlu dipertahankan ke depan,” kata Ansariadi.

Ketua IKA FKM Unhas, yang diwakili oleh Dr. Arman, SKM, M.Kes., menyampaikan apresiasi kepada Dekan FKM Unhas yang terus berkarya dalam masa pandemi ini.

Baca Juga :   UKM MAPHAN UNM Gelar Lomba Esai Tingkat Nasional di Kegiatan MAPHAN LITERASI 2021

“IKA menyampaikan terima kasih kepada FKM Unhas, dimana saat ini sudah tercatat sekitar 8000 alumni baik yang berasal dari program studi S1, S2 maupun S3. IKA FKM Unhas tentu terus mendukung setiap aktivitas yang dilakukan oleh fakultas,” ungkap Arman.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FKM Unhas, Dr Aminuddin Syam, SKM, MKes., M Med Ed. dalam sambutannya menyampaikan beberapa poin.

Dekan mengatakan bahwa ada tiga modal yang telah dimiliki oleh mahasiswa FKM Unhas dan sebentar lagi akan menjadi alumni, yaitu modal pengetahuan, modal sikap dan modal keterampilan.

Baca Juga :   Vaksin Diwajibkan Bagi Wisudawan Unhas Periode II Tahap 1

Modal ini terangkum ke dalam 144 SK bagi S1, 42 SKS bagi S2 dan siktar 36 SKS bagi S3. “Dengan modal yang dimiliki tersebut, diharapkan mahasiswa menjadi solusi bagi masyarakat, terutama saat ini kita berada dalam masa pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhir,” ungkap Dekan.

Dekan FKM Unhas lebih lanjut mengatakan terdapat beberapa pesan leluhur Bugis Makassar dalam memaknai kehidupan dalam masyarakat yang disampaikan dalam bahasa Bugis.

“Poin diantaranya adalah ingatlah selalu kebaikan orang lain kepadamu, lupakanlah seluruh kejelekan orang lain kepadamu, dan lupakanlah kebaikanmu kepada orang lain.

Baca Juga :   Kuliah Tatap Muka Terbatas di Gelar Unhas dengan Prokes Ketat

Prinsip ini yang perlu menjadi bagian dari sikap sebagai mahasiswa dan alumni FKM Unhas,” katanya.

“Ke depan, tentu mahasiswa akan menghadapi banyak rintangan, baik misalnya saat mendaftar sebagai PNS misalnya yang berkaitan dengan masalah STR, ataukah masalah yang berkaitan dengan jabatan, mutasi, promosi dan sebagainya. Ini tentu kita harus selalu siap,” sambungnya.

Dekan mengingatkan untuk tidak menjadi sombong di tengah-tengah masyarakat. Miliki prinisp padi yaitu semakin berisi semakin merunduk. Jadilah permata yang memberikan cahaya di tengah-tengah masyarakat.

“Permata itu hadir karena iman dan takwa, pengetahuan yang dimiliki, perbuatan baik dank arena harga diri,” ucapnya.

Dekan FKM unhas menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mengajar dan mendidik sehingga mahasiswa FKM Unhas dapat selesai tepat waktu.

“Kepada para dosen, guru besar, ketua departemen, ketua program studi, kepada BEM FKM Unhas, kepada staf pegawai dan semua pihak yang telah memberikan kontribusi untuk kemajuan FKM Unhas saat ini dan terus di masa mendatang.

Semoga ini semua menjadi amal jariah dan menjadi pemberat timbangan pahala di akhirat kelak nanti, aaminn YRA,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI