6 Gunung Tertinggi di Indonesia yang Paling Menarik Dan Memukau

Indonesia dikenal sebagai negara dengan jumlah gunung terbanyak, mencapai sekitar 400 gunung yang tersebar di seluruh provinsi. Dari jumlah tersebut, sekitar 100 gunung masih aktif dan berpotensi erupsi. Beberapa gunung tertinggi di Indonesia menjadi daya tarik bagi para pendaki yang gemar menaklukan gunung.

Keberadaan gunung-gunung ini menjadi ciri khas Indonesia sebagai negara berbentuk kepulauan dengan kekayaan alam yang melimpah. Beberapa gunung terkenal di Indonesia adalah Gunung Jaya Wijaya. Gunung ini berhasil masuk ke daftar puncak gunung tertinggi di dunia, bersanding dengan ketenaran Gunung Everest.

Berikut ini adalah enam gunung tertinggi di Indonesia yang paling memukau dan populer di kalangan pendaki:

- Iklan -

1. Gunung Jaya Wijaya, Papua

Gunung Puncak Jaya Wijaya merupakan puncak tertinggi di Indonesia, terletak di Provinsi Papua. Dengan ketinggian mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut, gunung ini juga dikenal sebagai Carstensz Pyramid.

Puncak Jaya juga menjadi bagian dari Taman Nasional Lorentz, sebuah situs warisan dunia UNESCO. Keunikan Gunung Puncak Jaya Wijaya terletak pada pemandangan es di puncaknya, meskipun kawasan sekitarnya adalah hutan hujan tropis yang lebat.

2. Gunung Puncak Mandala, Papua

Terletak di Provinsi Papua, Gunung Puncak Mandala merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian mencapai 4.760 meter di atas permukaan laut. Meskipun tidak sepopuler Gunung Puncak Jaya Wijaya, puncak ini memiliki jalur pendakian yang menantang dengan rute yang menarik. 

- Iklan -
Baca Juga:  10 Alat Musik Tradisional di Indonesia yang Paling Populer

Puncak Mandala memiliki sejarah yang unik, di masa penjajahan Belanda, gunung ini dikenal sebagai Juliana Top atau puncak Juliana. Lokasinya yang berdekatan dengan perbatasan Papua Nugini menambah eksotisme dan keunikan Gunung Puncak Mandala.

Seperti Puncak Jaya, Puncak Mandala juga mengalami perubahan iklim, di mana salju yang dulu menutupi puncaknya perlahan-lahan menghilang akibat pemanasan global.

3. Gunung Puncak Trikora, Papua Barat

Gunung tertinggi di Indonesia berikutnya ada di Provinsi Papua Barat—Gunung Puncak Trikora memiliki ketinggian sekitar 4.750 meter di atas permukaan laut. Meskipun lebih rendah dibandingkan dengan dua gunung sebelumnya, Gunung Puncak Trikora menawarkan pesona alam yang memukau. 

- Iklan -

Puncaknya yang saling bersambung menciptakan panorama lanskap yang menakjubkan. Pendakian ke Gunung Puncak Trikora memberikan kesempatan untuk menjelajahi keindahan alam Papua Barat yang masih alami.

4. Gunung Kerinci, Jambi

Gunung Kerinci membanggakan statusnya sebagai gunung berapi aktif tertinggi di Indonesia, dengan ketinggian mencapai 3.805 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Kerinci ini adalah gunung berapi tertinggi yang ada di Indonesia—selain itu menjadi gunung tertinggi di Pulau Sumatera.

Uniknya, nama Gunung Kerinci diadaptasi menjadi nama sebuah kabupaten di Provinsi Jambi, yaitu Kabupaten Kerinci. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya peran gunung ini dalam budaya dan identitas lokal. Kabupaten Kerinci sendiri memiliki kekayaan alam dan kebudayaan yang khas, menciptakan ikatan erat antara gunung dan komunitas sekitarnya.

Baca Juga:  8 Sungai Terpanjang Di Indonesia, Yuk Ketahui Mana Saja!

5. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggra Barat. Gunung dengan ketinggian sekitar 3.726 meter di atas permukaan laut ini dikenal para pendaki karena ada danau Segara Anak yang menawan dan dapat memanjakan mata.

Gunung Rinjani memiliki pesona alam yang menakjubkan dengan pemandangan yang spektakuler sepanjang perjalanan pendakian. Puncaknya menawarkan panorama yang menakjubkan, terlihat puncak-puncak gunung lain, serta pemandangan Samudra Hindia. Keindahan ini membuat Gunung Rinjani menjadi tujuan idaman bagi para pecinta alam dan fotografer yang mencari pengalaman visual unik dan menawan.

6. Gunung Semeru, Jawa Timur

Gunung Semeru terletak di Provinsi Jawa Timur dan merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian sekitar 3.676 meter di atas permukaan laut. Gunung ini juga dikenal sebagai Mahameru atau “Gunung Agung” dalam bahasa Jawa. 

Gunung Semeru aktif dan seringkali meletus, tetapi pemandangan di sekitarnya yang indah dan jalur pendakian yang menantang membuatnya menjadi destinasi populer bagi pendaki gunung. Puncak Mahameru menawarkan pemandangan matahari terbit yang spektakuler dan merupakankan hadiah istimewa bagi mereka yang berhasil mencapainya.

Itulah beberapa gunung tertinggi di Indonesia yang paling menarik dan memukau. kira-kira gunung mana yang ingin kamu taklukan?

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU