Hukum Puasa Ramadhan Jika Tidak Sahur, Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

FAJAR Pendidikan

Puasa Ramadhan 2022 akan segera tiba, persiapan menjelang sahur pertama pun menjadi salah satu yang mulai diperhatikan banyak orang. Lalu, bagaimana hukum puasa ramadhan jika tidak sahur tapi telah berniat sebelum terbit matahari? Simak penjelasan Ustadz Abdul Somad dalam artikel ini.

Sahur menjadi salah satu momen yang tidak rutin dilakukan di hari-hari biasa selain bulan Ramadhan. Sahur menjadi waktu penting untuk mempersiapkan diri kita menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Sahur juga merupakan salah satu yang penting dilakukan karena kita harus mengisi perut kita, sebelum menahan lapar dan haus di siang harinya. Namun, sering kali kita terlalu lelap tidur, sehingga bangun kesiangan dan tidak sahur, padahal kita harus puasa.

BACA JUGA :   Satu Hari Lagi, Batas Waktu Bercukur dan Memotong Kuku Bagi Yang Berniat Berqurban

Bagaimana hukum jika puasa Ramadhan tidak sahur namun telah niat berpuasa?

Ustadz Abdul Somad menjawab terkait hal tersebut, dalam sebuah video di kanal YouTube Xis-OnVlog, berjudul ‘Bolehkah berpuasa tapi tidak sahur’, diunggah pada 11 September 2017.

Bagaimanakah jawaban Ustadz Abdul Somad, dalam persoalan puasa tanpa sahur karena kesiangan, namun sudah berniat puasa?

Ustadz Abdul Somad menjawab, “Andai tak ada niat pun boleh. Tapi dengan syarat puasa sunnah,” ujarnya.

Lalu, bagaimana hukum untuk puasa Ramadhan jika tidak sahur karena kesiangan? “Puasa wajib, tidak boleh kalau niatnya belum ada sebelum adzan subuh,” kata Ustadz Abdul Somad.

Dari penjelasan Ustadz Abdul Somad tersebut, maka bisa dipahami bahwa puasa tanpa sahur akibat kesiangan, namun niatnya sudah diucapkan sebelum adzan subuh, maka puasa tetap bisa dilanjutkan.

BACA JUGA :   Renungan Harian Kristen, Minggu 26 Juni 2022: Hasil Pembenaran

Terlebih, Ustadz Abdul Somad menjelaskan dalam ceramah tersebut, untuk puasa sunnah, bahkan ketika niatnya diucapkan ketika kita bangun kesiangan saat matahari sudah terbit pun, kita tetap boleh puasa.

Namun, khusus untuk puasa wajib seperti bulan Ramadhan, jika puasa tanpa sahur karena kesiangan, tapi sudah mengucapkan niat puasa sebelum adzan subuh, maka tetap diperbolehkan puasa.

Maka dari itu, usahakan ketika puasa Ramadhan 2022 nanti, ucapkanlah niat puasa saat malam hari tiba. Agar ketika kita kesiangan dan melewatkan waktu sahur, kita bisa tetap menjalankan puasa Ramadhan yang hukumnya wajib tersebut.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI