- Advertisement -

Gambar Siklus Hidrologi, Tahap dan Pengertiannya

Siklus Hidrologi berkaitan dengan cuaca, iklim, dan ilmu meteorologi.

Siklus hidrologi atau siklus air adalah pergerakan air yang teratur dari lautan ke udara, lalu ke tanah, dan mengalir ke laut. Siklus ini memiliki peran yang penting dalam kehidupan di bumi. Berikut Gambar Siklus Hidrologi.

Nah, untuk lebih memahami mengenai siklus hidrolgi, di bawah ini telah kami rangkumkan beberapa pendapat ahli mengenai siklus ini.

Gambar Siklus Hidrologi

Gambar Siklus Hidrologi
Gambar Siklus Hidrologi

1. Evaporasi

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Tahap pertama dalam siklus air adalah evaporasi. Proses penguapan air dari tubuh-tubuh air, seperti laut, danau, dan sungai yang diakibatkan oleh pemanasan sinar matahari. Air yang menguap akan naik ke langit dan berubah menjadi gas (awan) ke atmosfer..

Tahap ini sangat dipengaruhi sinar matahari. Makin terik,  maka semakin besar juga molekul air yang terangkat. Penguapan atau evaporasi terjadi karena perubahan molekul cair menjadi molekul gas, maka air berubah menjadi uap.

2. Transpirasi

Transpirasi merupakan penguapan air dari permukaan tumbuhan. Tumbuhan akan mengeluarkan uap H2O dan CO2 pada siang yang panas dan transpirasi berlangsung melalui pori-pori daun yang berhubungan dengan udara.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Transpirasi dipengaruhi oleh suhu, pergerakan angin, kelembaban udara, kelembaban tanah, dan jenis tumbuhan.

3. Sublimasi

Sublimasi adalah peristiwa perubahan es menjadi uap air tanpa menjadi zat cair terlebih dahulu. Tahap ini terjadi hanya terjadi wilayah kutub, baik kutub utara dan selatan, serta wilayah yang banyak terdapat lapisan es.

BACA JUGA:  Gerak Endonom Lengkap Penjelasan dari Esionom, Higroskopis dan Contohnya

Hal ini mengakibatkan es yang merupakan bentuk padat dari air, menguap dan berubah menjadi awan.

4. Intersepsi

Pada Proses intersepsi, air hujan akan tertahan pada tanaman untuk kemudian terevaporasi kembali ke atmosfer. Pada siklus hidrologi memungkinkan air untuk kembali ke atas tergantung dengan kemampuan setiap pohon dari jenis daun, kerapatan daun, lebar tajuk, dan batang.

5. Kondensasi

Kondensasi adalah perubahan wujud dari gas ke cair. Proses kondensasi terjadi apabila uap air di udara melalui permukaan yang lebih dingin dari titik embun uap air, contohnya embun di pagi hari. Siklus hidrologi satu, terjadi karena perubahan wujud uap air menjadi titik-titik air di atmosfer, sehingga membentuk awan.

6. Adveksi

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Adveksi merupakan proses pengangkutan secara horizontal berupa panas, kelembapan, dan salinitas dari permukaan laut yang mengalami penguapan. Pada siklus hidrologi pada siklus Hidrologi adalah butiran air yang berbentuk awan bergerak secara horizontal dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Hal tersebut juga dibantu karena pengaruh angin yang berhembus.

7. Presipitasi

Presipitasi adalah proses jatuhnya segala materi yang dicurahkan dari atmosfer ke permukaan bumi dalam bentuk cair (hujan). Bukan hanya hujan, pada daerah yang bersuhu rendah, presipitasi juga bisa menurunkan air padat berupa salju.

BACA JUGA:  Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 3 Halaman 146 148 149 150 Pembelajaran 6

Terjadinya proses presipitasi dimulai saat awan mencair akibat pengaruh suhu udara yang tinggi. Pada proses presipitasi, hujan akan terjadi. Butiran-butiran air jatuh dan membasahi permukaan bumi.

Apabila suhu udara di sekitar awan terlalu rendah hingga mencapai nol derajat Celcius, proses presipitasi berpotensi menghasilkan salju. Awan yang mengandung banyak air akan turun ke litosfer dalam bentuk butiran salju tipis, seperti pada daerah iklim sub tropis.

8. Run Off

Run off yaitu air limpasan yang berasal dari air hujan yang mengalir di atas permukaan tanah. Air hujan yang mengalir tersebut mengalir dari hulu menuju hilir yang kemudian bermuara di sungai, danau, maupun laut.

Run off terjadi karena curah hujan yang mengalir didalam air sungai akibat adanya gaya grafitasi. Pada awalnya aliran air/sungai terjadi karena air mengalir mengikuti retakan-retakan yang ada pada daerah sekitar sungai.

Sehingga pada awalnya daerah tersebut bukan merupakan daerah aliran sungai menjadi sebuah sungai-sungai kecil karena terjadi proses pelapukan, erosi, pelapukan tanah dan sebagainya.

9. Infiltrasi

infiltrasi adalah proses mengalirnya air dari atas permukaan tanah ke bawah permukaan. Infiltrasi bisa juga dijelaskan sebagai peristiwa masuknya air ke dalam permukaan tanah. Oleh karena itu, infiltrasi menjadi sumber kelembapan tanah yang berguna bagi pertumbuhan tanaman sekaligus pemasok air tanah.

Bagikan

BACA JUGA:

Atmosfer: Pengertian, Fungsi dan Lapisan-lapisannya

Langit atau atmosfer punya berbagai fungsi yang menjaga kehidupan di bumi. Di atmosfer, hujan terbentuk sehingga kita punya air. Di atmosfer juga, panas dari...

Rubik – Pengertian, Notasi, Bagian-Bagian, Rumus dan Penjelasaannya

Rubik - Pengertian, Notasi, Bagian-Bagian, Rumus dan Penjelasaannya, Rubik adalah salah satu permainan yang bisa digunakan untuk melatih kecerdasan otak sehingga pada saat bermain...

5 Soal Dan Jawaban Tentang Hindu Budha Di Indonesia

Soal Dan Jawaban Tentang Hindu Budha Di Indonesia, pembahasan tentang contoh soal pelajaran sejarah sebagai berikut di bawah ini. Pada contoh soal-soal sejarah di bawah...

Jenis-Jenis Kata Ganti Lengkap Pengertian, Ciri-Ciri dan Contoh Kata Ganti

Jenis-Jenis Kata Ganti Lengkap Pengertian, Ciri-Ciri dan Contoh Kata Ganti, Kata ganti adalah kata yang digunakan sebagai pengganti subyek atau obyek yang berupa orang dan...

Teori Atom Dalton, Thomson, Rutherford, Niels Bohr & Mekanika Kuantum

DALAM ilmu kimia dan fisika, teori atom adalah teori ilmiah terkait sifat alamiah materi yang menyatakan bahwa materi tersusun atas unit terkecil yang disebut...

POPULER

7 Hal Menarik dari Pria, Bisa Membuat Wanita Tertarik

Pria tak seharusnya berpikir ribet soal gimana caranya PDKT pada perempuan. Hal-hal sederhana dan terlihat biasa berikut justru yang bikin wanita tertarik pada Anda. Apa sih yang...