Ini Alasan Mengapa Kita Mudah Lapar Saat Cuaca Dingin

Teman-teman, pernahkah kamu merasa cepat lapar atau selera makan meningkat ketika cuaca dingin? Ketika kita sedang berlibur di tempat dengan suhu udara yang rendah, umumnya kita ingin makan terus menerus.

Begitu juga di musim penghujan seperti sekarang dingin. Ketika hujan turun, tubuh secara otomatis mengirim pesan untuk segera makan. Bahkan, tak jarang pula orang yang memenuhi stok makanan di rumah saat musim hujan tiba agar tak bingung saat lapar.

Ternyata, bukan kamu saja yang mengalami hal ini. Banyak orang juga mengalami hal yang serupa. Nah, kali ini kita akan mencoba menjelaskan alasan mengapa kita merasa cepat lapar saat cuaca dingin. Simak informasinya, yuk!

- Iklan -

Tubuh Mengeluarkan Lebih Banyak Energi

Saat kedinginan, tubuh akan melakukan berbagai cara untuk menjaga tubuh tetap dalam keadaan hangat. Nah, hal ini ternyata bisa menyebabkan tubuh menjadi lebih aktif dan mengeluarkan lebih banyak energi.

Padahal kita tidak melakukan aktivitas apa pun, apakah hal ini juga membuat tubuh mengeluarkan banyak energi?

- Iklan -

Energi yang dikeluarkan untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin ternyata terjadi tanpa kita sadar, teman-teman. Suhu udara yang rendah atau dingin membuat tubuh melakukan aktivitas bernama nonshivering thermogenesis atau NST.

NST adalah aktivitas saat tubuh bekerja untuk menghasilkan lebih banyak panas tubuh tanpa respons otot yang bergetar atau menggigil. Proses ini akan menyebabkan lebih banyak energi keluar dari biasanya, untuk menyesuaikan diri dengan udara yang dingin.

Baca Juga:  6 Gunung Tertinggi di Indonesia yang Paling Menarik Dan Memukau

Inilah sebabnya berada di tempat yang suhunya rendah bisa membuat kita lapar, karena ada lebih banyak energi yang digunakan.

- Iklan -

Rasa Lapar Dipengaruhi oleh Dua Hormon

Ketika sudah banyak energi yang dibakar untuk menghasilkan panas tubuh, hal ini membuat kita menjadi lapar. Rasa lapar ini bisa dipengaruhi oleh dua hormon, yakni leptin dan ghrelin, yang mengendalikan keinginan kita untuk makan.

Saat perut kosong dan kadar lemak turun, maka sel-sel di perut kita akan memicu pelepasan ghrelin. Sebagai informasi, pelepasan ghrelin inilah yang bisa menyebabkan kita merasa lapar, teman-teman.

Sedangkan saat kita makan, maka hormon leptin akan dilepaskan dari sel-sel lemak jangka panjang yang melapisi usus dan usus besar.

Leptin kemudian akan melakukan perjalanan melalui aliran darah ke otak, yang berfungsi untuk menekan keinginan untuk makan. Selain itu, hal ini juga berguna untuk memberitahu otak kita kapan harus makan dan apa yang dikonsumsi.

Dengan adanya dua hormon di dalam tubuh inilah yang menyebabkan kita jadi mudah merasa lapar ketika udara dingin.

Akibatnya, tubuh akan merasa selalu lapar, karena tubuh merasa sudah membakar banyak energi dari lemak untuk menghasilkan panas tubuh.

Makan Bisa Menghangatkan Tubuh

Dilansir dari Kompas.com, kita bisa merasakan lapar saat cuaca dingin karena kebutuhan energi yang meningkat.

Penyebab lain bisa juga karena tubuh teman-teman bisa benar-benar menghangat setelah makan. Yap! Proses makan dan mencerna makanan memang bisa sedikit meningkatkan suhu tubuh kita.

Baca Juga:  6 Gunung Tertinggi di Dunia yang Paling Menantang Bagi Para Pendaki

Oleh karena itu, wajar jika tubuh kita memberikan sinyal agar makan lebih banyak sebagai cara agar tetap hangat. Oiya, peningkatan suhu tubuh ini sama sekali tidak bergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi, ya.

Baik sup hangat maupun salad dingin sekalipun disebut bisa membuat suhu tubuh menjadi sedikit hangat.

Namun, tentu saja makan atau minum sesuatu yang hangat memiliki dampak lebih besar dan cepat untuk menghangatkan tubuh.

Pilihan Makanan untuk Cuaca Dingin

Bakso, mi ayam, mi instan rebus memang menjadi jenis makanan yang sangat menggoda di kala cuaca sedang dingin.

Namun, jenis makanan ini mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi sehingga tidak menyehatkan tubuh.

Jenis makanan ini juga tidak akan membuatmu kenyang lama karena setelah memakan mi instan rebus, gula darah melonjak.

Hal ini bisa menyebabkan pankreas harus bekerja lebih keras mengeluarkan insulin untuk menurunkan gula darah.

Nah, penurunan gula darah inilah yang bisa membuat merasa lapar kembali dan akhirnya bisa membuat obesitas jika terus dilakukan.

Oleh karena itu, saat cuaca dingin sebaiknya konsumsi makanan yang tidak membuat gula darah melonjak.

Teman-teman bisa konsumsi sup atau semur dengan daging. Kita juga bisa menambahkan lebih banyak sayuran ke dalamnya.

Dengan menambahkan lebih banyak sayuran ke dalam makanan hangat, kita bisa makan lebih banyak makanan tanpa konsumsi banyak kalori.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU