Jelang Dies Natalis ke 39, Prodi S2K3 FKM Unhas Gelar OHS Talks

FAJAR Pendidikan

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Persembahan Program Magister Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas kesehatan Masyarakat dalam rangka Dies Natalis FKM Unhas ke 39 tahun melakukan Occupational Health and Safety talks dengan tema: “Best Practice Penerapan K3 di Dunia Industri”.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu, 3 Oktober 2021 lewat zoom meeting. Diikuti oleh 450 orang berasal dari sabang sampai merauke, dari profesi praktisi, peneliti, birokrat, pengusaha, mahasiswa dan lainnya.

Ketua departemen K3 FKM Unhas, Yahya Thamrin, SKM., MKes, MOHS, Ph.D mengungkapkan rasa bahagianya atas antuasis peserta yang hadir dan bersemangat ingin menambah pengetahuan dan memperluas cakrawala mengenai praktik K3 dalam dunia industri.

Mewakili pimpinan FKM Unhas, Yahya juga membuka webinar ini dengan harapan dapat bermanfaat bagi semua peserta.

Semua yang terlibat dalam webinar ini merupakan mahasiswa S2K3 FKM unhas mulai dari MC, pembacaan do’a, moderator dan pemateri sendiri.

BACA JUGA :   Mahasiswa KKN Tematik Stunting Unhas Desa Pakatto Gelar Edukasi Jajanan Sehat

Webinar dimulai pukul 09.30 WITA yang dimoderatori oleh Siti Nur Fadhila Ruslan, SKM.

Pemateri pertama oleh dr Darius Tandiabang yang merupakan mahasiswa S2K3 FKM Unhas, juga saat ini berprofesi sebagai Occupational Health Doctor PT Vale Indonesia.

dr Darius memberikan informasi terkait kesehatan kerja di pertambangan yang diulik mulai dari landasan hukum kesehatan kerja, program kesehatan kerja, pelayanan, pengukuran dan pelaporan kesehatan kerja.

Kemudian dilanjutkan pemateri kedua oleh Syahir, SSi., yang juga merupakan mahasiswa magister K3 FKM Unhas disamping profesinya sebagai Occupational Health and Safety Manager PT Tanjung Power Indonesia.

Informasi yang disampaikan terkait Challenges and Strategic Implementation of Safety Culture in Workplace.

Ilmu yang disampaikan cukup komplit mulai dari landasan hukum, tujuan dan filosofi keselamatan, pengembangan budaya keselamatan, tantangan dan bagaimana implementasi K3 di tempat kerja.

BACA JUGA :   Mahasiswa PBL I Posko 26 FKM Unhas Gelar Seminar Awal

Antuasias peserta dalam memberikan feedback kepada pemateri cukup besar.

Koordinator kegiatan, Gyan Insanial, SKM menyampaikan agar OHS talks ini dapat memfasilitasi peserta dalam pertukaran informasi/sharing ilmu terkait K3 di dunia industri dilihat dari dua perspektif yaitu keselamatan kerja dan kesehatan kerja.

Gyan juga berterima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras dalam mempersipakan webinar ini.

“Sharing ilmu yang disampaikan lewat webinar ini, diharapkan dapat menjadi rekomendasi dan tindak lanjut serta menjadi strategi baru dalam perbaikan K3 Ke depannya,” harap Gyan.

Kegiatan ditutup oleh Ketua Prodi S2K3, Dr dr Syamsiar S Russeng, MS yang menyampaikan bahwa webinar ini menjadi suatu momen yang sangat penting untuk kemajuan prodi S2K3 dan Departemen K3 FKM Unhas khususnya dan Universitas Hasanuddin tentunya.

Sesi diakhiri dengan pemberian giveaway bagi peserta.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI