Hikmah dan Faedah Puasa

Di antara nama Allah Taala adalah Al Hakim. Dan dzat yang hakim itu, disifati dengan sifat hikmah. Sedangkan hikmah adalah bersikap bijaksana dalam urusan dan menempatkan sesuatu pada tempatnya.

Adapun puasa yang telah Allah Taala syariatkan dan wajibkan kepada hamba – Nya mempunyai hikmah yang agung dan mempunyai faedah yang amalnya melimpah ruah.

Diantara Hikmah Puasa Adalah:

- Iklan -
  1. Puasa merupakan ibadah yang dipergunakan seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada Rabbnya. : dengan meninggalkan hal-hal yang dia sukai seperti makan minum dan lain lain.

Supaya dengan amalan ini ia bisa menggapai keridhaan dari Rabbnya dan mendapatkan kemenangan, kemuliaan-Nya dan lebih mengutamakan akhirat dari pada kehidupan dunia.

2. Puasa merupakan sebab untuk meraih ketaqwaan. Jika seseoeang melaksanakan karena meyakini wajibnya hukum berpuasa tersebut.

Allah Taala berfirman ” Hai orang orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”. (QS. Al.Baqarah : 183).

- Iklan -
Baca Juga:  Bolehkah Zakat Disalurkan Ke Orang Tua atau Keluarga Dekat?

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam telah bersabda,” Barangsiapa yang tidak meninggalkan ucapan dan perbuatan palsu, serta kebodohan, maka Allah Taala tidak butuh kepada puasanya, meski ia meninggalkan makan dan minum” (HR Bukhari).

Ucapan palsu adalah: setiap ucapan yang diharamkan. Diantaranya seperti ucapan berdusta, ghibah, mencela dan sejenisnya ucapan ucapan yang diharamkan.

Sedangkan perbuatan palsu adalah melakukan perbuatan yang diharamlam. Seperti memusuhi manusia dengan bersikap khianat, mencela, memukul badan, mengambil harta dsb.

- Iklan -

Maka apabila seorang berpuasa itu berjalan sesuai dengan konselwensi dari ayat dan hadist ini : niscaya puasanya menjadi indikator untuk mentarbiyah diri pribadi dan mendidik akhlaknya serta agar istiqomah dalam menempuhnya.

Dan tidaklah dia keluar dari bulan Ramadan itu, melainkan dalam.keadaan benar benar mendapatkan dampak (pengaruh) yang dalam dari puasanya. Dimana pengaruh itu, nampak pada diri, akhlak dan lehidupannya.

3. Hikmah berpuasa, adalah termasuk:

Baca Juga:  Pengertian Puasa dan Kedudukannya

-Orang yang kaya mengetahui kadar kenikmatan yang telah Allah Taala berikan kepadanya dalam.bentuk kekayaan. Yang mana Allah Taala telah memudahkan baginya untuk mendapatkan hal yang ia inginkan

Oleh sebab itulah ia bersyukur kepada Rabbnya atas nikmat nikmat ini. Dia akan selalu mengingat ingat saudaranya yang fakir yang tidak mulus jalan yang ia tempuh untuk mendapat yang seperti itu. Maka ia akan mewujudkan rasa syukurnya tersebut dengan cara bershadaqah dan berbuat kebaikan.

-Melatih untuk mengekang hawa nafsu dan mengendalikannya : hingga ia mampu menyetirnya dan mengerahkannya kepada hal hal yang akan mendatangkan kebaikan dan kebahagiaan baginya baik di dunia maupun di akhirat.

-Mendapat faedah kesehatan yang merupakan buah dari berhentinya makan : sehingga berhenti pula pencernaan dalam jangka waktu tertentu dan mengurangi zat zat berlebihan dan zat zat yang membahayakan tubuh atau yang lainnya. (Kanggo Pangling/ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU