Lindungi Diri dari Godaan Jin Qorin, Berikut Cara dan Penjelasannya

Percayakah anda bahwa, ada alam lain, selain alam dunia. Yaitu alam ghaib. Bagi ummat Islam, sebahagian besar, percaya, karena disebutkan di dalam Al-Qur’an. Bagi yang tidak percaya, itu karena mereka tidak faham, dan mungkin tidak pernah membaca terjemahan Al-Qur’an, atau tidak pernah mendengar ceramah-ceramah dari ulama tentang hal tersebut.

Di alam ghaib, dihuni mahluk yang namanya JIN. Ada jin yang jahat, bila menyentuh manusia, biasanya manusia itu sakit. Dan ada jin yang baik, yang biasanya menolong dan bisa melindungi manusia dari ancaman-ancaman yang bakal menjerumuskan manusia tersebut. Salah satunya bernama jin Qarin.

Jin jin ini menolong, atau merusak seseorang, tanpa diketahui oleh yang bersangkutan. Karena orang tersebut tidak melihat si jin. Sedangkan jin, melihatnya. Namun ada orang yang memiliki indera keenam, bisa melihat jin. Orang ini tentunya, memiliki keistimewaan. Karena sangat jarang orang yang bisa seperti itu.

- Iklan -

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ما منكم من أحد إلاوقد وكل به قرينه من الجن

“Setiap orang di antara kalian telah diutus untuknya seorang qorin (pendamping) dari golongan jin.” (HR. Muslim)

- Iklan -
Baca Juga:  Usia Hewan yang Akan Dikurbankan

Imam An-Nawawi mengatakan,

“Dalam hadis ini terdapat peringatan keras terhadap godaan jin qorin dan bisikannya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi tahu bahwa dia bersama kita, agar kita selalu waspada sebisa mungkin. (Syarh Shahih Muslim, 17:158)

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Munajid menjelaskan,

- Iklan -

“Berdasarkan perenungan terhadap berbagai dalil dari Alquran dan sunah dapat disimpulkan bahwa tidak ada tugas bagi jin qorin selain menyesatkan, mengganggu, dan membisikkan was-was. Godaan jin qorin ini akan semakin melemah, sebanding dengan kekuatan iman pada diri seseorang.”
(Fatawa Islam, tanya jawab, no. 149459)

Apakah qorin juga menyertai manusia setelah dia meninggal?

  • Syaikh Ibnu Utsaimin menjelaskan,

“Apakah qorin ini akan terus menyertai manusia, sampai menemaninya di kuburan? jawabnya, Tidak. Zahir hadis –Allahu a’lam– menunjukkan bahwa dengan berakhirnya usia manusia, maka jin ini akan meninggalkannya. Karena tugas yang dia emban telah berakhir. Ketika manusia mati maka akan terputus semua amalnya, kecuali tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang mendoakannya. (HR. Muslim). (Majmu’ Fatawa, 17:427)

Baca Juga:  Renungan Harian Kristen, Selasa, 11 2024: Maju ke Sana (1)

Cara Melindungi Diri dari Jin Qorin

Banyaklah berdzikir dan memohon perlindungan kepada Allah. Jika kita sungguh-sungguh melakukan hal ini, insyaaAllah, akan datang perlindungan dari Sang Kuasa.

  1. Allah berfirman, وَإِمَّا يَنَزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللهِ إِنَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ “Apabila setan menggodamu maka mintalah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS. Al-A’raf: 200).
  2. Dalam Tafsir As-Sa’di dinyatakan, “Kapanpun, dan dalam keadaan apapun, ketika setan menggoda Anda, dimana Anda merasakan adanya bisikan, menghalangi Anda untuk melakukan kebaikan, mendorong Anda untuk berdosa, atau membangkitkan semangat Anda untuk maksiat maka berlindunglah kepada Allah, sandarkan diri Anda kepada Allah, mintalah perlindungan kepada-Nya. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar terhadap apa yang anda ucapkan dan Maha Mengetahui niat Anda, kekuatan dan kelemahan Anda.

Allah mengetahui kesungguhan Anda dalam bersandar kepada-Nya, sehingga Dia akan melindungi Anda dari godaan dan was-was setan. (Taisir Karimir Rahman, Hal.313 ). (p/wa/ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU