Thursday, July 9, 2020

Ingin Dapat Nilai Terbaik Saat UN? Ini Triknya

Ujian sering jadi momok yang membuat kepala kita terasa berat. Momen-momen sebelum ujian memaksa kita jadi zombie — harus belajar sampai pagi, menghafal banyak materi yang selama ini sudah dipelajari. Belum lagi, UN tinggal menghitung hari. Tegang, deg-degan, dan rasa ingin memberikan yang terbaik bercampur aduk dalam hati.

Tapi yang namanya ujian tentu akan terus dihadapi ‘kan? Daripada pusing, kenapa kita gak mempersiapkan diri? Ada kok trik yang bisa dilakukan agar hasil ujianmu selalu memuaskan.

Buat catatan belajarmu

Tahukah kamu kalau menulis ulang materi yang sudah dipelajari akan membantumu belajar dengan lebih baik lagi? Sebelum menghadapi ujian, ada baiknya menciptakan catatan belajar sendiri. Tangan yang bergerak saat menciptakan catatan ini akan membuat memorimu tertancap lebih kuat.

Setiap bosan, bawa bukumu ke tempat belajar baru

Selalu belajar di tempat yang sama ternyata tidak selalu membawa kebaikan untukmu. Riset membuktikan bahwa berganti suasana akan membantumu menemukan semangat belajar. Otakmu jadi lebih fresh karena suasana baru.

Kalau rasa bosan belajar datang menghampirimu,  jangan buru-buru berhenti. Coba deh kemas barang-barangmu dan segera pergi ke tempat baru. Cafe, perpustakaan, bahkan belajar di rumah teman bisa menyegarkan otakmu.

Bersihkan HP dari App Pengganggu

Era 4.0 membuat hidup kita tak bisa jauh dari HP. Pegang HP atau buka browser sedikit udah langsung buka sosmed, atau bahkan streaming film. Ya bagaimana mau sukses ujian kalau begini?

Kalau mau hasil ujian yang memuaskan, coba hapus app (facebook, youtube, twitter, instagram, atau tiktok) yang sering jadi godaan. Nanti setelah ujian bisa kamu download lagi kok

Mengunyah permen karet 

Riset dari British Psychological Society menunjukkan bahwa mengunyah permen karet bisa membantu fokusmu bertahan lebih lama. Dalam riset tersebut, subjek yang tidak mengunyah permen karet tampak mengalami kesulitan mempertahankan fokusnya dalam jangka waktu panjang. Sementara mereka yang mengunyah permen karet lebih bisa bertahan.

Post it notes

Kan materi yang sulit sudah kamu catat di post it notes dan ditempel di dekat dinding meja belajarmu. Lupa? Tinggal lirik ke situ…

Dengarkan musik instrumen

Lagu favorit hanya akan membuat konsentrasi kamu makin sempit. Alih-alih fokus ke materi, kamu malah sibuk mendengarkan dan asyik bernyanyi.

Yup, tidak ada salahnya kalau kamu mau mendengarkan musik. Tapi lebih baik kalau musik yang kamu dengarkan itu musik instrumental atau musik asing yang belum begitu kamu kenal. Secara tidak langsung cara ini memaksamu fokus pada materi yang ada di depanmu.

Istirahat setiap 20 menit sekali

Karena merasa UN tak lama lagi, lantas kamu terus-terusan belajar tanpa henti. Ingat, otak bukan mesin yang tidak mengenal kata lelah. Untuk itu, ada baiknya kamu tetap memberi jeda dalam setiap sesi belajar. Batasi waktu istirahatmu selama 10-15 menit untuk sekadar ngemil, bikin minuman, atau menginti.

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Suardi Saleh Sebut Pemkab Barru Siapkan Anggaran Pilkada 2020

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Bupati Barru Suardi Saleh menyebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru bersama jajaran penyelenggara pilkada, berkomitmen telah menyiapkan anggaran untuk mensukseskan...

Komandan Lantamal VI Pimpin Apel Khusus

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas memimipin apel khusus bertempat di...

Bahas Persiapan Pilkada Bersama Mendagri, Bupati Barru Komitmen Sukseskan Pilkada

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Pemerintah Kabupaten Barru bersama jajaran penyelenggara pilkada, berkomitmen untuk menyukseskan perhelatan politik lokal 9 Desember 2020 mendatang.

Pemkab Barru Tercepat Terapkan Elektronik Transaksi

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru selangkah lebih cepat lagi dalam hal digitalisasi pembayaran di masyarakat. Di bawah kepemimpinan Suardi Saleh-Nasruddin...

Dies Natalis Unhas ke-64, Departemen Ilmu Gizi FKM Unhas Gelar Workshop Penulisan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin memprakarsai terselenggaranya workshop yang bertajuk “Research Skills Upgrade: Penulisan Systematic Review...

REKOMENDASI