Hampir 10%, Program MARIKI Berkontribusi kepada Lulusan Ilmu Perpustakaan

FAJAR Pendidikan

Keberadaan tenaga Perpustakaan adalah sumber daya yang utama yang menggerakkan sumber daya lainnya di Perpustakaan.

Setiap tahun rata-rata ada 200 orang alumni jurusan ilmu perpustakaan dari Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin yang 40% belum terserap ke Perpustakaan padahal kehadiran Perpustakaan terus tumbuh dan sangat membutuhkan tenaga perpustakaan yang profesional.

Menurut Ketua Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Alauddin Makassar, Irvan Muliyadi, lulusan Ilmu Perpustakaan setiap tahun meningkat.

“Tahun 2019 ada 120 orang lulusan, tahun 2020 ada 150 lulusan dan tahun 2021 ada 200 lulusan. Dari lulusan tersebut baru sekitar 60 -70 % yang terserap ke dunia kerja,” ungkapnya.

Melihat data tersebut dapat dilihat bahwa masih ada kesenjangan dan antara alumni dan lembaga penyelenggara perpustakaan belum ada titik temu yang sebenarnya saling membutuhkan.

BACA JUGA :   Anies Jadi Sopir MikroTrans, Sidak atau Ingin Lebih ''Dekat''?

Olehnya itu, Dinas Perpustakaan Kota Makassar yang memiliki tanggung jawab melakukan pembinaan berbagai jenis perpustakaan di Kota Makassar terpanggil untuk mencari solusi dan mengatasi masalah tersebut.

Sekaligus membuka lapangan pekerjaan yang sesuai dengan jenis pekerjaan dengan membuat program inovasi MARIKI (Magang Mandiri Khusus Alumni) ke Perpustakaan sebagai wadah para alumni yang belum terserap ke dunia kerja.

Dan juga mencari pengalaman dan selanjutnya disalurkan ke Perpustakaan binaan Dinas Perpustakaan Makassar.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tenri Apalallo mengajak para Alumni yang belum terserap ke dunia kerja untuk mengikuti program MARIKI.

“Perpustakaan binaan kami sangat banyak khususnya Perpustakaan Sekolah. Mereka membutuhkan tenaga perpustakaan yang profesional untuk mengelola perpustakaan-nya.

BACA JUGA :   Anies Jadi Sopir MikroTrans, Sidak atau Ingin Lebih ''Dekat''?

Setelah mengikuti magang di Perpustakaan Umum Kota Makassar dan pembekalan dari Komunitas Koma Jip selanjutnya kami salurkan ke Perpustakaan binaan yang jumlah seluruhnya ada 1.824 unit termasuk Perpustakaan PAUD/TK, SD/MI dan SMP/MTs”, terang Tenri.

Sejak dibuka pada tahun 2019, Kontribusi Magang Mandiri Khusus Alumni (MARIKI) kepada Alumni Jurusan Ilmu Perpustakaan dari UIN Alauddin Makassar dalam penyerapan ke-dunia kerja setiap tahunnya meningkat.

Tahun pertama di 2019 masih di-angka 1,6 %, kemudian di tahun 2020 meningkat menjadi 5,5 % dan di tahun 2021 meningkat 8,5 % dari jumlah lulusan atau mengatasi masalah hampir 10 %. Tentunya jumlah ini akan terus meningkat seiring pengembangan perpustakaan yang berkesesuaian dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

Bagikan:

REKOMENDASI UNTUK ANDA