3 Amalan 1 Muharram Yang Bisa Dilakukan dan Mendapat Pahala

FAJAR Pendidikan

Amalan 1 Muharram Yang Bisa Kalian Lakukan dan Mendapat Pahala, Ada salah satu bulan yang dimuliakan berdasarkan dalil dari Al-Quran dan sunnah, yaitu Muharram. Oleh karenanya, umat Islam dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan 1 muharram.

Dilansir dari laman Suara.com, Berdasarkan firman Allah SWT, “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah SWT adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah SWT di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah menganiaya diri dalam bulan yang empat itu, dan perangilah musyrikin semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah SWT beserta orang-orang yang bertaqwa”, (QS At-Taubah: 36).

3 Amalan 1 Muharram

Ada beberapa amalan di bulan Muharram yang memiliki keutamaan dan nilai pahala yang besar. Maka dari itu, setiap umat muslim perlu mempersiapkan diri baik jasmani maupun rohani untuk melaksanakan beberapa amalan 1 Muharram menyambut tahun baru hijriyah tersebut. Apa saja amalan 1 Muharram yang bisa dilaksanakan?

1. Puasa Asyura

Puasa Asyura sudah dikenal sejak zaman jahiliyah sebelum Nabi SAW diutus seperti yang dikatakan Aisyah, “Sesungguhnya orang-orang jahiliyah dahulu berpuasa pada hari itu”, al-Qurthubi berkata, “Kemungkinan kaum Quraisy menyandarkan amalan puasa mereka kepada syari’at orang-orang sebelum mereka, seperti syari’at Nabi Ibrahim AS”. Karena itulah, Nabi Muhammad SAW memerintahkan para sahabatnya untuk menyelisihi mereka seperti yang sudah tertulis dalam hadits yang diriwayatkan Abu Musa al-Asy’ari di mana Nabi SAW bersabda, “Berpuasalah kalian pada hari tersebut”, (HR Al-Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA :   Proporsionalitas dalam memaknai Asyura!

Puasa asyura ini juga menjadi amalan yang diperintahkan sebab mengandung banyak keutamaan yang sudah dikhabarkan Rasulullah SAW, “Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah Al-Muharram”, (HR Muslim).

2. Beramal Shalih

Mengingat sangat banyak pahala yang diberikan oleh Allah SWT melebihi bulan lainnya, maka pada tanggal 1 Muharram hendaknya umat muslim lebih memperbanyak amalan ketaatan pada Allah SWT seperti sedekah, membaca Al-Quran, berdizikir, dan lain sebagainya.

Ibnu Abbas ra berkata tentang tafsir firman Allah SWT dalam Surat At Taubah ayat 36: “…maka janganlah kalian menzhalimi diri kalian…” Allah SWT telah mengkhususkan empat bulan dari kedua belas bulan tersebut. Dan Allah SWT menjadikannya sebagai bulan yang suci, mengagungkan kemulian-kemuliannya, menjadikan dosa yang dilakukan pada bulan tersebut lebih besar (dari bulan-bulan lainnya) serta memberikan pahala (yang lebih besar) dengan amalan-amalan shalih”, (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, Ibnu Katsir).

BACA JUGA :   Renungan Harian Katolik, Kamis 11 Agustus 2022: “Mengampuni Tanpa Batas”

3. Perbanyak Sedekah

Menurut kalangan mazhab Malik, sangat dianjurkan untuk memperbanyak sedekah di bulan Muharram yang dimulai pada tanggal 1 Muharram.

Sementara itu, mazhab lainnya menganggap tidak ditemukan landasan dalil yang dengan khusus menyebutkan mengenai hal tersebut dan kuat derajat haditsnya, sehingga karena itulah mereka mendhaifkan hadits sebagai berikut: “Siapa yang puasa hari Asyura, dia seperti puasa setahun. Dan siapa yang bersedekah pada hari itu, dia seperti bersedekah selama setahun”.

Selain itu, amalan 1 Muharram lainnya yang dapat dilakukan di antaranya adalah tidak berbuat dzalim, menjauhi maksiat, introspeksi diri, perbanyak sedekah, menyantuni anak yatim, hingga membaca Surat Yasin setelah shalat Maghrib.

Demikian penjelasan mengenai amalan 1 Muharram yang bisa Anda amalkan. Sebagai informasi 1 Muharram 1444 Hijriah akan jatuh pada 30 Juli 2022 mendatang. Persiapkan diri untuk menjalankan amalan terbaik agar mendapat berkah Allah SWT.

______

Sumber : Suara.com

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI