- Advertisement -

Ini Beberapa Wisata di Selayar Sulsel, Ada Pulau Gusung Lho!

Daftar Tempat Wisata di Sulsel & Populer di Sulawesi Selatan. Destinasi Wisata Alam Bahari Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berencana Liburan ke Pulau Sulawesi.

Makassar merupakan salah satu wilayah yang terkenal di Nusantara. Kota Makassar sendiri merupakan ibu kota dari daerah Sulawesi Selatan. Tidak hanya kaya akan budaya, di daerah tersebut juga memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik. Anda dapat berlibur ke tempat tersebut di musim liburan maupun di akhir pekan.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Selain Pulau Samalona, masih terdapat pulau lain yang masuk di wilayah Sulawesi Selatan. Pulau yang dimaksud disini ialah Pulau Gusung. Selagi berada disana, Anda dapat melakukan Beragam aktivitas dengan sanak saudara yang turut serta. Mulai dari menyelam, snorkeling, dan juga bermain air di pinggir pantai pada pulau tersebut.

Pulau Gusung

Keindahan laut yang ada berpadu dengan pasir putih di pulau Gusung dapat memanjakan mata saipapun yang memandangnya.

Lokasi: Bontolebang, Kec. Bontoharu, Kepulauan Selayar.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dilansir dari Wikipedia, Pulau Gusung adalah pulau yang terletak di kecamatan Bontoharu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Pulau ini berada tepat disebelah barat Pulau Selayar dengan jarak ± 1 mil dari kecamatan Benteng ibu kota Kabupaten Kepulauan Selayar atau sekitar 15 menit perjalanan melalui jalur laut.

Pulau Gusung berseberangan dengan Pulau Pasi (terletak di bagian selatan pulau Gusung) dan hanya dipisahkan oleh selat kecil yang dinamai Tarrusang. Pulau Gusung terbagi lagi menjadi 3 Dusun yaitu Dusun Gusung Barat Dusun Gusung Lengu dan Dusun Gusung Timur, semuanya tergabung dalam wilayah desa Bontolebang, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Pulau Gusung merupakan pulau terluar bagian barat Kabupaten Kepulauan Selayar dengan titik koordinat 6°7′26.39″S 120°24′54.38″EKoordinat: 6°7′26.39″S 120°24′54.38″E. Disekitar pulau biasanya digunakan sebagai lokasi diving dan tempat memancing terutama yang mengarah ke Laut Sulawesi.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Beberapa warga memanfaatkan daerah dipinggir pulau sebagai area Budidaya beberapa jenis ikan laut yang berkualitas ekspor dan jenis lobster dengan Keramba jaring apung.

Pulau ini merupakan bagian dari Kawasan Konservasi Perairan Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar dengan dasar hukum penetapannya melalui Surat Keputusan Bupati Kepulauan Selayar Nomor 03a Tahun 2009 yang diterbitkan pada tanggal 5 Januari 2009.

Taman Laut Taka Bonerate

Taman Laut Taka Bonerate
Taman Laut Taka Bonerate

Taman Laut Taka Bonerate adalah salah satu destinasi wisata yang terbaik di daerah Sulawesi Selatan. Bagi Anda yang menyukai kegiatan menyelam, maka taman laut ini merupakan sebuah tempat wisata yang tepat untuk dikunjungi.

Terdapat banyak jenis ikan, kura-kura, dan juga penyu yang hidup di area ini. Untuk kegiatan menyelam yang akan dilakukan juga telah tersedia peralatan memadai untuk di sewa para pengunjungnya.

Lokasi: Jl. S. Parman No.40, Benteng Selatan, Kec. Benteng, Kepulauan Selayar.

Taman Nasional Taka Bonerate adalah taman laut yang mempunyai kawasan atol terbesar ketiga di dunia setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepulauan Maladewa.

Luas total dari atol ini 220.000 hektare dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 km².

Kawasan ini terletak di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Sejak Tahun 2005 Taman Nasional Taka Bonerate telah di calonkan ke UNESCO untuk menjadi Situs Warisan Dunia.

Dalam rangkaian Hari jadi Kepulauan Selayar di lokasi ini setiap tahunnya diadakan festival yang bertajuk Sail Taka Bonerate atau sebelumnya disebut Takabonerate Island Expedition (TIE).

Ada sebanyak lima belas buah pulau di Taman Nasional Taka Bonerate sehingga sangat bagus untuk kegiatan menyelam, selam permukaan, dan wisata bahari lainnya.

Topografi kawasan sangat unik dan menarik, di mana atol yang terdiri dari gugusan pulau-pulau gosong karang dan rataan terumbu yang luas dan tenggelam, membentuk pulau-pulau dengan jumlah yang cukup banyak. Di antara pulau-pulau gosong karang, terdapat selat-selat sempit yang dalam dan terjal.

Sedangkan pada bagian permukaan rataan terumbu, banyak terdapat kolam kecil yang dalam dan dikelilingi oleh terumbu karang. Pada saat air surut terendah, terlihat dengan jelas daratan kering dan diselingi genangan air yang membentuk kolam-kolam kecil.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: