Friday, July 3, 2020

Ingin Anak Anda Cerdas? Konsumsi Makanan Ini!

Otak, seperti juga organ tubuh yang lain, membutuhkan nutrisi yang bisa membuatnya berfungsi dengan baik. Selain itu, mengonsumsi makanan yang sehat dan segar juga penting untuk kesehatan mental dan kesehatan fisik Anda. Otak membutuhkan nutrisi sama seperti yang diperlukan oleh jantung, paru-paru, dan otot.

Lantas, makanan apa saja yang perlu dikonsumsi untuk menjaga kesehatan otak?

1. Sayur Berwarna
Wortel, bayam, labu, ubi jalar dan tomat merupakan sayuran-sayuran kaya nutrisi dan antioksidan yang akan membuat sel-sel otak jadi lebih kuat dan sehat.

Saturan berwarna.

2. Ikan
Ikan-ikan laut, seperti sarden, salmon, dan tuna merupakan sumber vitamin D dan asam lemak omega-3 yang tinggi. Dua senyawa ini memiliki fungsi yang besar dalam melindungi otak dari kehilangan ataupun penurunan memori. Dengan memori yang terjaga kekuatannya, maka otak lebih cerdas.

Ikan laut. int

3. Telur
Telur telah lama dikenal sebagai sumber penting protein yang mudah didapat dan harganya pun cukup terjangkau. Walaupun mengandung kolesterol, bagian kuning telur ternyata kaya akan kolin, yakni zat yang bisa membantu perkembangan daya ingat atau memori.

4. Apel
Di dalam apel terdapat senyawa antioksidan yang dapat melawan terjadinya penurunan fungsi kognitif, sehingga baik untuk meningkatkan dan menjaga kecerdasan otak anak.

5. Kunyit
Kunyit bukan saja dapat berfungsi sebagai obat anti-inflamasi alami, namun juga dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan, khususnya daya ingat. Kandungan kurkumin pada kunyit dipercaya bisa melawan peradangan pada jaringan otak, meningkatkan fungsinya, sekaligus mencegahnya dari penyakit-penyakit yang berhubungan dengan pembentukan plak terkait Alzheimer.

Kunyit. int

6. Walnut
Kacang walnut mengandung asam lemak omega-3 yang bisa meningkatkan kinerja saraf otak dan mengandung vitamin b6 yang melindungi ingatan. Konsumsi walnut setiap hari sebagai cemilan atau tambahkan dalam salad untuk menikmatinya. (FP/*)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Lanal Kendari Restorasi Situs Bersejarah Perang Dunia II Di Teluk Kendari

Kendari, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pangkalan TNI AL (Lanal) Kendari yang merupakan salah satu jajaran Lanal dibawah Koarmada II Lantamal VI kembali membuat gebrakan...

Doa Bersama Dan Syukuran HUT ke-60 Lantamal VI Berlangsung Sederhana

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Acara doa bersama dan syukuran dalam rangka HUT ke-60 Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI), berlangsung sederhana yang...

Hadapi New Normal, Yon C Pelopor Gelar Senam Bersama Tangguh

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Setelah sekian lama tidak menggelar senam bersama di Mako Batalyon C Pelopor akibat pandemi Covid 19. Pada hari Jumat(03/07/20)...

Dongkelor Kisah Kerja Sama Bersama Kak Heru, Kak Sri dan Momo

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sobat Perpustakaan, Sabtu besok (04/07) Dongkelor untuk episode 10 akan berkisah tentang pentingnya kita bekerjasama bukan kerja sendiri-sendiri, apalagi...

Pengangkatan Kepala Perpustakaan Sekolah Wajib Sesuai Standar Nasional

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Keberadaan Perpustakaan Sekolah sebagai bagian integral dari kegiatan di sekolah merupakan salah satu pusat sumber belajar siswa dan warga...

REKOMENDASI