Jenis Hewan Karnivora dan Contohnya

Ternyata hewan karnivora memiliki banyak jenis. Seperti apa jenisnya?

FAJAR Pendidikan

 

3. Komodo

Jenis hewan karnivora
Komodo. FOTO: Int

Hewan endemik Indonesia yang satu ini juga termasuk dalam kelompok karnivora. Sama seperti harimau, eksistensi komodo juga terancam punah. Menurut data dari Badan Pusat Statistika, jumlah komodo di tahun 2017 tersisa sekitar 5.954 ekor saja.

Reptil yang satu ini memiliki bentuk tubuh mirip seperti biawak namun ukurannya lebih besar. Panjang komodo bisa mencapai 3 meter dengan bobot lebih dari 100 kg. Kulitnya berwarna cokelat – kuning kehitaman dengan sisik kasar yang menyelimuti permukaan tubuhnya.

Hewan buas ini mempunyai 60 gigi tajam dan bergerigi dengan panjang ekitar 2,5 cm. Gigi komodo juga dilapisi jaringan gusi yang berfungsi untuk menghancurkan makanan. B

4. Burung elang

Jenis hewan karnivora yang satu ini biasa hidup di udara. Elang merupakan kelompok aves atau burung yang memakan daging. Hewan ini berkembang biak dengan cara bertelur sehingga disebut juga sebagai hewan ovipar.

Burung ini termasuk kelompok hewan berdarah panas dengan kemampuan terbang yang sangat cepat. Populasi burung elang lebih banyak ditemukan di hutan daerah Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

BACA JUGA :   17 Contoh Kalimat Majemuk Campuran Lengkap Pengertian, Ciri-ciri, dan Jenisnya

5. Buaya

Buaya. FOTO: Int

Buaya juga merupakan kelompok reptil yang juga mengkonsumi daging sebagai makanannya. Habitat buaya berada di daerah perairan yang tenang, misalnya sungai dan rawa. Buaya memiliki pergerakan yang cepat. Ia akan mengintai mangsanya dari permukaan air dan segera memburi hewan incarannya sebagai makanan.

6. Singa

Hewan buas berikutnya yang juga termasuk karnivora yaitu singa. Hewan mamalia ini bisanya hidup secara berkelompok dengan jumlah individu per kelompok yang tidak terlalu banyak. Singa betina biasanya lebih aktif mencari mangsa dibandingkan dengan singa jantan.

7. Macan tutul

Macan Tutul. FOTO: Int

Contoh hewan karnivora berikutnya yaitu macan tutup. Hewan ini sebenarnya memiliki ukuran tubuh yang hampir sama dengan harimau. Yang menjadi pembeda yaitu pada coraknya, macan tutul memiliki corak bintik hitam, sedangkan harimau coraknya lebih lebar.

BACA JUGA :   Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Subtema 1 Halaman 21, 24 Pembelajaran 3

8. Cheetah

Kelompok karnivora lainnya yaitu cheetah. Hewan ini terkenal dengan kemampuan larinya yang sangat cepat. Sekilas cheetah mirip dengan macan tutul, namun jika dilihat secara sekasama corak kedua hewan ini ternyata berbeda.

Sama seperti hewan buas lainnya, cheetah juga biasa ditemukan di hutan. Di alam liar, mangsa utamanya yaitu hewan herbivora seperti rusa, kijang, zebra, dan lain sebagainya.

9. Ikan hiu

Ikan Hiu. FOTO: Int

Hiu merupakan hewan laut yang memakan daging. Hewan ini terkenal sebagai pemangsa yang menyeramkan bagi biota laut lainnya. Hiu biasanya memangsa ikan-ikan kecil yang ditemuinya.

10. Serigala

Hewan lainnya yang juga termasuk dalam kelompok karnivora yaitu serigala. Hewan ini memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih kecil dibandingkan karnivora lain.

Tubuhnya mirip seperti anjing, hanya saja hewan ini terkenal lebih ganas dibandingkan anjing. Serigala terkenal dengan suaranya yang lantang saat malam hari.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI