Hasil Indonesia Vs Kuwait, Squad Garuda Menang dengan Skor 2-1

FAJAR Pendidikan

Shin Tae-yong kaget Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kuwait di matchday pertama Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 akan dibahas dalam artikel ini. Shin Tae-yong kaget karena ia kurang paham dengan kualitas Kuwait.

Timnas Indonesia melakoni laga berat di matchday pertama Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Skuad asuhan Shin Tae-yong langsung dihadapkan dengan Kuwait dalam laga yang digelar di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Kamis (9/6/2022) dini hari WIB.

Timnas Indonesia

Tahu bermain di kandang lawan, Shin Tae-yong menginstruksikan anak asuhnya untuk bermain sabar alias bertahan. Meski bermain sabar, Timnas Indonesia beberapa kali mengancam lewat serangan balik.

Namun, pada akhirnya pertahanan rapat yang dibangun Timnas Indonesia jebol juga. Kuwait mencetak gol lebih dulu via sundulan Youssef Nasser pada menit 40.

Hanya saja, euforia berlebih yang didapatkan Kuwait dimanfaatkan betul oleh Timnas Indonesia. Berselang empat menit, Timnas Indonesia menyamakan kedudukan lewat sepakan penalti Marc Klok.

Penalti didapat setelah Rachmat Irianto dijatuhkan kiper Kuwait di kotak terlarang. Skor berubah 1-1 dan bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Timnas Indonesia langsung membuat gebrakan. Lewat serangan balik, Rachmat Irianto membobol gawang Kuwait lewat sepakan kaki kirinya, usai memanfaatkan bola rebound lesakkan Witan Sulaeman.

Skor berubah 2-1 untuk keunggulan Timnas Indonesia. Setelah gol tersebut, Timnas Indonesia masih bermain rapat dengan mengandalkan pertahanan rapat.

BACA JUGA :   Kualifikasi Piala Afrika ditunda untuk persiapan Piala Dunia

Timnas Indonesia

Singkat kata, Timnas Indonesia menang 2-1 atas Kuwait. Ini merupakan kemenangan pertama Timnas Indonesia atas Kuwait dalam 42 tahun terakhir.

“Awalnya saya menilai laga ini akan menjadi tantangan besar nan sulit. Namun, saya tidak menyangka kami menang lawan Kuwait,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers pascalaga.

“Jujur, saya tidak memahami kualitas Kuwait,” lanjut pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini.

Selanjutnya, Timnas Indonesia bakal menjajal Yordania pada Minggu,12 Juni 2022 pukul 02.15 WIB. Sama seperti Timnas Indonesia, Yordania menang di laga pertama Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 setelah menumbangkan Nepal 2-0.

Statistik Timnas Indonesia Vs Kuwait

Timnas Indonesia mengawali kiprahnya di putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 Grup A dengan mengalahkan tuan rumah Kuwait 2-1 pada Rabu malam waktu setempat, 8 Juni 2022.

Dalam laga itu, Indonesia kebobolan lebih dulu pada meit ke-39 oleh Yousef Al Sulaiman. Namun, skuad Garuda mampu menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti Marc Klok pada menit ke-44. Di babak kedua, saat laga baru berjalan satu menit, Rachmat Irianto mencetak gol yang menjadi penentu kemenangan.

Pada pertandingan pertama Kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar di Stadion Jaber Al Ahmad, Kuwait City, ada sejumlah catatan istimewa Timnas Indonesia ketika menundukkan tuan rumah.

Untuk penguasaan bola, Kuwait unggul tipis. Perbandingan ball possession laga ini adalah 54 persen berbanding 46 persen.

BACA JUGA :   PSM Makassar Vs Bali United Hari Ini, Squad Juku Eja Siap dengan Kekuatan Penuh

Total tembakan yang tercipta sepanjang laga adalah 27 kali. Kuwait memiliki 15 tembakan dengan enam di antaranya tepat sasaran, sedangkan tim asuhan Shin Tae-yong 12 tembakan dengan dua yang akurat.

Sedangkan, untuk akurasi umpan, statistik Indonesia mencapai 86 persen dan Kuwait 85 persen.

Yang mencolok dalam statistik ini aladah keunggulan Kuwait menciptakan sepak pojok dengan delapan kali dan Indonesia hanya sekali.

Dalam hal tekel sukses, 21 kali dilakukan pemain skuad Garuda dan Kuwait hanya 18 kali.

Intersep jadi milik Kuwait dengan 24 kali berbanding 19 dari pemain Indonesia.

Sementara itu, pemain Indonesia melakukan 36 kali sapuan dan lawan hanya delapan.

Soal pencatatan pelanggaran, kedua tim sama-sama melakukan 10 kali. Pemain Indonesia tidak pernah offside dalam laga ini dan Kuwait tiga kali.

Di laga ini, tidak ada kartu merah yang dikeluarkan wasit Nasrullah Kabirov. Untuk kartu kuning ada tiga dan Indonesia hanya mendapatkan satu.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia mengemas tiga poin dan menempati urutan kedua klasemen Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Posisi puncak ditempati Yordania yang menang 2-0 atas Nepal di laga pertama.

Berikutnya di Kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia akan menghadapi Yordania pada Minggu dinihari WIB, 12 Juni 2022. Laga Indonesia vs Yordania akan menjadi duel perebutan posisi puncak.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI