Gaya Penipuan Pinjol dengan Cara Menjebak

Banyak yang mengomentari dan mengakui bahwa kasus penipuan pinjaman online, atau yang sering disebut pinjol, masih sering terjadi dan menjadi perbincangan hangat saat ini.

Hingga saat ini, pinjol-pinjol ini masih beroperasi dan keberadaannya masih cukup marak.

Modus operandinya adalah dengan menjebak pengguna melalui aplikasi. Oleh karena itu, sangat penting untuk berhati-hati saat membuka aplikasi. Pastikan untuk membaca dengan teliti sebelum mengunduh atau mengakses aplikasi, pastikan aplikasi tersebut tidak mengandung kode-kode yang mencurigakan atau menggunakan kode yang rumit.

- Iklan -

Jangan pernah mengklik aplikasi yang mencurigakan tersebut. Jika Anda mengklik, bisa saja Anda akan terus diikuti atau data Anda disimpan secara tidak sah.

Selain itu, berhati-hatilah saat menggunakan aplikasi seperti WhatsApp. Jangan membalas pesan dari pengguna yang tidak dikenal, terutama jika percakapan tidak nyambung atau tidak relevan dengan Anda. Lebih baik untuk mengabaikannya daripada meresponsnya.

Sekali lagi, waspada terhadap pinjol dan aplikasi-aplikasi yang mencurigakan agar terhindar dari kemungkinan penipuan dan kebocoran data pribadi.

- Iklan -
Baca Juga:  Pengawasan Keluarga Terhadap Kasus Pinjol

Langsung saja hapus percakapan tersebut. Bertindaklah cepat, karena jika lambat, nomor WhatsApp Anda bisa diretas. Hindari agar mereka tidak memimpin.

Sistem penipuan yang dimaksud adalah panggilan tiba-tiba dengan nada mengancam. Motifnya tidak jelas dan Anda tidak mengerti isi percakapannya. Pastikan untuk mengabaikan panggilan semacam itu. Sebaiknya, bawa telepon Anda ke kantor polisi terdekat jika memungkinkan. Biarkan polisi yang menangani. Hal ini bisa membantu untuk menangkap penipu dengan cepat.

Itu adalah cara terbaik jika memungkinkan. Jika tidak, matikan telepon Anda segera. Jangan biarkan mereka berbicara. Setelah itu, blokir nomor tersebut.

- Iklan -

Demikian saran sementara untuk menghindari jebakan penipuan online. Sulit untuk mengharapkan kehancuran mereka segera karena mereka memiliki jaringan yang luas.

Kita sebagai masyarakat harus mencari cara untuk menghindari penipuan pinjol. Ingatlah bahwa kasus semacam ini bisa terjadi ketika kita lengah atau lupa.

Jika Anda tidak mengenal suara penelepon, segera hentikan panggilannya sebelum terjadi masalah.

Operasi di Siang Bolong

Baca Juga:  Tidak Semua Pinjol Berperilaku Buruk  

Biasanya, para penipu tidak hanya beroperasi dalam bisnis pinjaman online (pinjol), tetapi mereka juga seringkali beraksi di siang hari saat kita sedang sibuk dengan pekerjaan, yang dapat mengganggu konsentrasi kita.

Saat itu, kita rentan terhadap gangguan karena fokus pada pekerjaan kita. Hal ini membuat kita mudah terpengaruh saat menerima panggilan telepon yang tidak kita kenal. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari menerima telepon dari nomor asing saat siang hari.

Terutama ketika sedang dalam perjalanan, baik itu naik motor atau mobil, sebaiknya tidak mengangkat telepon. Lebih baik menahan diri sejenak dan mengecek pemberitahuan setelah tiba di tujuan. Ini penting agar kita dapat memverifikasi siapa yang menelepon dan melihat profil percakapannya, untuk memastikan apakah kita mengenalnya atau tidak.

Bagi mereka yang belum pernah mengalami hal serupa, penting untuk diingat bahwa mengabaikan panggilan, pesan WhatsApp dari nomor asing, atau pesan SMS dari nomor asing adalah langkah yang bijak. (Ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU