Ini 5 Jurusan Kuliah Favorit Pelajar SMA Indonesia

Tentunya pertimbangan ini juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan, budaya, lokasi geografis, kondisi finansial, dan masih banyak lagi.

Ketika memilih jurusan kuliah, pasti muncul beragam pertimbangan. Ada yang langsung memikirkan jenjang karier, ada yang lebih memilih untuk mengejar passion tetapi ada pula yang memilih berdasarkan rasa penasaran. Tentunya pertimbangan ini juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan, budaya, lokasi geografis, kondisi finansial, dan masih banyak lagi.
Memilih jurusan memang momen yang menyenangkan, tetapi juga buat hati deg-degan. Biasanya sebelum membuat keputusan, calon mahasiswa akan mencari tahu secara lengkap dan membandingkan antar jurusan yang ingin ia ambil.
Kamu bisa menggali informasi sebanyak-banyaknya ke kakak kelas, guru-guru di sekolah, orang tua, internet, survei masyarakat, atau bahkan tren yang sedang naik daun.
Nah, sebagai langkah pertama perjalanan dalam menentukan jurusan terbaik untukmu, kini kumparan akan mengulas lima jurusan terfavorit pelajar SMA di Indonesia berdasarkan jawaban dari 11.400 peserta dalam asesmen Youthmanual.

1. Ilmu Kedokteran

Kedokteran Hingga Akuntansi, Ini 5 Jurusan Kuliah Favorit Pelajar SMA Indonesia (1)

.
Pada peringkat pertama, ilmu kedokteran merupakan jurusan paling favorit. Bagaimana tidak, jurusan ini terkenal dengan mahasiswa yang cerdas, ambisius, tetapi berhati besar untuk melayani.
Bukan hanya itu, ilmu kedokteran juga sangat prestigious karena tahap seleksi yang ketat. Jadi, masuk ke jurusan ini pun sudah menjadi prestasi tersendiri bagi beberapa orang.
2. Psikologi
Ternyata ilmu yang mempelajari perilaku, pola pikir, dan tingkah laku manusia ini cukup menarik banyak perhatian pelajar SMA di Indonesia. Ya, jurusan psikologi berada di urutan kedua dari beragam pilihan jurusan, lho!
Prospek kariernya cukup luas, mulai dari jadi psikolog klinis, psikiater, hingga bekerja di bidang human resources dan konseling. Tertarik untuk mengambil Psikologi?

3. Ilmu Komunikasi

Sejak dulu, mahasiswa jurusan ilmu komunikasi (ilkom) selalu menjadi yang paling banyak di sebuah universitas. Ini karena ilkom memiliki peminatan dengan ranah dan cakupan yang luas, mulai dari jurnalistik, broadcasting, advertising, hingga public relations.
Karena cabangnya banyak, posibilitas dan opsi tempat kerja di masa depan juga semakin luas. Kamu bisa bekerja di media, agensi kreatif, divisi hubungan masyarakat, atau bahkan menjadi public speaker!

4. Akuntansi

Selain ilmu komunikasi, jurusan akuntansi juga selalu menjadi sasaran utama siswa-siswi kelas IPS ketika disuruh memilih program studi. Enggak heran, seorang akuntan memiliki peluang kerja dan jenjang karier yang menjanjikan.
Dengan memoles kemampuan berkomunikasi dan berbahasa asing, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan bekerja sebagai akuntan di luar negeri atau di perusahaan multinasional. Jadi, untuk kamu yang pandai hitung-hitungan, teliti, dan terampil soal hal-hal mendetail; kini waktunya untuk pertimbangkan akuntansi.

5. Informatika

Kedokteran Hingga Akuntansi, Ini 5 Jurusan Kuliah Favorit Pelajar SMA Indonesia (3)

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, jurusan ini semakin naik daun. Apalagi sejak kemunculan e-commerce, marketplace, dan digitalisasi di segala aspek kehidupan masyarakat. Pada 2015, teknik informatika merupakan jurusan yang paling banyak dipilih oleh pelajar SMA jurusan IPA.
Supaya bisa beradaptasi dengan cepat ketika masuk ke perkuliahan, pastikan kamu sudah up-to-date pengetahuan umum soal dunia teknologi dan komputer dulu, ya.
Dari lima jurusan favorit sesama pelajar SMA ini, mana yang jadi favoritmu? Apa pun pilihannya, tidak ada yang salah! Yang terpenting adalah ketenangan, kesanggupan, dan kebahagiaan bagi calon mahasiswa yang menjalaninya.
- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI