Minggu, Oktober 17, 2021

Inovasi Sentuh Pustaka Dinas Perpustakaan Makassar Lolos TOP 30 Sulsel

spot_imgspot_img

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Inovasi Sentuh Pustaka Dinas Perpustakaan Kota Makassar lolos TOP 30 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2021.

Sebelumnya dua inovasi Dinas Perpustakaan Kota Makassar yakni Sentuh Pustaka kategori Pendidikan dan MARI (Magang Mandiri) kategori Pemberdayaan Masyarakat masuk TOP 50 Inovasi.

Setelah mengikuti serangkaian penilaian lanjutan yakni presentasi dan wawancara, slide paparan, video dan verifikasi lapangan akhinya inovasi Sentuh Pustaka dinyatakan lolos sesuai hasil rapat pleno Biro Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sulsel bersama tim juri dalam penentuan TOP 30 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Sulawesi Selatan, Kamis (29/04).

Pemerintah Kota Makassar tahun ini meloloskan 2 inovasinya untuk TOP 30 Inovasi Pelayanan Publik di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dari 6 inovasi yang sebelumnya telah lolos TOP 50.

Selain Sentuh Pustaka dari Dinas Perpustakaan Makassar ada juga inovasi BAJIKI atau Biasakan Anak Jauihi Karies Gigi dari Puskesmas Andalas.

Selanjutnya Inovasi yang lolos TOP 30 se-Sulawesi Selatan akan mengikuti persipan dan coaching Clinic di Hotel Four Point by Sheraton mulai tanggal 3 sampai dengan 7 Mei 2021 untuk mengikuti kompetisi inovasi pelayanan publik  SINOVIK (Sistem Inovasi Pelayanan Publik) Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh KemenpanRB.

Sebelum coaching clinic di tingkat provinsi, Pemerintah Kota Makassar melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Makassar juga menyelenggarakan coaching clinic penulisan proposal inovasi yang diikuti para inovator 18 SKPD di Hotel Aston Makassar, Jumat (30/04).

Sebanyak 21 inovasi dari 18 SKPD diberikan pendampingan oleh narasumber untuk dipersiapkan mengikuti kompetisi inovasi pelayanan publik  SINOVIK.

Tahun ini kompetisi inovasi dibagi dalam 3 kelompok yakni kelompok umum (inovasi yang baru diusulkan), Kelompok Replikasi (adaptasi atau modifikasi inovasi yang sudah ada) dan Kelompok Khusus (Inovasi yg telah menjadi pemenang sebelumnya).

Sementara itu, Tulus Wulan Juni Pustakawan Makassar menjelaskan, Inovasi Sentuh Pustaka atau akronim Semua Membantu Menghidupkan Perpustakaan adalah inovasi kolaborasi dan program pendampingan dari kegiatan pembinaan perpustakaan sekolah yang menggabungkan dari beberapa unsur yakni unsur internal dari tim pembina perpustakaan sekolah dan unsur eksternal dari kelompok kerja pustakawan dan pegiat literasi, mitra/ penerbit dan pimpinan lembaga/ kepala sekolah untuk menghadirkan perpustakaan sekolah yang berkesesuaian dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

“Inovasi Sentuh Pustaka di Tahun 2019 meraih juara 1 lomba Inovasi tingkat Kota Makassar atau Innovation Mayor Award (IMA) yang diselenggarakan oleh Balitbangda Makassar,” jelasnya.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI