Gandeng Komite Sekolah, Halaman SDN 4 Kesu’ Akhirnya Dibenahi

FAJAR Pendidikan

Toraja Utara, FAJARPENDIDIKAN.co.id-Adanya sinergi antara pihak sekolah dan komite sekolah tentunya akan melahirkan tanggung jawab bersama sebagai mitra kerja dalam membangun mutu pendidikan.

Komite sekolah berfungsi sebagai partner sekolah untuk mendorong orang tua siswa serta masyarakat berpartisipasi menggalang dana dari alumni dan masyarakat mendukung peningkatan mutu pendidikan.

Seperti halnya komite sekolah SDN 4 Kesu’ (SDN 96 Angin-angin) peran komite di sekolah itu sangat terlihat serta memberikan andil sangat besar. Pasalnya, sekitar 756 meter luas halaman SDN 4 Kesu’ ditata halaman sekolah menggunakan batako/paving block.

Halaman tersebut masih tahap proses pekerjaan, sumber dana yang digunakan berasal dari Alumni 1957 hingga sekarang, bersama orang tua siswa, masyarakat, tokoh masyarakat, To Parenge’

BACA JUGA :   MUI Sulsel Ajak Muballigh Giatkan Dakwah Digital

Kepala SDN 4 Kesu’ Semuel SPd mengatakan awalnya pihak sekolah yang memiliki program, lalu ditawarkan kepada komite sekolah, program itu adalah agar halaman sekolah segera dibenahi atau ditata lebih rapi dengan menggunakan batako/paving block.

Adanya program tersebut disambut baik oleh pengurus komite sekolah yang baru terbentuk. Sehingga mereka bergerak cepat menghubungi alumni  SDN 96 Angin-angin yang telah berubah nama menjadi SDN 4 Kesu’ baik di Toraja maupun di luar Toraja.

BACA JUGA :   IKAJOSS Sukses Menggelar Fun Bike Makassar 2022 dan Penyerahan Bibit Pohon

Semuel melanjutkan, para alumni sekolah itu, bersama masyarakat, orang tua siswa, pemerintah setempat mereka semuanya terlibat dalam pembiayaan.

Komite sekolah itu adalah mitra guru di sekolah, bangun kerjasama yang baik sehingga sekolah dapat terpelihara dengan baik, terkait proses pekerjaan halaman sekolah adalah kewenangan komite sekolah bersama tim panitia pihak sekolah hanya sebatas mengawasi dan mengontrol jalannya pekerjaan.

“Maka Kepala Sekolah harus membuka wawasan bagaimana melakukan pola pendekatan dengan masyarakat pemerintah setempat serta kerjasama Bapak Ibu di sekolah sehingga segala program sekolah dapat terlaksana,” tutur Semuel.

Reporter : Patrum

Bagikan:

REKOMENDASI UNTUK ANDA