Humanika Unhas Dalam Webinar Nasional Membahas Kompetensi Dalam Dunia Kerja

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Himpunan Mahasiswa Nutrisi dan Makanan Ternak (HUMANIKA) Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Webinar Nasional bertema “Kompetensi Sumber Daya Manusia Peternakan Dalam Dunia Kerja”. Kegiatan berlangsung pukul 09.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Kamis (12/11).

Hadir sebagai narasumber Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak (Ir. Sugiono, MP), Direktur Alumni dan Penyiapan Karir Unhas (Abdullah Sanusi, SE., MBA., Ph.D), Pelaku Usaha Peternakan-Pertanian/Direktur PT. Sawi Indonesia Jaya (Dr. Ir. Machmud Achmad, MMA), dan General Manager Umum Capital PT. Chareon Pokphand Indonesia, Makassar (Baso Alim Bahri S.Psi., M.adm. SDA).

Kegiatan resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Peternakan Unhas, Prof. Dr. Ir. Lellah Rahim, M.Sc., IPU. Dalam sambutannya beliau menyampaikan kegiatan webinar tersebut sejalan dengan program Unhas dan Kemendikbud melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka yakni mempersiapkan lulusan berdaya saing dalam dunia kerja.

- Iklan -

“Meskipun ditengah pandemi saat ini, kami apresiasi mahasiswa peternakan Unhas yang tetap aktif menghadirkan kegiatan yang relevan dengan program Kemendikbud. Kita berharap, kegiatan ini bisa memberikan informasi dan wawasan kepada para peserta,” jelas Prof Lellah.

Baca Juga:  HMGF FMIPA Unhas Gelar Geofisika Peduli Sosial di Desa Lonjoboko

Usai pembukaan secara resmi, kemudian dilanjutkan pemaparan dari para narasumber.

Materi awal disampaikan oleh Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak, Ir. Sugiono, MP., yang membahas “Kebijakan, Strategi, dan Program Pengembangan Ternak di Indonesia Sebagai Peluang SDM Peternakan”. Beliau menjelaskan bahwa sektor peternakan merupakan salah satu sektor unggul dalam hal pangan guna memproduksi ternak.

- Iklan -

Dalam kesempatan yang sama, Direktur DAPK Unhas Abdullah Sanusi, SE., MBA., Ph.D., membahas tentang “Persiapan Karir Alumni Peternakan Dalam Menghadapi Persaingan Dunia Kerja”. Adapun poin penting dari pemaparan beliau yakni semakin banyak alumni Unhas maka semakin banyak tuntutan untuk mencari kebutuhan kerja yang sesuai dengan backgroundnya.

“Untuk itu, DAPK memiliki banyak program yang tertuang dalam Hasanuddin Career Program guna mendukung persiapan karir mahasiswa Unhas,” kata Sanusi.

Baca Juga:  IAIN Bone kembali 'Panen' Guru Besar, Kini Total 9 Gubes

Materi lain juga disampaikan oleh Direktur PT. Sawi Indonesia Jaya, Dr. Ir. Machmud Achmad, MMA. Beliau menjelaskan tentang kebutuhan kompetensi yang diperlukan dunia kerja. Etika, soft skill dan penguasaan ilmu merupakan aspek mendasar yang disukai dunia kerja.

- Iklan -

Pemaparan materi ditutup General Manager Umum Capital PT. Chareon Pokphand Indonesia, Makassar, Baso Alim Bahri S.Psi., M.adm. SDA., yang membahas mengenai “Kebutuhan Kompetensi yang Diperlukan Dalam Industri Peternakan”. Menurutnya, lulusan sarjana peternakan masih sangat dibutuhkan dalam industri peternakan, mengingat industri ini terus berjalan karena berkaitan dengan pangan.

Setelah seluruh narasumber menyampaikan materinya, kemudian dilanjutkan sesi diskusi dan tanya jawab.

Kegiatan yang dipandu oleh Nisa Nashfati Muhammad (DPO Humanika Unhas) selaku moderator berlangsung lancar hingga pukul 12.00 Wita. (*)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU