LLDIKTI IX Sultanbatara dan Dikbud Pariwisata Sulsel Tandatangani Kerjasama KKN Tematik Desa Wisata

FAJAR Pendidikan

MAKASSAR – Kantor LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara tandatangani kerjasama dengan Kantor Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulsel, Senin 30 Mei 2022 di Aula Ridwan Saleh Mattayang LLDIKTI Wilayah IX Jl. Bung KM.09, Tamalanrea, Makassar.

Naskah kerjasama itu ditandatangani kedua belah pihak yakni, Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara, Drs. Andi Lukman, M.Si bersama dengan Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulsel, Prof Dr. Muhammad Jufri, M.Si, M.P.si.

Pada acara itu turut hadir Wakil Bupati Kepulauan, Selayar, H.Saiful Arif, SH yang juga Ketua BPH Institut Teknologi Sains dan Bisnis Muhammadiyah (ITSBM) Kepulauan Selayar.

Kepala LLDIKTI IX Sultanbatara, Andi Lukman pada sambutannnya sangat merespon kerjasama KKN Tematik Desa Wisata dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel.

Pada awal dikomunikasikan rencana kerjasama ini dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, langsung tersambut dengan baik apalagi terkait dan terkoneksi dengan program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

BACA JUGA :   Tim Lp2m UNM Gelar Pemetaan Geospasial Potensi Desa Jenemadinging

Lewat KKN Tematik Desa Wisata ini kelak para mahasiswa yang jadi peserta dalam program KKN akan lebih mengerti dan memahami konsep dan pelaksanaan di lapangan Desa Wisata yang menjadi salah satu program andalan dan unggulan dari pemerintah.

Seperti diketahui bersama bahwa program MBKM memberi kesempatan kepada mahasiswa menjalani perkuliahan di luar kampusnya sebanyak 60 SKS.

Diharapkan pada pelaksanaan KKN Tematik Desa Wisata, pihak Perguruan Tinggi dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ada kesepakatan dan kesepakatan penyetaraan berapa nilai SKS dalam satu kegiatan itu.

Pada pelaksanaan KKN yang dilaksanakan selama ini mahasiswa datang di desa hanya mencat pagar dan bikin batas desa. Jika kegiatannya masih seperti ini maka pelaksanaa KKN dihentikan saja.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulsel, Prof Dr. Muhammad Jufri, M.Si, M.P.si, pada sambutannya, sangat berterima kasih atas penerimaan dan respon cepat dan positif dari Kepala LLDIKTI IX Andi Lukman.

BACA JUGA :   Selamat! Prodi S2 Ilmu Gizi FKM Unhas Resmi Jadi Anggota AIPGI

Tadi saya tidak menyangka begitu meriah dan ramai penerimaan dari pihak kampus. Semoga penyambutan ini pertanda program yang akan dilaksanakan berjalan lebih sukses lagi, katanya.

Pelibatan dunia kampus pada Desa Wisata, akan menjadikan program ini akan berjalan lebih baik. Apalagi dari Perguruan Tinggi memiliki sumber daya manusia yang cukup banyak.

Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Saiful Arif pada pemaparannya menjelaskan potensi sumber daya alam yang dapat dijadikan obyek lokasi Desa Wisata.

Selayar sebagai wilayah kepulauan cukup banyak potensi sumber saya alam yang dapat dikembangkan sebagai desa wisata dan dapat menarik wisata domestik dan asing berkunjung ke Selayar.

Dijelaskan pula sarana transportasi udara dan laut yang semakin disempurnakan dengan penambahan jadwal pemberangkatan menuju Selayar, katanya. *

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI