Hari Pendidikan Nasional 2023 : Twibbon, Tema, Logo dan Sejarah

Logo Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 (Hardiknas) dapat digunakan untuk memperingati Hardiknas tahun ini yang hari peringatannya jatuh pada Selasa 2 Mei. Sejarah asal usul peringatan ini secara khusus didasarkan pada kelahiran Ki Hadjar Dewantara, bapak pendidikan kerakyatan.

Bundestag der Bildung tahun ini jatuh pada Selasa, 2 Mei 2023. Dalam kaitan itu, Kementerian Pendidikan Nasional telah menerbitkan “Catatan Perayaan Hari Pendidikan Nasional 2023” di situs resminya dengan nomor 12811/MPK.A/TU . 03/02/2023.

Dalam petunjuk tersebut ditambahkan beberapa ketentuan umum pada tata tertib pelaksanaan upacara Hardiknas tahun 2023. Ada juga lampiran logo dan tema upacara peringatan. Lantas bagaimana dengan logo, tema dan cerita Hari Pendidikan Nasional 2023?

- Iklan -

Logo Hardiknas 2023

Hari pendidikan Nasional 2023
Hari pendidikan Nasional 2023

Berdasarkan instruksi Kemendikbud, logo Hardiknas 2023 dapat diunduh dari website Kemendikbud. Logo peringatan tahun ini memiliki kemiripan dengan logo tahun-tahun sebelumnya. Satu-satunya perbedaan adalah ejaan tahun ini.

Unsur-unsurnya adalah kegembiraan, bintang, dan bulu. Masing-masing memiliki filosofi tersendiri. Misalnya, bintang melambangkan semangat, kegembiraan melambangkan antusiasme, dan bulu melambangkan pendidikan. Berikut logo Pendidikan Nasional 2023.

Baca Juga:  Penting! Ini Beda Pinjol Legal dan Ilegal

Tema Hari Pendidikan Nasional 2023

Bulan Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 telah ditetapkan sebagai Bulan Belajar Bebas berdasarkan Pedoman Hari Pendidikan Nasional 2023. Dalam konteks ini, semboyan Hari Pendidikan Federal tahun ini adalah “Kita bergerak bersama menghidupkan kembali kebebasan belajar”.

- Iklan -

Dengan menggunakan tema ini Anda dapat melihat visi ingin membuat sebuah gerakan. Dari level ini Anda bisa mencapai kegembiraan Learning Freedom, yang merupakan program pelatihan.

Sejarah Hari Pendidikan Nasional

Berkaitan dengan sejarah Hari Pendidikan Nasional, tidak dapat dibedakan nama tokoh yang dikenal sebagai bapak pendidikan nasional. Orang sering menyebut tokoh ini Ki Hadjar Dewantara. Sekolah dasarnya dimulai di ELS atau Sekolah Dasar Belanda.

Ia kemudian melanjutkan studinya di STOVIA. Pria ini kemudian tumbuh menjadi aktivis pergerakan nasional Indonesia. Ia juga bekerja sebagai reporter di beberapa surat kabar. Pada tahun 1908 ia bergabung dengan Boedi Oetomo. Kemudian keluar dan membentuk organisasi baru bernama Indian Partij (IP).

- Iklan -
Baca Juga:  Ciri-ciri Pinjol Ilegal

Sebagian besar tulisannya semasa hidupnya menyampaikan kritik terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Ini ada hubungannya dengan pendidikan yang tidak merata yang hanya bisa didapatkan oleh orang kaya dan orang Belanda.

Selain itu, Ki Hadjar Dewantara juga merupakan pendiri Taman Siswa di Yogyakarta. Ungkapan terkenal yang digunakan di dunia sekolah adalah “Ing ngarso Sung Tulodo, Ing madya mangun karso, Tut wuri handayani”.

Setelah kemerdekaan, pria itu diangkat menjadi Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan Indonesia. Hidupnya berakhir pada 28 April 1959. Pada saat yang sama, tanggal lahirnya dijadikan sebagai acuan perayaan Hari Pendidikan Nasional. Itulah sebabnya Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional setiap tanggal 2 Mei.

Twibbon Hari Pendidikan Nasional 2023

Link Twibbon Hari Pendidikan Nasional1

Link Twibbon Hari Pendidikan Nasional2

Link Twibbon Hari Pendidikan Nasional3

Link Twibbon Hari Pendidikan Nasional4

Link Twibbon Hari Pendidikan Nasional5

Link Twibbon Hari Pendidikan Nasional6

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU