Kenapa Bulu Burung Merak Berwarna-warni?

Burung merak selama berabad-abad dinilai sebagai salah satu hewan paling cantik di dunia.

FAJAR Pendidikan

Merak memiliki bulu berwarna-warni dengan motif yang menawan. Namun, apakah sebenarnya yang membuat bulu burung merak berwarna-warni berkilauan tersebut?

FAJAR PENDIDIKAN kutif dari National Geographic, merak memiliki barisan bulu khas yang panjangnya lebih dari 60 persen dari total panjang tubuh burung dan menonjolkan tanda seperti mata berwarna-warni seperti biru, merah, emas, hijau, dan warna lainnya.

Namun tahukah kamu warna-warni bulu burung tersebut tidaklah dihasilkan oleh pigmen seperti bulu pada umumnya? Warna-warni tersebut dihasilkan dari pewarnaan struktural bulu burung merak.

Bulu burung merak terdiri dari batang panjang yang kaku dan barisan barbule (duri kecil) di samping kanan kirinya. Ketika diteliti dengan pemindaian mikroskop elektron (SEM), barbule tersebut memiliki struktur yang sangat teratur.

BACA JUGA :   9 Ciri-ciri Strict Parents yang Perlu Kamu Tahu

Menurut Suntrana (Tran) Smyth dalam jurnal What Makes Peacock Feather Colorful? (2007), struktur ini terdiri dari batang melanin yang diselingi dengan lubang udara dan terintegrasi dengan keratin.

Struktur tersebut merupakan kristal fotonik yang memiliki kemampuan menghambat dan mempolarisasi cahaya yang kemudian menghasilkan warna bergantung dengan strukturnya.

Barbules menciptakan warna bergantung pada seberapa dekat jarak antar batang dan berapa banyak lapisan batang yang ditumpuk.

Jarak tersebut disebut dengan kisi dalam skala nano. Kisi sebesar 140 nanometer menghasilkan warna biru, kisi sebesar 150 nanometer menghasilkan warna hijau, kisi sebesar 165 nanometer menghasilkan warna kuning muda yang lembut, kisi sebesar 150 hingga 185 nanometer menghasilkan warna coklat dan tembaga, kisi dengan jarak lain dapat menghasilkan warna yang berbeda pula.

BACA JUGA :   3 Fakta Tradisi Potong Jari di Papua, Terkenal di Indonesia

Sehingga warna-warni yang berada pada bulu burung merak merupakan peristiwa optik dari kristal fotonik yang memantulkan panjang gelombang cahaya tertentu. Para ilmuan banyak terkesima dengan pewarnaan struktural bulu merak ini dan melihat potensi penerapannya dalam aplikasi di dunia teknik.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI