Wednesday, July 8, 2020

IGI Dukung Penuh UN 2020 Dibatalkan

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Ikatan Guru Indonesia (IGI) mendukung keputusan presiden Joko Widodo membatalkan Ujian Nasional (UN) tahun ini. Alasannya persiapan di tengah pandemik Korona ini akan kurang maksimal jika dipaksakan, apalagi di tengah pembelajaran yang digelar daring saat ini.

“Harus diakui bahwa guru-guru Indonesia amat sangat belum siap menjalankan pembelajaran jarak jauh atau biasa disebut kelas maya. Dan karena itu sesungguhnya persiapan menuju Ujian Nasional sangat minim terutama oleh anak-anak didik kita,” kata Ketua IGI Muhammad Ramli Rahim, Selasa, (24/3/2020).

Selain itu juga, virus corona juga berdampak pada psikologis bagi siswa. Sebab jika tetap digelar, siswa akan mengalami ketakutan tertular virus ini. 

“Ujian Nasional kali ini pun kemungkinan besar terganggu oleh suasana psikologis masing-masing siswa yang berada dalam ketakutan tertular virus covid-19,” jelasnya.

Ramli menyebut juga, saat penyelenggaraan pun penularan bisa semakin luas. Meski sudah dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan saat UN.

“Siswa dan guru pun memiliki potensi yang sangat besar untuk tertular atau menularkan covid-19 ini meskipun dilakukan berbagai upaya pencegahan dengan berbagai macam cara desinfektan,” ungkapnya. (*i)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Tiga Peserta UTBK Berkebutuhan Khusus Ikut Ujian di UNM Makassar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Tiga peserta Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) dengan berkebutuhan khusus mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)...

Pendaftaran UMPTKIN 2020 Ditutup, UIN Alauddin Peringkat Pertama Kampus Paling Diminati

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2020 telah resmi ditutup pada Minggu (5/7/2020). Dari...

Pustakawan dan Organisasinya

REFLEKSI HUT IPI KE 47 | 7 JULI 1973 -  7 JULI 2020Oleh: Tulus Wulan Juni (Pustakawan Madya Dinas Perpustakaan Kota Makassar)

Dosen Unhas Segera Lakukan Rapid Test, Berikut Jadwalnya

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Upaya melakukan pemutusan rantai penularan Covid-19, sebanyak 1.652 dosen Universitas Hasanuddin dari seluruh fakultas dan program studi akan segera...

Dear Mahasiswa, Ini Syarat Penerima Bantuan Keringanan Biaya Kuliah di Masa Pandemi

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Pemerintah mengeluarkan aturan keringanan uang kuliah tunggal bagi mahasiswa yang terkena dampak Covid-19. Melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 25 Tahun...

REKOMENDASI