Ilkom UMI Kembangkan Potensi Mahasiswa Melalui Pemilihan Konsentrasi

Foto: Istimewa

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muslim Indonesia (ILKOM UMI) menggelar kegiatan pemilihan konsentrasi bagi angkatan 2018 yang berlangsung di Auditorium KH Muhammad Ramli, Fakultas Tekhnologi Industri Universitas Muslim Indonesia, Selasa (14/01/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini bertujuan untuk memberikan pencerahan kepada mahasiswa yang akan memilih konsentrasi agar tidak dilema dan galau dalam memilih, menyusaikan, dengan minat serta obsesi kerja para mahasiswa kedepan.

Kegiatan ini menghadirkan dua pembicara yaitu: Prof Dr Muhammad Jufri S psi. M si dan Abd Majid S.Sos MSi

Muhammad jufri selaku pembicara mengatakan, “Untuk menenetukan sebuah konsentrasi harus berdasarkan minat dan potensi yang dimiliki, jangan mendengarkan opini orang lain, nah untuk mengetahui potensi diri harus memperhatikan kemampuan diri dalam menyelesaikan masalah. Temukan hal-hal yg dapat dikerjakan dengan baik? Amati kebiasaan atau hobi. Menanyakan pendapat orang lain mengenai kita,” kata Prof Jufri yang juga merupakan guru besar psikologi UNM.

“Jurusan ilmu komunikasi adalah jurusan yang hebat dan sangat dibutuhkan di dunia kerja di era industri 4.0 hari ini. Tidak perlu alat tes untuk tau minat, silahkan anda mengukur diri anda sendiri, ketika anda melaksanakan sesuatu itu tanpa jenuh dan melaksanakannya dengan senang bahkan dapat menginvestasikan tenaga waktu dan pikiran untuk pekerjaan itu maka itu artinya kita memiliki minat pada hal tersebut,” ungkap Prof Jufri dalam penjelasannya.

Baca Juga :   Anak-anak Desa Bacu-bacu Ikuti Penyuluhan Gosok Gigi di Bakti Riset

Sedangkan, Wakil Dekan III Fakultas Sastra Jurusan Ilmu Komunikasi, Abd Majid selaku pembicara kedua lebih membahas tentang perkembangan ilmu komunikasi, serta peluang kerja di masing masing konsentrasi.

“Ada 3 hal penting,yang harus di miliki yaitu kemampuan tekhnis, praktis, dan strategis,” tutupnya

Program studi ilmu komunikasi UMI menyediakan empat konsentrasi yaitu public relation, jurnalistic, broadcasting, serta manajemen komunikasi. (*)

Citizen Report : Uswatun Hasanah Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMI 2016