Hari Raya Idul Adha: Bupati Suardi Saleh Paparkan Keberhasilan Barru di Hadapan Ribuan Jamaah

Barru – Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si bersama Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Barru drg. Hj. Ulfah Nurul Huda S, MARS, dan keluarga melaksanakan Shalat Idul Adha 1445 H di Lapangan Sumpang Binangae, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Senin (17/06/2024).

Acara ini turut dihadiri oleh jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, dan sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barru, serta ribuan jamaah Idul Adha yang memadati lapangan tersebut.

Dalam sambutannya, Suardi Saleh menyatakan bahwa perayaan Idul Adha kali ini mungkin menjadi yang terakhir baginya sebagai Bupati, mengingat masa tugasnya yang akan segera berakhir. “Selama menjabat, kami telah bekerja keras untuk mewujudkan Barru yang sejahtera, mandiri, dan berkeadilan melalui berbagai program dan kebijakan,” ujarnya.

- Iklan -

Suardi juga menguraikan berbagai capaian pembangunan yang telah diraih. Infrastruktur pelayanan dasar seperti kesehatan, pendidikan, perkantoran, jalan, dan jembatan, serta infrastruktur terkait transportasi kereta api dan ketahanan bencana telah ditingkatkan. Sektor pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan sebagai penopang ekonomi daerah juga telah dioptimalkan. Selain itu, pengembangan kawasan strategis dan pemberdayaan UMKM dilakukan dengan memperhatikan aspek pemerataan.

Baca Juga:  Dokter Ulfah Buka Bimtek Pelatihan Peningkatan Kapasitas TP PKK Desa Lompo Tengah

Keberhasilan di bidang ekonomi ditunjukkan melalui peningkatan PDRB (ADHB) dari Rp 5,45 triliun pada tahun 2016 menjadi Rp 9,43 triliun pada tahun 2023. PDRB per kapita naik dari Rp 31,75 juta menjadi Rp 50,16 juta dalam periode yang sama. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat dari 69,07 poin menjadi 73,80 poin, menempatkan Kabupaten Barru di peringkat ke-8 dengan kategori IPM tinggi di Sulsel. Angka kemiskinan turun dari 9,45% menjadi 8,46%, dan tingkat pengangguran terbuka menurun dari 7,68% menjadi 5,89%.

Di bidang pemerintahan, Suardi menyoroti peningkatan tata kelola yang berorientasi pada transparansi, responsibilitas, akuntabilitas, dan profesionalisme. Mall Pelayanan Publik yang telah menjadi rujukan bagi daerah lain adalah salah satu buktinya. Pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel berhasil meraih predikat WTP sebanyak 8 kali berturut-turut.

- Iklan -

“Capaian ini tidak terlepas dari sinergitas, kolaborasi, dan dukungan semua pihak serta situasi kondusif berkat kuatnya nilai-nilai agama di daerah kita,” tambahnya. Suardi berharap capaian ini menjadi bekal untuk meneruskan pembangunan di masa mendatang.

Baca Juga:  Bupati Barru Memimpin Acara Resmi Wisuda Hafidz/Hafidzah SMPN 17 dan Peresmian Gedung Baru

Terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah, Suardi mengajak masyarakat untuk mempertahankan suasana sejuk dan damai. Dia juga mengajak seluruh jamaah untuk mendoakan jamaah haji, khususnya dari Kabupaten Barru, agar diberi kemudahan, kelancaran, dan keselamatan dalam menjalankan ibadah haji.

Hari Raya Idul Adha: Bupati Suardi Saleh Paparkan Keberhasilan Barru di Hadapan Ribuan Jamaah
Hari Raya Idul Adha: Bupati Suardi Saleh Paparkan Keberhasilan Barru di Hadapan Ribuan Jamaah

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Barru, saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha kepada seluruh umat Muslim di wilayah Kabupaten Barru. Semoga kita semua mendapat berkah, keselamatan, dan kebahagiaan serta selalu mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT,” pungkas Suardi.

- Iklan -

Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1445 H di Kabupaten Barru ini dipimpin oleh Khatib Dr. H. Kamaruddin Hasan, M.Pd, Naib Khatib Dr. H. Muhlis Hakim, S.Pd.I, M.Si, M.Pd, Imam Drs. H. Husni Makky, dan Naib Imam Muhlis, S.Hum. Berdasarkan laporan PHBI, jumlah hewan kurban yang tercatat sebanyak 954 ekor, terdiri dari 938 ekor sapi dan 16 ekor kambing.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU